Panduan Lengkap Cara Menjual Foto Online 2023

seputarpengetahuan.co.idCara Menjual Foto Online – Apakah Anda seorang fotografer profesional yang ingin menciptakan aliran pendapatan pasif untuk pekerjaan Anda? Bagaimana dengan fotografer amatir yang sangat menyukai fotografi yang indah dan berkeinginan untuk memulai bisnis mereka sendiri?

Terlepas dari tingkat keahlian atau pengalaman Anda, menjual foto secara online adalah peluang besar di tahun 2023 dan akan menarik lebih banyak orang di masa mendatang.

Dari menjadi kontributor situs web fotografi stok hingga membangun situs web Anda sendiri, ada kemungkinan tak terbatas untuk mendapatkan uang ekstra dengan kreativitas Anda. Artikel ini mencakup dasar-dasar yang perlu Anda ketahui untuk memulai dan menjalankan bisnis fotografi online.

Mari kita lihat tempat terbaik untuk menjual foto secara online, beberapa langkah yang perlu Anda ambil untuk membangun bisnis dan merek Anda, beberapa pertimbangan hukum, dan bagaimana melakukan jenis penjualan lainnya seperti jasa cetak dan fotografi.

Website Jual Foto Online

Ada beberapa situs web yang dapat melisensikan atau menjual foto dan gambar. Beberapa yang terbaik adalah:

1. Alamy

Cara Menjual Foto Online

Alamy terkenal karena koleksi stok fotografinya yang luas. Platform ini membanggakan lebih dari 215 juta stok vektor, gambar, video, dan foto panorama 360 derajat. Anda dapat menjual apa saja mulai dari ceruk khusus hingga foto sehari-hari dan mendapatkan uang ekstra dari karya seni Anda.

Alamy memiliki struktur pembayaran yang sederhana dan membayar donor setiap bulan. Jika foto Anda eksklusif untuk Alamy, Anda menerima 50% dari penjualan. Gambar lain menyumbang 40% dari semua penjualan langsung. Anda tidak perlu menandatangani kontrak jangka panjang untuk menjual foto secara online dengan Alamy.

2. Etsy

Jika Anda ingin menjual foto Anda secara online, memulai toko stok foto Etsy bisa menjadi pilihan yang bagus. Memulai itu sederhana. Yang harus Anda lakukan adalah membuat akun, memilih nama toko, dan menambahkan foto ke toko Anda.

Anda juga ingin berinvestasi dalam memasarkan toko Etsy Anda sehingga orang dapat melihat bahwa Anda menjual sesuatu yang lain di platform Anda. Etsy hanya mengambil 5% dari harga jual sebagai komisi, termasuk pengiriman yang Anda tetapkan.

3. Shutterstock

Cara Menjual Foto Online

Shutterstock telah menjual gambar stok sejak 2003 dan sekarang menjadi sumber pendapatan utama bagi banyak kontributor. Meskipun platform telah memotong pendapatan dengan model baru, Anda masih mendapatkan antara 15% dan 40% untuk setiap unduhan tergantung pada tingkat kontributor Anda.

Rahasia menghasilkan lebih banyak uang di Shutterstock adalah menyediakan banyak foto. Anda juga dapat merujuk fotografer lain dan mendapatkan uang tambahan setiap kali Anda menjualnya.

4. 500px

Jika Anda mencari tempat sederhana dan gratis untuk mulai menjual foto Anda, 500px cocok untuk Anda. Selain menyediakan platform penjualan yang hebat, 500px juga menyelenggarakan kontes foto. Dan jika Anda menjual secara eksklusif hingga 500px, Anda membayar hingga 60% dari penjualan Anda.

Platform ini menawarkan eksklusivitas parsial, jadi Anda tidak dibatasi untuk menjual hingga 500px. Selain itu, 500px lahir dari upaya fotografer lain, yang berarti ini adalah ruang yang aman dan berdedikasi bagi mereka yang baru mengenal industri ini.

5. Adobe Stock

Cara Menjual Foto Online

Sudah menggunakan Adobe Creative Suite? Jika demikian, Anda dapat dengan cepat dan mudah menjual foto Anda secara online dengan Adobe Stock. Impor stok foto langsung ke perpustakaan Adobe Stock Anda melalui web dari Adobe Bridge dan Adobe Lightroom.

Berkat ekosistem luas Adobe, Anda dapat menjangkau jutaan pembeli potensial dan menjadi bagian dari komunitas kreatif besar dengan menjual melalui Adobe Stock. Dan Anda akan mendapatkan biaya royalti 33% dari foto yang Anda jual.

6. Dreamstime

Dreamstime menawarkan basis pengguna yang sangat besar dengan 31 juta anggota terdaftar dan lebih dari 600.000 fotografer yang berkontribusi. Anda tidak harus menjual secara eksklusif melalui Dreamstime untuk menggunakannya, tetapi penjual eksklusif dapat menghasilkan lebih banyak. Anda bahkan dapat memperoleh sedikit tambahan melalui referensi.

Dreamstime menawarkan gaya penjualan yang jauh lebih kompetitif. Jumlah yang dibayarkan dapat berkisar dari 20% hingga 60% tergantung pada berbagai faktor. Tarif Anda didasarkan pada seberapa orisinal foto Anda, seberapa populer karya Anda, dan seberapa eksklusif Anda menyimpannya.

7. SmugMug

Baik Anda seorang fotografer amatir atau profesional, SmugMug membantu Anda menjual foto Anda secara online dengan galeri yang indah dan dipersonalisasi yang langsung menarik perhatian Anda. Cukup unggah foto Anda dan platform akan melakukan sisanya. Tidak ada yang lebih mudah dari itu.

SmugMug juga menawarkan 85% dari setiap penjualan, yang jauh lebih tinggi daripada kebanyakan platform gambar stok lainnya. Namun, Anda harus mendaftar untuk keanggotaan bulanan mulai dari $200 per tahun. Paket keanggotaan mahal, tetapi memberi Anda akses ke berbagai alat e-niaga untuk membantu Anda menjual foto secara online.

Cara Menjual Foto Online: 3 Langkah Kunci

Situs stok fotografi menawarkan cara termudah untuk menjual foto Anda. Namun, mereka menyumbang sebagian besar dari setiap penjualan, jadi ada baiknya membuat situs foto Anda sendiri. Mari kita lihat cara menjual foto online melalui jalur langsung dan legal.

1. Pilih Niche

Ceruk Anda adalah tema yang mengalir melalui portofolio Anda. Jika Ibu Pertiwi adalah inspirasi Anda, ceruk pasar Anda mungkin berhubungan dengan alam, perjalanan, atau lanskap. Anda dapat mengambil foto pernikahan atau wisuda jika Anda tahu cara membuat momen bermakna seumur hidup.

Memilih ceruk yang tepat berarti Anda dapat melakukan apa yang Anda sukai sambil menargetkan audiens yang tepat dalam kampanye pemasaran Anda. Beberapa contoh area ceruk yang dapat dicakup meliputi:

  • Perorangan. Anda dapat mengambil potret penulis dan pemimpin bisnis, atau foto candid di pesta dan acara pertunangan.
  • Bisnis. Jika Anda menyukai ide untuk bekerja dengan perusahaan, organisasi tersebut dapat memotret citra merek atau mengambil foto produk untuk dipublikasikan di situs webnya.
  • Arsitektur. Apakah Anda menyukai bangunan yang indah? Fokuskan foto Anda pada bangunan terkenal di area Anda.
  • Alam. Foto pemandangan, bunga, dan keajaiban luar ruangan lainnya sangat ideal jika Anda ingin menjual cetakan foto sebagai seni dinding.

Jika Anda tidak yakin ke mana harus memfokuskan upaya fotografi Anda, perhatikan apa yang sedang tren terlebih dahulu. Alat seperti Keywords Everywhere atau SEMRush dapat menunjukkan apa yang dicari pelanggan Anda. Dengan cara ini, Anda dapat memotret subjek yang paling menarik perhatian saat ini.

2. Buat Situs Web E-niaga

Ada banyak cara untuk menjual foto secara online akhir-akhir ini, tetapi memulai situs web Anda sendiri adalah cara terbaik untuk mempersiapkan pertumbuhan di masa mendatang. Memiliki situs web sendiri berarti Anda dapat menjadikan diri Anda terkenal sebagai fotografer profesional.

Anda dapat menampilkan merek dan logo Anda, memutuskan cara menampilkan foto Anda, dan memilih kepada siapa Anda menjual. Platform e-niaga seperti Shopify mempermudah penjualan foto Anda secara online.

Bangun situs web khusus dalam hitungan menit dan akses berbagai fitur penjualan untuk meningkatkan peluang keberhasilan Anda. Shopify juga memiliki aplikasi yang membantu merampingkan operasi bisnis, seperti aplikasi Sky Pilot, yang secara otomatis mengirimkan file digital ke pelanggan setelah pembelian.

Bagaimana Cara Menjual Foto Anda Secara Online?

  • Pilih foto untuk dijual.
  • Putuskan bagaimana foto Anda akan dikirimkan (file digital, cetakan fisik, langganan, dll.).
  • Cantumkan foto Anda di situs web Anda.
  • Siapkan proses backend untuk inventaris, pembayaran, dan pesanan.
  • Promosikan gambar Anda.
  • Kami mengelola dan memenuhi pesanan saat mereka tiba.

3. Buat portofolio Anda diperhatikan

Dengan situs web Anda siap, saatnya untuk fokus mempromosikan gambar Anda. Berikut beberapa strategi yang bisa Anda terapkan:

  • Pemasaran media sosial. Menjadikan foto Anda publik di media sosial dapat memberikan keajaiban bagi visibilitas Anda. Namun, untuk hasil terbaik, Anda perlu memastikan bahwa Anda aktif di saluran yang benar. Mulailah dengan Adobe’s Behance, tempat pembuat daftar karya mereka bersama pakar lainnya. Pinterest dan Instagram juga merupakan pilihan yang bagus. Saat berbagi gambar di Instagram, gunakan tag yang dapat dibeli untuk memberi tahu orang bahwa mereka dapat membeli.
  • Blogging. Blogging adalah cara yang bagus untuk membangkitkan minat pada gambar Anda dengan membagikan proses kreatif Anda. Anda dapat memberi tahu orang-orang apa yang Anda lalui untuk mengabadikan momen candid itu, atau Anda dapat berbicara tentang kehidupan sehari-hari Anda sebagai seorang fotografer. Kami menyarankan untuk mengisi posting blog Anda dengan kata kunci sehingga mesin pencari memahami bahwa Anda memiliki situs web fotografi dan menyajikannya kepada audiens yang relevan.

Daftar Isi