√ Pengertian Senyawa, Macam, Aturan Penulisan & Contohnya (Lengkap)

Pengertian Senyawa, Macam, Aturan Penulisan & Contohnya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang senyawa. Yang meliputi pengertian senyawa, macam-macam senyawa, aturan penulisan senyawa dan contoh senyawa yang dibahas dengan lengkap dan ringan. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Senyawa, Macam, Aturan Penulisan & Contohnya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian senyawa terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Senyawa

Senyawa adalah zat yang tersusun atas dua unsur atau lebih yang tidak sama dan dapat diuraikan menjadi zat yang lebih sederhana dengan suatu reaksi kimia.

Contohnya adalah ketika sedang memasak, tentu sering menggunakan air, garam, gula dan juga penyedap rasa lainnya. Zat-zat tadi merupakan suatu contoh dari senyawa. Air tersusun atas unsur hidrogen dan oksigen, garam tersusun atas unsur natrium dan klorin, gula tersusun atas unsur karbon, hidrogen dan juga oksigen.

Senyawa-senyawa tersebut sering kita temui di kehidupan sehari-hari. Dan tentu sudah biasa kita gunakan. Tetapi bagaimana proses dan penamaannya, maka ikutilah penjelasanya.

Garam dapat diuraikan menjadi natrium dan klorin dengan reaksi kimia. Bagian yang paling kecil dari senyawa bisa disebut dengan molekul. Molekul-molekul yang menjadi satu dalam jumlah yang tidak sedikit akan membentu suatu senyawa. Seperti senyawa air yang tersusun atas jutaan molekul air.

Aturan Penulisan Rumus Kimia Dan Nama Senyawa Sederhana

Senyawa sederhana merupakan zat yang tersusun atas dua unsur yang tidak sama. Contoh senyawa sederhana yakni air (H2O), garam (NaCl), metana (CH4), sulfur dioksida (SO2), dan lain sebagainya yang sejenis. Sekarang perhatikan tabel dibawah ini dengan seksama:
aturan penamaan senyawa

Suatu senyawa sederhana dapat disusun dari unsur logam dan unsur nonlogam atau unsur nonlogam dengan nonlogam. Aturan penamaan senyawa adalah berdasarkan dari jenis unsur yang membentuknya.

Maka dari itu, aturan penamaan senyawa dibagi menjadi dua bagian, yakni aturan untuk penulisan nama dari sebuah senyawa sederhana yang tersusun oleh unsur logam dan nonlogam dan juga aturan untuk penulisan nama dari suatu senyawa sederhana yang tersusun atas unsur nonlogam dan nonlogam.

1. Senyawa Logam dan Nonlogam

Aturan dalam penulisan nama dari suatu senyawa sederhana yang tersusun atas unsur logam dan nonlogam yaitu adalah sebagai berikut:

  • Nama unsur logam ditulis lebih dulu
  • Nama unsur nonlogam ditulis sesudah nama unsur logam dan diberi tambahan akhiran -ida.

Contoh:

  1. NaCl tersusun atas natrium (logam) dan klorin (nonlogam), sehingga nama untuk NaCl adalah: natrium (logam) + klorida (non logam)
  2. MgCl2 tersusun atas magnesium (logam) dan klorin (nonlogam). Sehingga nama untuk MgCl2 adalah: magnesium (logam) + klorida (nonlogam).

2. Senyawa Nonlogam dan Nonlogam

Aturan penulisan nama dalam unsur sederhana yang tersusun oleh suatu unsur nonlogam adalah sebagai berikut:

  • Nama unsur nonlogam yang pertama dituliskan dengan lebih dulu
  • Nama unsur nonlogam yang kedua dituliskan sesudah nonlogam yang pertama dengan diawalai oleh jumlah atom unsur tersebut kedalam bahasa Latin dan berakhir dengan akhiran -ida.
  • Apabila jumlah atom unsur nonlogam yang pertama lebih dari satu, maka untuk penulisannya diawali dengan jumlah atom unsur tersebut dalam bahasa Latin.

Untuk jumlah atom dalam unsur dalam bahasa Latin bisa dengan melihat pada tabel dibawah ini:
jumlah atom

Contoh:

  1. CO2 tersusun atas 1 atom karbon (nonlogam) dan 2 atom oksigen (nonlogam), sehingga nama untuk CO2 adalah karbon dioksida.
  2. N2O4 tersusun atas 2 atom nitrogen (nonlogam) dan 4 atom oksigen (nonlogam), sehingga nama untuk N2O4 adalah Dinitrogen tetraoksida.

Contoh Senyawa Dalam Kehidupan

Senyawa dapat didapatkan secara langsung dari alam atau dihasilkan oleh manusia dengan melewati suatu proses kimiawi. Senyawa yang ada didalam alam bebas terbentuk melewati proses kimiawi yang terjadi secara alamiah, misalnya adalah dalam aktivitas gunung berapi yang menghasilkan gas SO2.

Senyawa yang didapatkan langsung dari alam berbentuk mineral, seperti air, garam pada air laut, batu kapur, gas SO2, gas karbon dioksida. Senyawa yang dihasilkan oleh manusia antara lain gula, alkohol, sabun, penyedap rasa, dan juga berbagai jenis protein lainnya.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Senyawa, Macam, Aturan Penulisan & Contohnya (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi