√ Pengertian Akuntansi Keuangan, Fungsi dan Jenis Laporannya

Pengertian Akuntansi Keuangan, Fungsi dan Jenis Laporannya – Dalam suatu perusahan terdapat beberapa pekerjaan atau bagian yang memiliki pengaruhnya masing-masing di dalam suatu perusahaan tersebut.

Dalam perusahan tersebut banyak sekali bagian dan juga tugas yang harus di selesaikan dan di kerjakan dengan baik juga. Seperti tugas dari akuntasi keuangan yang sangatlah banyak dan harus sangat teliti didalam memberikan laporannya.

Pengertian Akuntansi Keuangan, Fungsi dan Jenis Laporannya

Dalam membuat laporan, akuntansi keuangan akan berdasarkan kepada segala kegiatannya yang telah di jalankan atau di lakukan dari beberapa hari yang lalu. Untuk dapat mengerti apa itu akuntansi keuangan akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan merupakan merupakan bagian yang ada di dalam akuntansi yagn ada hubungannya dengan penyiapan laporan keuangan untuk di serahkan kepada pihak luar seperti para pemegang saham, kreditor, pemasok, dan yang lainnya.

Akuntansi keuangan  merupakan bagian yang ada di akuntansi untuk dapat menghasilkan informasi kedalam bentuk laporan keuangan yang nantinya akan di tujukan kepada pihak luar seperti para pemegang saham, perpajakan, dan yang lainnya.

Akuntansi keuangan merupakan system yang dapat mengatur berbagai macam jenis pencatatan transaksis yang telah di lakukan oleh perusahaan tersebut hingga dapat menyusun laporan keuangan yang mengenai transaksi yang terjadi.

Akuntansi keuangan menjadi kegaiatan yang di lakukan dengan tugasnya dari pencatatan hingga menganalisis data-data keuangan yang ada di persahaan dan juga produk yang di dapatkan dari kegiatan itu yang berupa laporan keuangan. Laporan ini terbagi menjadi laporan internal perusahaan dan laporan eksternal perusahaan.

Fungsi Akuntansi Keuangan

Fungsi yang di miliki oleh akuntansi keuangan adalah untuk dapat memberikan informasi tentang keuangan yang ada di dalam suatu organisasi atau perusahaan. Laporan ini di maksudkan untuk dapat mengetahui bagaimana keadaan yang di miliki oleh perusahaan dan apa saja perubahan yang terjadi di perusahaan tersebut.

Laporan ini juga dapat memberikan suatu pengaruh terhadap keputusan yang akan di ambil untuk menentukan suaut permasalahan dan untuk membuat maju perusahaan tersebut.

Fungsi Akuntansi Secara Umum

Akuntasi pada umumnya memiliki fungsi yang diantaranya adalah:

  1. Untuk dapat mengetahui keuntungan atau kerugian perusahaan.
  2. Untuk dapat memberikan informasi mengena manajenen yang akan berpengaruh bagi perusahaan.
  3. Untuk dapat membantu di dalam menetapkan segala hak yang di dapat dari masing-masing pihak yang memiliki kepentingan dengan perusahaan.
  4. Untuk dapat mengawasi serta dapat mengendalikan segala bentuk aktivitas di dalam perusahaan.
  5. Untuk dapat membantu perusahaan dalam pencapaian target yang telah di tentukan sebelumnya.

Pengertian Akuntansi Keuangan Beserta Fungsi Dan Jenis Laporannya

Jenis Laporan Keuangan

Laporan keuangan memiliki beberapa jenis yang diantaranya adalah:

  1. Arus kas
  2. Laporan laba rugi
  3. Laporan Neraca
  4. Laporan Ekuitas
  5. Catatan laporan keuangan

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Akuntansi Keuangan, Fungsi dan Jenis Laporannya yang di jelasakan oleh seputarpengetahuan. Dengan adanya akuntansi keuangan maka akan dapat membuat perusahaan dapat mengetahui dan memberikan keputusan akan kehidupan perusahaan di kedepannya. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi