Tak Perlu Bingung Lagi, Berikut Cara Membuat NFT 2023

seputarpengetahuan.co.idCara Membuat NFT – Non-Fungible Token (NFT) mendapatkan banyak perhatian akhir-akhir ini. Ini tidak mengherankan, terutama ketika Anda mendengar tentang artis yang telah menghasilkan puluhan juta dolar dengan menjual satu NFT.

Melihat pasar, NFT telah meroket dalam satu tahun terakhir saja. Menurut bank investasi Jefferies, industri NFT akan mencapai nilai $80 miliar pada tahun 2025. Tapi apa itu NFT dan bagaimana cara membuatnya?

Konsep ini bisa sedikit membingungkan untuk dipahami. Tapi jangan khawatir. Kami akan memandu Anda melalui semua dasar-dasar yang perlu Anda ketahui dan langkah-langkah untuk membuat dan membuat NFT Anda sendiri.

Apa Itu NFT?

NFT adalah aset digital yang ID uniknya disimpan dan diverifikasi di blockchain (digital ledger). Setiap NFT tidak dapat dipertukarkan dan tidak dapat dengan mudah ditukar dengan aset lain dengan nilai serupa. Aset NFT umum meliputi gambar, video, musik, GIF, dan barang koleksi.

NFT memiliki nilai karena hanya ada satu versi aset yang dibuat. Artinya, NFT hanya dapat memiliki satu pemilik dalam satu waktu. Tidak ada yang bisa mengubah kepemilikan atau membuat NFT identik di blockchain. Mengingat kelangkaan ini, pembuat/pemilik NFT dapat menetapkan tarifnya sendiri untuk asetnya.

Cara Membuat NFT Termudah

Sekarang untuk bagian daging. Mari melalui langkah-langkah dasar untuk cara membuat NFT Anda sendiri. Perlu diingat bahwa ini bukan panduan yang komprehensif. Tergantung pada alat yang Anda gunakan, ada berbagai cara untuk melakukannya, jadi gunakan tip ini sebagai pedoman umum.

1. Tentukan Jenis NFT yang Ingin Dibuat.

NFT serbaguna. Ada banyak pilihan untuk memilih jenis yang ingin Anda buat. Pilihannya meliputi karya seni, tiket acara, meme, media dan musik, game, barang virtual, dan lainnya. Anda juga dapat membuat NFT untuk item dunia nyata, seperti barang koleksi berharga atau foto yang ditandatangani oleh selebritas.

Mereka sering berupa format file gambar, audio atau video seperti JPG, PNG, MP4, MOV, dll. Jika Anda memutuskan untuk membuat NFT sederhana, Anda tidak perlu pengembang.

Namun, jika NFT adalah item yang lebih kompleks seperti game atau memiliki smart contract (ketentuan penjualan) yang kompleks, bantuan pengembang mungkin diperlukan.

Saat membuat NFT pertama Anda, pikirkan tentang bagaimana Anda dapat memberikan nilai kepada audiens Anda. Jika Anda sudah memiliki bisnis, Anda dapat mencoba membuat kartu loyalitas atau kode promo eksklusif. Dan Anda selalu dapat menyewa seorang seniman untuk membuat karya seni khusus untuk Anda.

2. Pilih Pasar NFT

Ada banyak pasar NFT yang dapat dipilih saat mencari tempat untuk mencetak karya Anda. Setiap pasar NFT memiliki pro dan kontra sendiri untuk pedagangnya, jadi Anda harus melakukan riset sebelum memilih. Tiga yang paling populer adalah OpenSea, Rarible dan SolSea.

Platform ini memudahkan pembuat baru untuk terjun ke dunia NFT. Beberapa mengharuskan Anda mengautentikasi atau membuat NFT di blockchain, dan beberapa seperti OpenSea dan Rarible mengizinkan “pintasan” seperti penambangan malas.

Dalam pencetakan malas, beberapa biaya dapat dihindari dengan tidak mencatat NFT di blockchain, menjualnya dan kemudian meneruskan biaya tersebut kepada pembeli.

Salah satu pertimbangan terpenting bagi pemula adalah biaya, yang sering disebut sebagai “gas”. Setiap pasar memiliki biayanya sendiri berdasarkan rencananya untuk menerbitkan dan menjual NFT. Misalnya, OpenSea memerlukan biaya untuk menginisialisasi akun, yang dapat menelan biaya hingga Rp. 1,5 jutaan dalam beberapa kasus.

3. Penyiapan Dompet Cryptocurrency

Cara membuat NFT selanjutnya adalah membuat dompet digital untuk menyimpan cryptocurrency dan NFT Anda. Pertimbangan penting saat memilih dompet adalah apakah itu kompatibel dengan pasar blockchain dan NFT yang Anda rencanakan untuk digunakan untuk menerbitkan NFT.

Tidak ada kekurangan dompet cryptocurrency, tetapi sebagian besar pembuat NFT menggunakan dompet ekstensi browser MetaMask. Dompet ini mudah diatur dan dihubungkan ke sebagian besar blockchain yang digunakan untuk membuat dan memperdagangkan NFT, termasuk Ethereum dan Binance Smart Chain. Dompet umum lainnya adalah Enjin, AlphaWallet, dan Trust Wallet.

Catatan: Sebagian besar dompet NFT berbasis browser, menjadikannya seaman aplikasi browser asli. Untuk keamanan maksimum, kami menyarankan untuk berinvestasi dalam dompet perangkat keras seperti Ledger Nano X. Dompet perangkat keras menyimpan kunci pribadi offline yang digunakan untuk mengelola berbagai koin dan aset NFT di blockchain.

4. Beli Cryptocurrency Melalui Bursa

Setelah Anda membuat dompet, saatnya membeli mata uang kripto sehingga Anda dapat membayar bensin untuk mengeluarkan NFT. Taruhan terbaik Anda adalah membuat akun di bursa terkemuka seperti Binance, Kraken, atau Crypto.com. Prosesnya sangat sederhana dan dapat diselesaikan di ponsel cerdas Anda.

Sekarang setelah Anda memiliki akun, Anda dapat masuk dan membeli mata uang kripto. Untuk mengeluarkan NFT, Anda perlu membeli koin Ethereum (ETH) atau Solana (SOL) tergantung pada blockchain yang ingin Anda keluarkan. Setelah selesai, transfer koin ke dompet yang Anda atur di langkah sebelumnya.

Untuk mentransfer dari bursa ke dompet cryptocurrency:

  1. Masuk ke bursa.
  2. Buka tab Dompet di navigasi atas atau bawah.
  3. Ketuk Penarikan dan pilih mata uang yang relevan.
  4. Masukkan alamat dompet Anda di bidang Alamat.
  5. Pilih jaringan yang tepat (ERC-20 untuk ETH, Solana untuk SOL).
  6. Masukkan jumlah dan tekan Withdraw.

5. Tautkan Dompet Anda ke Platform NFT dan Mint

Setelah mengisi daya dompet Anda, Anda harus menghubungkannya ke platform NFT yang akan Anda gunakan untuk membuat aset digital. Saya akan menjelaskan langkah-langkah yang perlu Anda ambil (saya akan menggunakan pasar Rarible sebagai contoh).

  1. Buka Rarible.com dan klik tombol Hubungkan Dompet di sudut kanan layar.
  2. Pilih dompet digital (mis. MetaMask) dan berikan izin Rarible untuk melihat akun Anda.
  3. Dengan mengklik terhubung, Anda menyetujui persyaratan layanan platform dan verifikasi usia.
  4. Kembali ke beranda Rarible dan klik tombol Buat biru di pojok kanan atas.
  5. Pilih antara membuat satu salinan digital NFT Anda dan membuat banyak salinan untuk menjual barang yang sama berkali-kali.
  6. Unggah file digital yang ingin Anda buat sebagai NFT.
  7. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih bagaimana Anda ingin menjual file NFT Anda. Menjual aset sambil membuatnya tidak wajib. Anda juga dapat menjual setelah publikasi dan menetapkan harga minimum.
  8. Pilih apakah Anda ingin menyediakan NFT versi resolusi tinggi penuh atau menambahkan konten yang tidak dapat dibuka melalui tautan unduhan atau halaman web rahasia.
  9. Pilih Rarible sebagai koleksi NFT.
  10. Tambahkan judul dan deskripsi untuk seni NFT Anda.
  11. Tentukan persentase royalti tertentu yang ingin Anda terima pada penjualan sekunder.
  12. Menentukan properti file, seperti warna atau ukuran, dalam piksel.
  13. Klik Buat Barang.
  14. Otorisasi transaksi di dompet cryptocurrency Anda (bayar biaya bensin).
  15. Klik OK > Unggah File dan Token Mint.
  16. Periksa integrasi kontrak di dompet Anda (sedikit biaya gas dibebankan untuk pembuatan kontrak pintar).
  17. Klik Wallet Login untuk menandatangani order penjualan.

Dan itu saja. NFT Anda sekarang dicetak. Untuk menemukan NFT yang dibuat, klik Profil > Item Saya. Koleksi NFT akan muncul di layar.

Daftar Isi