√ Pengertian Denah, Fungsi dan Cara Membacanya (Bahas Lengkap)

Pengertian Denah, Fungsi dan Cara Membacanya (Bahas Lengkap) – Dalam berpergian kita pastinya akan memerlukan adanya pemandu jalan apa lagi kita yang belum pernah menuju lokasi tersebut pastinya akan banyak sekali mengalami kesulitan.

Pemandu yang baik akan dapat memberikan arahan yang baik mengenai lokasi yang akan kita tuju agar kita tidak tersesat kemudian. Untuk dapat menghindari kejadian yang tidak di inginkan dan dapat cepat menemukan lokasi yang di tuju kita harusnya dapat membaca denah lokasi.

Pengertian Denah, Fungsi dan Cara Membacanya (Bahas Lengkap)

Denah yang di buat itu untuk dapat kita mudah dalam menemukan suatu lokasi atau daerah yang di cari tanpa harus tersesat. Untuk dapat mengerti lagi mengenai apa itu denah akan di jelaskan seabgai berikut.

Pengertian Denah

Denah merupakan suatu bentuk gambaran yang mengenai letak suatu tempat. Dengan adanya denah kita akan dapat dengan mudah menemukan lokasi yang kita inginkan tapa harus menanyakannya dengan orang lain. Kita juga dapat menggunakan kemampuan membaca denah kita untuk dapat membantu orang lain jika ada yang bertanya mengenai denah kepada kita.

Denah memiliki pengertian lain yaitu tampak atas dari sautu bangunan yang telah terpotong-potong dengan horizontal dengan jarak yang minimal 1M dan dengan ketinggia 0.00 yang mana sebuah banguanan dengan bagian atas dari bangunan tersebut akan dapat di hilangkan dan denah akan menjadi penukjuk atau dapat menjadi pemisah antar ruangan yang ada di tempat tersebut.

Fungsi Denah

Denah memiliki fungis sebagai berikut:

  1. Fungsi ruang.
  2. Sirkulasi ruang.
  3. Susunan ruang.
  4. Dimensi ruang.
  5. Letak pintu dan juga bukaan.
  6. Isi dari ruangan.
  7. Fungsi Utilitas ruang (air, listrik, AC, dan yang lainnya) yang terdapat di denah tertentu.

Pada saat kita membaca peta hal yang haruslah di perhatikan adalah arah dari mata angin yang menjadi patokan yang pada umumnya setiap denah menunjukkan mata angin yang menunjukkan arah utara. Di dalam denah tercantum nama jalan atau nama tempat yang dapat memudahkan dalam mencapai target.

Pengertian Denah Beserta Fungsi Dan Cara Membacanya Lengkap

Cara Membaca Denah

Berikut adalah cara membaca denah yang diantaranya adalah:

  1. Baca dengan jelas daerah tersebut yang letaknya berada di bagian tengah atas.
  2. Harus perhatikan keterangan yang ada di dalamnya, tentang simbol-simbol yang ada di dalamnya.
  3. Perhatikan hubungan diantara bagian-bagian denah dengan baik itu adalah jalan atan merupakan suatu bangunan.
  4. Berikan semua pengetahuan kita mengenai daerah tersebut.
  5. Bacalah untuk dapat mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang kita ajukan.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Denah, Fungsi dan Cara Membacanya (Bahas Lengkap) yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Dengan membaca denah kita akan dapat dengan mudah menemukan lokasi yang kita cari tanpa harus tersesat. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi