√ 16 Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

16 Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Agribisnis. Penjelasan yang berdasarkan pendapat para ahli dirangkum dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih jelasnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

16 Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Mari kita bahas pengertian agribisnis dengan seksama.

Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli

Agribisnis diserap berasal dari Bahasa Inggris Agribusiness, Agri yang artinya pertanian dan Business artinya usaha atau kegiatan yang berorientasi keuntungan/profi. Secara umum agribisnis adalah usaha atau kegiatan yang berhubungan dengan pertanian dengan orientasinya profit.

Dengan kata lain, agribisnis merupakan cara pandang ekonomi bagi usaha penyediaan pangan. Objek agribisnis bisa berupa tumbuhan, hewan, ataupun organisme lannya.

1. Austin

Pengertian Agribisnis menurut Austin adalah kesatuan kegiatan usaha yang meliputi kegiatan usaha tani, pengolahan bahan makanan, usaha sarana dan prasarana produksi pertanian, transportasi, perdagangan, kestabilan pangan dan kegiatan-kegiatan lainnya termasuk distribusi bahan pangan dan serat-seratan kepada konsumen.

2. Wibowo dkk (1994)

Pengertian Agribisnis menurut Wibowo dkk adalah mengacu kepada semua aktivitas mulai dari pengadaan, prosesing, penyaluran sampai pada pemasaran produk yang dihasilkan oleh suatu usaha tani atau agroindustri yang saling terkait satu sama lain.

Dengan demikian agribisnis dapat dipandang sebagai suatu sistem pertanian yang memiliki beberapa komponen sub sistem yaitu, sub sistem usaha tani yang memproduksi bahan baku; sub sistem pengolahan hasil pertaniam dan sub sistem pemasaran hasil  pertanian.

3. Sjarkowi dan Sufri (2004)

Pengertian Agribisnis menurut Sjarkowi dan Sufri adalah setiap usaha yang berkaitan dengan kegiatan produksi pertanian, yang meliputi pengusahaan input pertanian dan atau pengusahaan produksi itu sendiri ataupun juga pengusahaan pengelolaan hasil pertanian. Dengan kata lain agribisnis adalah cara pandang ekonomi bagi usaha penyediaan pangan.

4. Soekartawi (1993)

Pengertian Agribisnis menurut Soekartawi adalah agribisnis berasal dari kata agri dan bisnis. Agri asalnya dari bahasa Inggris (agricultural/pertanian). Bisnis berarti usaha komersial dalam dunia perdagangan. Agribisnis adalah kesatuan kegiatan usaha yang meliputi salah satu atau keseluruhan dari mata rantai produksi, pengolahan hasil dan pemasaran produk-produk yang ada hubungannya dengan pertanian dalam arti luas

5. Arsyad dkk

Pengertian Agribisnis menurut Arsyad adalah kesatuan kegiatan usaha yang meliputi salah satu atau keseluruhan dari mata rantai produksi, pengolahan hasil dan pemasaran produk-produk yang ada hubungannya dengan pertanian dalam arti luas.

6. Drillon

Pengertian Agribisnis menurut Drillon adalah sejumlah total dari seluruh kegiatan yang menyangkut manufaktur dan distribusi dari sarana produksi pertanian, kegiatan yang dilakukan usaha tani, serta penyimpanan, pengolahan dan distribusi dari produk pertanian dan produk-produk lain yang dihasilkan dari produk pertanian.

7. Cramer dan Jensen

Pengertian Agribisnis menurut Cramer dan Jensen adalah suatu kegiatan yang sangat kompleks, meliputi industri pertanian, industri pemasaran hasil pertanian dan hasil olahan produk pertanian, industri manufaktur dan distribusi bagi bahan pangan dan serat-seratan kepada pengguna/ konsumen.

8. John H. Davis dan Ray A. Goldberd (1957)

Pengertian Agribisnis menurut John H. Davis dan Ray A. Goldberd adalah The sum total of all operations involced in the manufacture and distribution of farm supplies; production operations on the farm; and the storage, processing, and distribution of farm commodities and items made from them.

15 Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli

9. Downey dan Erickson (1987) dalam saragih (1998)

Pengertian Agribisnis menurut Downey dan Erickson adalah kegiatan yang berhubungan dengan penanganan komoditi pertanian dalam arti luas, yang meliputi salah satu atau keseluruhan dari mata rantai produksi, pengolahan masukan dan keluaran produksi (agroindustri), pemasaran masukan-keluaran pertanian dan kelembagaan penunjang kegiatan.

10. E. Paul Roy

Pengertian Agribisnis menurut E. Paul Roy adalah sebagai suatu proses koordinasi berbagai sub-sistem.

11. Wikipedia

Pengertian Agribisnis menurut Wikipedia adalah bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun di hilir.

12. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian Agribisnis/Agrobisnis menurut KBBI adalah usaha yang berhubungan dengan (tanah) pertanian.

13. Soehardjo (1997)

Pengertian Agribisnis menurut Soehardjo adalah sebuah sistem yang terdiri atas beberapa subsistem. Sistem tersebut akan berfungsi baik apabila tidak ada gangguan pada salah satu subsistem.

14. Hadi (1992)

Pengertian Agribisnis menurut Hadi adalah suatu rangkaian kegiatan yang terdiri dari emapat subsistem yang saling mempengaruhi yaitu subsistem penyediaan input pertanian, subsistem produksi pertanian, subsistem pengolahan hasil dan subsistem pemasaran hasil pertanian yang selurh kinerjanya dipengaruhi oleh koordinator agribisnis.

15. Sutawi (2002)

Pengertian Agribisnis menurut Sutawi membagi menjadi tiga yaitu:

  • Agribisnis adalah suatu kesatuan kegiatan usaha yang meliputi salah satu atau keseluruhan dari mata rantai produksi, pengolahan hasil, dan pemasaran yang ada hubungannya dengan pertanian dalam arti luas, yaitu kegiatan usaha yang menunjang kegiatan pertanian dan kegiatan usaha yang ditunjang oleh kegiatan-kegiatan pertanian.
  • Agribisnis adalah sebuah sistem kegiatan yang meliputi tiga komponen, the farm input sector, the farming sector, dan the procut marketing sector
  • Agribisnis adalah keseluruhan dan kesatuan dari seluruh organisasi dan kegiatan mulai dari produksi dan distribusi sarana produksi, kegiatan produksi pertanian di lahan pertanian sampai dengan pengumpulan, penyimpanan, pengolahan dan turun sampai distribusi hasil akhir dari pengolahan tersebut ke konsumen.

16. Drilon Jr.

Menurut Drilon Jr. dalam Saragih (1998), Agribisnis adalah mega sektor yang mencakup “… the sum total of operations involved in the manufacture and distribution of farm supplies, production activities on the farm, storage, processing and distribution of farm commodities and items for them …”

Demikianlah telah dijelaskan tentang 16 Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung.

Daftar Isi