√ Pengertian Energi, Bentuk dan Manfaatnya Untuk Kehidupan Lengkap

Pengertian Energi, Bentuk dan Manfaatnya Untuk Kehidupan Lengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang energi. Yang meliputi pengertian energi, bentuk-bentuk energi dan manfaat energi untuk kehidupan yang dibahas dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah in ini dengan seksama.

Pengertian Energi, Bentuk dan Manfaatnya Untuk Kehidupan Lengkap

Mari kita bahas pengertian energi terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Energi

Energi yaitu suatu objek yang bisa berpindah dengan interaksi fundamental yang bisa diubah bentuknya tetpi tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan. Satuan Internasional dari energi adalah Joule (J).

Dengan pengertian lain energi merupakan suatu kemampuan untuk melaksanakan suatu tindakan atau pekerjaan (usaha). Energi berasal dari bahasa Yunani yakni “ergon” yang artinya kerja. Dalam melakukan pekerjaan selalu menggunakan energi, baik dengan sadar ataupun tidak sadar, misalnya ketika kita sedang berjalan kita memerlukan energi. Tetapi setiap aktivitas memerlukan energi dalam jumlah dan bentuk yang berbeda-beda. Energi tidak dapat dilihat tetapi pengaruhnya dapat dirasakan. Energi dapat berubah bentuk dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Seperti contohnya setrika yang berubah bentuk dari energi listrik menjadi energi panas.

Penemu energi adalah James Presscot Joule, sehingga satuan Internasional dari energi adalah Joule (J). Dan satuan energi lainnya adalah Kalori (Kal).

Hubungan Joule dan Kalori adalah sebagai berikut:

1 Kalori = 4,2 Joule / 1 Joule = 0,24 Kalori

Hubungan Joule dan satuan internasional dasar lain adalah:

1 Joule = 1 Newton-Meter dan 1 Joule = 1 kg m2 s-2

Hukum Kekekalan Energi

Menurut hukum kekekalan energi, bisa diambil kesimpulan bahwa:

Energi tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan. Energi hanya dapat diubah bentuknya dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Oleh sebab itu, jumlah total energi dalam suatu sistem hanya akan berubah jika masuk atau keluarnya suatu energi

Bentuk-Bentuk Energi

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak macam bentuk energi yang kita gunakan.Bentuk-bentuk energi tersebut antara lain:

Energi Mekanik

Energi mekanik merupakan energi yang ada pada suatu benda karena sifat geraknya. Energi mekanik dibedakan menjadi dua jenis, yakni:

Energi Potensial Adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda karena posisi atau kedudukannya, yang artinya ketika benda tersebut diam pada posisi tertentu. Berbagai jenis energi dapat dikategorikan sebagai energi potensial, karena seluruh bentuk energi potensial terhubung dengan suatu jenis gaya yang bekerja terhadap keadaan fisik suatu materi. Contohnya adalah pada saat kita meregangkan sebuah karet, akan ada perubahan sifat fisik karena adanya gaya elastik, inilah yang disebut energi potensial elastik. Dalam Fisika rumus energi potensial seperti ini adalah:

Ep = m x g x h

Dengan keterangan:

Ep = Energi potensial (Joule)

m = Massa (kg)

g = Gravitasi (m/s2)

h = Ketinggian (m)

Energi Kinetik. Adalah energi yang dimiliki suatu benda karena pergerakan atau kelajuannya. Energi kinetik dengan jelas dapat diartikan sebagai suatu kemapuan dalam melakukan upaya agar bisa menggerakkan benda dengan massa tertentu sampai mencapai suatu kecepatan tertentu. Semakin tinggi kecepatan suatu benda maka semakin besar juga energi kinetiknya. Misalnya adalah pada saat sebuah kendaraan melaju, semakin kencang kecepatan kendaraan tersebut, maka semakin besar pula energi kinetiknya. Dalam ilmu Fisika energi kinetik rumusnya adalah sebagai berikut:

Ek = ½ x m x v2

Dengan Keterangan :

Ek = Energi Kinetik (Joule)

m = Massa (kg)

v = Kecepatan (m/s)

Sehingga, Rumus Energi Mekanik = Energi Potensial + Energi Kinetik

Energi Bunyi

Energi bunyi yakni energi yang didapatkan dari sebuah getaran partikel-partikel udara di sekeliling sumber bunyi. Secara nyata setiap terjadinya getaran pada suatu benda pasti ada energi bunyi, namun tidak semua buyni tersebut bisa kita dengar. Semakin kuat getarannya, maka semakin besar juga energi bunyi yang dihasilkan. Contohnya ketika kita bermain gendang, semakin kuat gendang dipukul, maka semakin besar getarannya, dan semakin besar bunyi yang dihasilkan.

Energi Cahaya

Energi cahaya yakni energi yang didapatkan oleh sebuah gelombang elektromagnetik. Contohnya adalah pada saat cahaya sebuaah lampu, semakin jauh jaranya dari kita atau dari sumber cahaya maka semaki sedikit pengaruh cahaya tersebut terhadap penglihatan.

Energi Panas (Kalor)

Energi panas yakni energi yang terjadi karena terdapat pergerakan internal partikel penyusun dalam suatu benda. Energi panas adalah sebuah energi yang berpindah dari suatu partikel yang suhunya tinggi ke partikel yang suhunya lebih rendah. Contohnya pada saat kita memanaskan air dengan api, suhu dari api akan berpindah ke air sehingga membuat air menjadi mendidih.

Energi Nuklir

Energi Nuklir yakni energi yang didapatkan dari reaksi inti oleh bahan radioaktif. Energi tersebut dihasilkan oleh inti atom yang membelah atau dua inti atom yang menyatu. Pembelahan atau penyatuan inti atom tersebut akan menghasilkan suatu energi yang sangat besar karena terjadi perubahan di inti atom. Contohnya adalah dalam pemakaian bom nuklir.

Energi Kimia

Energi kimia adalah energi yang didapatkan karena interaksi secara kimia dari reaksi kimia yang terjadi. Contohnya adalah pada saat makanan yang masuk didalam tubuh memiliki unsur kimia dan akan mengalami reaksi kimia agar dapat dimanfaatkan tubuh, sehingga pada saat reaksi kimia juga terjadi energi kimia.

Pengertian Energi, Bentuk-Bentuk, Manfaat Energi Untuk Kehidupan

Manfaat Energi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Beberapa energi digunakan dalam kehidupan sehari-hari, berikut ini ada sebagian contoh pemanfaatan energi dengan merubahnya dari satu bentuk ke bentuk lainnya:

  • Energi listrik menjadi energi panas pada pemakaian setrika untuk menggosok pakaian.
  • Energi kimia menjadi energi gerak (mekanik) pada makanan yang kita makan diolah dengan reaksi kimia menjadi sumber energi dalam beraktivitas.
  • Energi listrik menjadi energi bunyi ada pemakaian bel yang menghasilkan bunyi
  • Energi gerak (mekanik) menjadi energi panas pada gesekkan dua benda dengan terus menerus menghasilkan panas
  • Energi listrik menjadi energi gerak (mekanik) pada pemakaian kipas angin
  • Energi cahaya menjadi energi kimia pada pemanfaatan cahaya matahari.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Energi, Bentuk dan Manfaatnya Untuk Kehidupan Lengkap, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi