√ Pengertian Kimia Analisis, Jenis, dan Metodenya (Lengkap)

Pengertian Kimia Analisis, Jenis, dan Metodenya (Lengkap) – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Kimia Analisis. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelasakan pengertian kimia analisis, jenis dan metodenya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Kimia Analisis, Jenis, dan Metodenya (Lengkap)

Cabang ilmu kimia yang berfokus pada analisi cuplikan materil cabang ilmu kimia itu adalah Kimia Analis. analisis kimia tersebut diartikan ialah sebagai suatu rangkaian pekerjaan atau penelitian untuk memeriksa atau juga mengetahui atau menentukan suatu kandungan pada suatu sampel dengan tujuan tertentu. Rangkaian pekerjaan tersebut bisa berbentuk penentuan kadar suatu komponen, komposisi, sifat fisis, sifat kimia, fungsi senyawa struktur, dan masih banyak lainnya.

Pengertian Kimia Analisis

Kimia analisa adalah cabang ilmu kimia yang memiliki fokus pada analisis cuplikan material untuk dapat mengetahui komposisi, struktur dan fungsi kimiawinya.

Secara bahasa, analisis dapat diartikan sebagai suatu proses pengkajian guna mendapatkan data ataupun kesimpulan di dalam sebuah pekerjaan atau mengenai hal tertentu. Namun disini pengertiannya akan dipersempit, bahwa analisis tersebut berarti suatu aktivitas atau kegiatan yang dilakukan di laboratorium dalam memeriksa kandungan pada suatu zat dalam sampel.

Sedangkan pengertian kimia adalah cabang ilmu yang mempelajari komposisi, struktur, sifat zat serta juga materi yang berhubungan dengan adanya interaksia itu mulai dari skala atom sampai molekul.

Jenis Kimia Analisis

Secara tradisional, kimia analisa tersebut dibagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu kualitatif dan kuantitatif.

Analisis Kimia Kualitatif

Analisis kimia kualitatif adalah suatu rangkaian pekerjaan analisis yang bertujuan mengetahui keberadaan (bisa juga identifikasi) suatu ion, unsur, atau senyawa kimia lain baik itu organik maupun anorganik pada sampel yang kita analisa. Analisa kualitatif itu bertujuan untuk dapat mengetahui keberadaan suatu unsur atau senyawa kimia, baik itu organik maupun inorganik,

Seperti contoh: semisalnya kita mempunyai sampel air minum, dan diminta dicek apakah mengandung logam berat atau tidak. Maka untuk mengetahuinya kita melakukan teknik analisa dengan secara kualitatif.

Analisis Kimia Kuantitatif

Analisa kimia kuantitatif adalah suatu rangkaian aktivitas atau pekerjaan analisis yang bertujuan untuk dapat mengetahui jumlah pada suatu unsur atau senyawa dalam suatu sampel yang kita analisa. Pada analisa kuantitatif itu tujuan untuk dapat mengetahui jumlah suatu unsur atau senyawa dalam suatu sample.

Seperti contoh : semisal kita memperoleh tempe, kemudian diminta menentukan kadar protein pada tempe tersebut. Maka untuk dapat mengetahuinya kita dapat lakukan analisa kuantitatif.

Pengertian Kimia Analisis Jenis dan Metodenya

Perbedaan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif

Jika kita perhatikan perbedaan pada analisis kualitatif dan analisis kuantitatif yang paling umum yaitu pada tujuan dan hasil analisa. Jika pada kualitatif diminta untuk dapat menentukan keberadaan pada suatu zat, pada kuantitatif diminta untuk dapat menentukan jumlah pada suatu zat.

Dari hasil analisa, umumnya analisa kualitatif itu memberikan hasil berupa data dengan secara objektif. Sedangkan pada kuantitatif umumnya memberikan hasil berupa data  secara matematis (numerik).

Kimia Analisis Modern

Kimia analisa modern dikategorisasikan dengan melalui dua pendekatan, target serta metode. Dengan berdasarkan targetnya, kimia analisa tersebut dapat dibagi menjadi:

  • Kimia bioanalitik
  • Analisis material
  • Analisis kimia
  • Analisis lingkungan
  • Forensik

Berdasarkan metodenya, kimia analisa dapat dibagi menjadi:

  • Spektroskopi
  • Spektrometri massa
  • Kromatografi dan elektroforesis
  • Kristalografi
  • Mikroskopi
  • Elektrokimia

Meskipun kimia analisa modern tersebut di dominasi oleh instrumen-instrumen canggih, akar dari kimia analisa serta juga beberapa prinsip yang digunakan dalam kimia. Analisa modern itu berasal dari teknik analisis tradisional yang masih dipakai sampai pada saat sekarang ini. Contohnya yaitu titrasi dan gravimetri.

Metode Klasik

Dibawah ini merupakan metode kimia analisis, antara lain yaitu sebagai berikut :

Analisa kualitatif

Analisa kualitatif yaitu menentukan ada atau tidaknya sebuah senyawa, namun tidak massa atau juga konsentrasinya. Analisa kualitatif tersebut tidak menghitung jumlah.

Analisa gravimetri

Analisa gravimetrik yaitu menentukan massa dari suatu analit dengan menimbang sebuah sampel sebelum dan/atau setelah mengalami beberapa kali perubahan.

Contoh secara umum ialah menentukan massa air dalam suatu hidrat dengan memanaskan sampelnya untuk dapat menghilangkan air yang ada. Sehingga akan ada perbedaan pada massa sebab molekul air akan terlepas.

Analisa volumetrik

Pada titrasi tersebut terdapat penambahan reaktan ke larutan yang sedang dianalisis pada sampai titik ekivalen tercapai. Jenis yang paling umum ialah titrasi asam-basa yang menggunakan berbagai macam indikator yang menunjukkan perubahan warna. Terdapat beberapa macam titrasi, misalnya pada titrasi potensiometri. Tipe indikator yang digunakan tersebut berbeda-beda untuk dapat tercapainya titik ekivalen.

Demikian penjelasan singkat tentang Pengertian Kimia Analisis, Jenis, dan Metodenya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan Anda. Terima kasih.

Daftar Isi