Pengertian Pertanian, Bentuk atau Jenis Pertanian (Lengkap)

Pengertian Pertanian, Bentuk atau Jenis Pertanian (Lengkap) – Pada kali ini kita akan mulai pembahasan mengenai pertanian, di indonesia sendiri sudah sering kita dengar kata pertanian karena mayoritas dari sebagian warga indonesia adalah petani.

Pengertian Pertanian, Bentuk atau Jenis Pertanian (Lengkap)

Untuk itu kita akan membahas mengenai pertanian dan mencari tahu apa sebenarnya arti dari pertanian. Bagaimana bentuk dan juga jenis pertanian yang ada pada indonesia, karena petani di Indonesia menanam berbagai macam hasil pertanian yang membuat kita akhirnya dapat mengkonsumsi sebuah makanan. Untuk itu mari sama-sama kita mulai saja pembahasan mengenai pertanian sebagai berikut.

Pengertian Pertanian

Pertanian ialah kegiatan manusia di dalam memanfaatkan sumber daya hayati supaya bisa menghasilkan bahan pangan, sumber energi, bahan baku industri serta untuk mengelola lingkungannya, itulah arti dari pertanian pada umumnya. Tapi arti pertanian tidak hanya pada umumnya tersebut melainkan masih ada arti yang lainnya.

Pengertian pertanian secara luas ialah pemanfaatan dari sumber daya hayati yang di lakukan oleh manusia dengan menggunakan cara menanam tanaman yang produktif yang bisa menghasilkan serta dapat di pergunakan bagi kehidupan. Ataupun seluruh kegiatan yang mencakup kedalam pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan dan juga perikanan yang hasilnya bisa digunakan bagi kehidupan manusia.

Tetapi arti pertanian secara sempit ialah proses dari budidaya tanaman pada suatu lahan yang hasilnya bisa mencukupi dari kebutuhan manusia. Ataupun proses dari bercocok tanam yang dilakukan di lahan yang sudah di siapkan sebelumnya dan kemudian di kelola menggunakan cara yang manual dan tidak terlalu banyak menggunakan manajemen.

Sedangkan aktivitas pertanian yang terdapat di indonesia mempunyai dua macam antara lain pertanian basah dan juga kering. Pertanian lahan basah ialah merupakan lahan yang digenangi oleh air atau yang lebih dikenal dengan sawah. Pertanian ini biasanya lebih banyak dilakukan di daratan rendah dan biasanya lebih sering berlokasi sekitar 300 m diatas permukaan laut. Karena pada umumnya diwilayah tersebut terdapat banyak sungai dan juga adanya irigasi untuk pengairan.

Sedangkan pertanian lahan kering ialah pertanian yang lahannya tidak tergenang oleh air dan tentu tanaman yang ditanam tidak membutuhkan genangan air pada lahan tumbuhan dan juga biasanya berlokasi di atas 500 m di atas permukaan laut tetapi banyak juga yang di lakukan pada daratan rendah.

Bentuk Atau Jenis Pertanian

Di dalam bidang pertanian yang ada di indonesia mempunyai beberapa bentuk ataupun jenisnya. Untuk dapat mengetahui apa saja bentuk atau jenis dari pertanian mari sama-sama kita melanjutkan pembahasan di bawah ini.

1. Sawah

Ialah suatu bentuk pertanian yang dilakukannya pada lahan basah, dan sawah juga membutuhkan banyak air. Sawah sendiri mempunyai bentuk-bentuknya diantaranya sawah irigasi, sawah tadah hujan, sawah bencah atau sawah pasang surut, sawah lebak.

2. Pekarangan

Ialah suatu lahan yang mempunyai letak pada lingkungan pemukiman atau di lingkungan rumah yang pada umumnya dibatasi dengan pagar dan lahan ini sering ditanami dengan tanaman pertanian.

3. Tegalan

Ialah sebuah area dengan lahan kering yang mempunyai ketergantungan pada air hujan. Dan biasanya lebih sering ditanami dengan tanaman musiman serta terpisah dari lingkungan sekitar rumah ataupun sekitar pemukiman. Tanah tegalan sendiri susah untuk dibuatkan irigasi di karenakan permukimannya yang tidak rata.

Pengertian Pertanian, Bentuk Atau Jenis Pertanian Lengkap

4. Ladang berpindah

Ialah kegiatan pertanian dengan lahannya yang berpindah-pindah, yang biasanya dilakukan pada banyak lahan hasil dari pembukaan semak setelah beberapa kali dilakukan penanaman dan juga panen maka akan berpindah lahan lagi. Jika tanah juga sudah tidak subur lagi maka akan melakukan pindah lahan lagi mencari tanah yang lainnya yang masih subur.

Sekian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Pengertian Pertanian, Bentuk atau Jenis Pertanian (Lengkap), pertanian di indonesia mempunyai beberapa bentuk ataupun jenisnya, sedangkan pertanian merupakan kegiatan manusia yang memanfaatkan sumber daya hayati yang bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan manusia. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi