Mengidentifikasi Cerpen Berdasarkan Unsur Intrinsik (Bahas Lengkap)

Mengidentifikasi Cerpen Berdasarkan Unsur Intrinsik (Bahas Lengkap) – Mengidentifikasi cerpen dapat dilakukan berdasarkan dua unsur, yakni unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Kita tentu sudah sering mempelajari kedua unsur tersebut.

Mengidentifikasi Cerpen Berdasarkan Unsur Intrinsik (Bahas Lengkap)

Kedua unsur ini merupakan salah satu bahan kajian hasil karya sastra.

Identifikasi Cerpen Berdasarkan Unsur Intrinsik

Pada bagian ini kita akan mengidentifikasi unsur intrisnsik cerpen.

Alur

Setiap cerita mempunyai pola alur sebagai berikut:

  • Perkenalan keadaan
  • Pertikaian / konflik mulai terjadi
  • Konflik berkembang menjadi semakin rumit
  • Klimaks
  • Peleraian / solusi / penyelesaian

Penokohan

Penokohan atau perwatakan adalah pelukisan tokoh cerita, baik keadaan lahir maupun batinnya termasuk keyakinannya, pandangan hidupnya, adat istiadat dan sebagainya. Yang diangkat pengarang dalam karyanya adalah manusia dan kehidupannya.

Oleh karena itu, penokohan merupakan unsur cerita yang sangat penting. Melalui penokohan, cerita menjadi lebih nyata dalam angan pembaca. Ada tiga cara yang digunakan pengarang untuk melukiskan watak tokoh cerita, yakni dengan cara langsung, tidak langsung, dan kontekstual.

Pada pelukisan secara langsung, pengarang langsung melukiskan keadaan dan sifat si tokoh, misalnya cerewet, nakal, jelek, baik, atau berkulit hitam. Sebaliknya, pada pelukisan watak secara tidak langsung, pengarang secara tersamar memberitahukan keadaan tokoh cerita.

Watak tokoh dapat disimpulkan dari pikiran, cakapan, dan tingkah laku tokoh, bahkan dari penampilannya. Watak tokoh juga dapat disimpulkan melalui tokoh lain yang menceritakan secara tidak langsung. Pada pelukisan kontekstual, watak tokoh dapat disimpulkan dari bahasa yang digunakan pengarang untuk mengacu kepada tokoh.

Latar

Latar dibedakan menjadi tiga, yakni latar waktu, latar tempat, dan latar suasana. Pertama Latar waktu adalah waktu (masa) tertentu ketika peristiwa dalam cerita itu terjadi. Latar tempat adalah lokasi atau bangunan fisik lain yang menjadi tempat terjadinya peristiwa-peristiwa dalam cerita. Latar suasana adalah salah satu unsur intrinsik yang berkaitan dengan keadaan psikologis yang timbul dengan sendirinya bersamaan dengan jalan cerita.

Identifikasi Cerpen Berdasarkan Unsur Intrinsik Lengkap

Suatu cerita menjadi menarik karena berlangsung dalam suasana tertentu. Misalnya suasana gembira, sedih, tegang, penuh semangat, tenang, damai, dan sebagainya. Suasana dalam cerita biasanya dibangun bersama pelukisan tokoh utama. Pembaca mengikuti kejadian demi kejadian yang dialami tokoh utama dan bersama dia pembaca dibawa larut dalam suasana cerita.

Demikianlah pembahasan singkat kita mengenai Mengidentifikasi Cerpen Berdasarkan Unsur Intrinsik, maaf bila ada salah-salah kata. Semoga bermanfaat buat kita semua, terimakasih.

Kharisma Bahasa Indonesia kelas XI semester 2

Daftar Isi