√ Pengertian Premi Asuransi, Fungsi dan Faktornya (Bahas Lengkap)

Pengertian Premi Asuransi, Fungsi dan Faktornya (Bahas Lengkap) – Untuk pembahasan kali ini kita akan mulai membahas mengenai premi asuransi. Sudah tahukah tentang pengertian dari premi asuransi ? kalau para pembaca belum mengetahuinya maka harus tetap membaca artikel ini.

Pengertian Premi Asuransi, Fungsi dan Faktornya (Bahas Lengkap)

Tentu sudah sering kita kita dengar mengenai asuransi, asuransi adalah salah satu hal yang belum banyak diketahui orang khususnya yang tinggal di pedesaan. Karena asuransi yang biasanya lebih dominan menggunakannya adalah orang-orang dari kalangan menengah keatas dan biasanya juga didapatkan para pegawai dari perusahaan, tetapi kali ini kita akan membahas premi asuransi. Untuk itu mari sama-sama kita mencari tahu melalui penjelasan yang akan diberikan artikel kali ini. Langsung saja kita mulai pembahasan yang akan menjelaskannya dibawah ini.

Pengertian Premi Asuransi

Premi asuransi ialah sejumlah uang yang wajib untuk dibayarkan pada setiap bulannya dari pihak yang tertanggung atas keikutsertaan di dalam asuransi. Besarnya uang yang harus dibayarkan atas keikutsertaan dari pihak tertanggung kepada asuransi sudah ditentukan dari perusahaan asuransi dengan memperhatikan sebuah keadaan dari pihak tertanggung.

Fungsi Premi Asuransi

  1. Fungsi premi asuransi ialah bisa mengembalikan keadaan dari pihak tertanggung jika terjadi sebuah kebangkrutan sehingga bisa kembali kepada keadaan di saat sebelum terjadi kebangkrutan.
  2. Nasabah atau pihak tertanggung bisa menentukan besarnya dari jumlah premi yang harus dibayarkan sesuai dengan kemampuannya.
  3. Nasabah juga bisa menentukan besarnya dari jumlah uang pertanggungan sesuai dengan yang dia butuhkan.

Faktor Premi Asuransi

Selain dari penjelasan yang telah diberikan, ada pula penjelasan selanjutnya tentang faktor-faktor dari premi asuransi yang terbagi menjadi 2 faktor yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Faktor Eksternal, adalah faktor yang berasal dari luar diantaranya ialah.

  1. Kondisi dari sebuah perekonomian
  2. Persaingan dengan perusahaan yang lainnya
  3. Dan juga peraturan undang-undang pemerintah

Pengertian Premi Asuransi, Fungsi Dan Faktornya Lengkap

2. Faktor Internal, adalah yang berasal dari dalam diantaranya ialah.

  1. Kondisi dari sebuah pertanggungan
  2. Jenis barang ataupun fasilitas yang diasuransikan
  3. Jenis alat dari pengukuran barang yang diasuransikan
  4. Cara dari pengankutan barang
  5. Dan jangka waktu dari pertanggungan

Sekian penjelasan yang kami bisa berikan mengenai Pengertian Premi Asuransi, Fungsi dan Faktornya (Bahas Lengkap), asuransi adalah hal yang penting untuk mengantisipasi sebuah kejadian yang tidak diinginkan, semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi