Apa itu Kreator Digital? Berikut adalah Tipsnya

seputarpengetahuan.co.id – Jika Anda telah memasuki dunia digital saat ini, Anda mungkin pernah mendengar tentang kreator digital (juga dikenal sebagai pembuat konten). Sebagian besar percakapan berkisar pada informasi terbaru, seperti tren dan masalah baru yang menarik yang mereka bicarakan, dan bagaimana mereka terlibat dengan penggemar dan mitra mereka.

Mungkin salah satu perbincangan yang paling menarik adalah bagaimana mereka mencari nafkah secara finansial. Benar bahwa banyak kreator digital terbaik yang kami lihat menghasilkan jutaan dolar per tahun dari konten mereka.

Jadi bagaimana mereka melakukannya dan bagaimana Anda bisa mendapatkan beberapa tindakan? Duduklah dengan tenang karena kami akan membahas semuanya.

Apa itu Kreator Digital?

Kreator digital adalah individu yang membuat konten online dan membagikannya di berbagai platform. Konten mereka dapat mencakup gambar, video, dan teks tertulis. Pembuat konten digital menjangkau khalayak yang lebih luas dengan mendistribusikan konten mereka di saluran seperti TikTok dan YouTube, serta di situs web mereka sendiri.

Dalam beberapa tahun terakhir, kreator digital independen memiliki peluang lebih besar untuk memonetisasi audiens yang mereka kembangkan di sekitar konten mereka. Mereka mencapainya melalui kemitraan merek, iklan, barang dagangan, dan gerbang, atau konten berbayar di platform seperti Patreon.

Hasilnya, lebih banyak orang, bukan hanya pemberi pengaruh terkemuka, yang memiliki karier menggiurkan sebagai kreator.

Cara Menjadi Kreator Digital

Jalan menuju penghasilan yang solid sebagai pembuat konten tidak selalu mudah. Namun, itu mungkin. Mari kita lihat langkah-langkah dasar untuk membantu Anda memulai perjalanan pembuatan konten digital Anda.

1. Memilih Niche

Memiliki ceruk yang fokus dan spesifik adalah kunci untuk membangun audiens yang loyal. Saat Anda sudah jelas tentang jenis konten yang akan Anda sajikan, audiens Anda akan tahu apa yang diharapkan. Ini juga merupakan cara cepat dan efisien untuk memberi tahu Anda bahwa Anda adalah pencipta digital yang layak diikuti.

  • Untuk memilih ceruk, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini:
  • Anda ahli dalam bidang apa? (Atau di bidang apa saya bisa menjadi ahli?)
  • Apa minat dan minat Anda?
  • Niche apa yang akan Anda manfaatkan dengan bergabung?
  • Apa yang sedang tren saat ini? Apa yang ingin dilihat orang?

2. Pilih Sebuah Lingkaran

Seperti yang Anda ketahui, pembuat konten digital memiliki “selera” yang berbeda, sebagian berdasarkan arketipe mereka. Berikut adalah beberapa arketipe utama yang dapat Anda terapkan saat membuat konten.

  • Pemeran: Orang-orang di depan kamera, seperti musisi, komedian, dan aktor
  • Virtuoso: Profesional seperti koki, profesional perawatan kesehatan, pakar kebugaran, pakar teknologi, dan pakar perbaikan rumah.
  • Pembuat: Pakar DIY yang membuat kerajinan tangan seperti perhiasan, tembikar, dan furnitur.
  • Seniman: Orang yang menciptakan seni melalui berbagai media, seperti fotografi, lukisan, patung, pembuatan film, tulisan, dan animasi.
  • Antusias: Ini adalah persilangan yang bercampur dengan arketipe lain, seperti penghobi atau seseorang yang berpengetahuan luas dan bersemangat tentang hampir semua hal: buku, perjalanan, mode, tanaman, selebritas, atau hewan.

3. Membangun Studio

Membangun studio mungkin terdengar menakutkan, tetapi Anda tidak perlu menghabiskan ribuan dolar untuk peralatan kelas atas. Lebih masuk akal untuk bekerja dengan peralatan anggaran, terutama saat Anda baru memulai.

Anda juga bisa menggunakan kamera smartphone jika tidak keberatan. Untuk penerangan, ruangan yang cukup terang atau ring light yang murah bisa digunakan.

Anda dapat menemukan mikrofon yang solid dengan harga kurang dari Rp. 300 ribuan. Dan untuk latar belakang Anda, pertimbangkan ruang di rumah atau kantor Anda yang dapat menunjukkan kepribadian Anda tanpa terlalu berantakan atau sibuk.

4. Mulailah Membuat Konten

Langkah selanjutnya adalah membuat keajaiban. Ini bisa sedikit canggung atau tidak yakin pada awalnya. Teruskan sampai Anda menemukan ritme yang cocok untuk Anda (tentu saja, cari tahu konten seperti apa yang disukai audiens Anda).

Bagi sebagian orang, memilih waktu tertentu setiap hari untuk mengerjakan pembuatan konten digital, seperti merekam video atau bertukar pikiran tentang ide konten, akan sangat membantu. Jangan membatasi diri Anda pada jenis konten tertentu.

Selain video, Anda juga bisa membuat konten berkualitas tinggi dalam bentuk podcast, postingan media sosial, dan lainnya.

5. Dorong Partisipasi

Di sinilah strategi pemasaran digital yang kuat memberikan keuntungan besar bagi merek yang berkembang. Jika Anda melakukannya dengan benar, mendorong keterlibatan bisa sama rumitnya dengan membuat konten dari awal. Berikut adalah beberapa tips untuk mendorong keterlibatan merek.

  • Aktif di Platform Media Sosial: Bangun Hubungan dengan Terlibat dengan Pengikut Anda dan Kreator Digital Lainnya
  • Selalu tanggapi komentar yang ditinggalkan orang di konten Anda.
  • Bergabunglah dalam percakapan dengan mengikuti akun yang relevan di ceruk pasar Anda.
  • Berkolaborasi dengan pembuat konten digital lainnya untuk memperluas jangkauan Anda dan menjangkau pemirsa baru.
  • Promosikan silang konten di berbagai saluran

6. Hasilkan Uang Jika Memungkinkan

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang sebagai kreator digital, jadi perhatikan peluang yang sesuai dengan keadaan unik Anda. Berikut adalah cara terbaik untuk mendapatkan uang tunai.

  • Kiriman Bersponsor: Merek menyebutkan dalam konten digital dengan imbalan pembayaran atau konten gratis
  • Pemasaran Afiliasi: Promosikan produk atau layanan perusahaan lain dan dapatkan komisi setiap kali Anda menjualnya.
  • Kolaborasi: Bekerja sama dengan orang dan merek lain untuk menyediakan konten berbayar atau gratis
  • Merchandise: Buat barang bermerek Anda sendiri untuk dijual ke pelanggan
  • Berlangganan: Dapatkan pengikut berbayar melalui situs seperti Patreon atau situs web Anda sendiri.

Saat memulai, buat siaran pers yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan diri Anda ke merek Anda. Sebelum Anda menyadarinya, banyak hal dapat berubah dan merek dapat menjangkau Anda.

7. Ukur, Analisis, Optimalkan

Melakukan hal yang sama sepanjang waktu tidak akan pernah membuat Anda lebih baik. Saat Anda pergi, gunakan fitur Analytics di saluran YouTube, Facebook, Instagram, TikTok, dan/atau platform apa pun tempat Anda memposting untuk melihat analitik Anda untuk melihat bagaimana merek Anda berkembang.

Perhatikan strategi mana yang berhasil dan jenis postingan mana yang paling banyak mendapatkan keterlibatan di platform media sosial Anda. Gandakan strategi tersebut dan atur yang tidak. Kemudian lakukan lagi (dan lagi dan lagi…) sampai Anda mencapai tujuan Anda.

Daftar Isi