√ Pengertian Geografi Sosial Menurut Para Ahli, Ciri, Unsur & Konsep

Pengertian Geografi Sosial Menurut Para Ahli, Ciri, Unsur & Konsep – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang geografi sosial. Penjelasan yang meliputi pengertian geografi sosial berdasarkan para ahli, ciri-ciri geografi sosial, unsur geografi sosial, dan konsep geografi sosial yang akan dibahas dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Geografi Sosial Menurut Para Ahli, Ciri, Unsur & Konsep

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Geografi Sosial Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari geografi sosial menurut ahlinya.

1. Nursid Sumaadmadja (1981)

Pengertian Geografi Sosial menurut Nursid Sumaadmadja adalah cabang geografi manusia yang bidang studinya aspek keruangan yang karakteristik dari penduduk, organisasi, organisasi sosial, dan unsur kebudayaan serta kemasyarakatakan.

2. Bintarto (1968)

Pengertian Geografi Sosial menurut Bintarto adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara penduduk dengan alam demi kemakmuran dan kesejahteraan.

3. Jones (1975)

Pengertian Geografi Sosial menurut Jones adalah ilmu yang bertugas mengetahui pola-pola yang timbul dari kelompok masyarakat yang memanfaatkan ruang, dan mengetahui proses pembentukan dan proses perubahan pola-pola tersebut.

4. Eyless (1974)

Pengertian Geografi Sosial menurut Eyless adalah analisis pola dan proses sosial yang timbul dari persebaran dan keterjangkauan sumber daya yang langka. Berorientasi pada masalah, atau dengan kata lain geografi sosial harus menangani hasil keruangan sosial dari kelangkaan dan persebarang tak wajar daripada sumber daya yang dapat dimanfaatkan.

5. Buttimer (1968)

Pengertian Geografi Sosial menurut Buttimer adalah studi pola keruangan dan hubungan fungsional kelompok masyarakat dalam konteks lingkungan sosial mereka, struktuk internal dan eksternal dari kegiatan produk beserta berbagai jalur komunikasinya.

6. Phal (1965)

Pengertian Geografi Sosial menurut Phal adalah studi tentang pola dan proses sosial penduduk dalam ruang tertentu.

7. Watson (1957)

Pengertian Geografi Sosial menurut Watson adalah suatu identifikasi daerah atau region yang berdasarkan himpunan gejala sosial hubungannya dengan lingkungan secara keseluruhan.

8. Wikipedia

Pengertian Geografi Sosial menurut Wikipedia adalah cabang geografi yang memelajari fenomena sosial yang berkaitan dengan geografi dan sosiologi.

Ciri-Ciri Geografi Sosial

Pada awal abad ke-20 di Mazhab Perancis telah diajarkan geografi sosial yang berkaitan dengan geografi manusia. Paul Vidal De Lablace menekankan pentingnya hubungan manusia dengan alam. Menurut Paul Vidal De Lablace, ciri-ciri geografi sosial adalah:

  • Kepribadian daerah adalah hasil dari cara masyarakat mengeksplorasi sumber daya alam.
  • Masyarakat bereaksi terhadap habitatnya
  • Manusia mengorganisasi dirinya sendiri dan berinteraksi dengan sesamanya

Unsur-Unsur Geografi Sosial

Unsur-unsur geografi sosial adalah sebagai berikut

  • Manusia, baik dalam wujud masyarakat atau komunitas
  • Lingkungan Alam, meliputi topografi, iklim, tanah dan lain sebagainya

Konsep Geografi Sosial

Dalam geografi sosial ada tiga konsep yang perlu diketahui, yaitu:

1. Ruang

Secara gegrafis, ruang merupakan keseluruhan permukaan bumi yang merupakan lapisan biosfer, sebagai tempat hidup makhluk hidup baik manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan ataupun organisme lain.
Sebuah ruang, mempunyai arti yang mendalam, yaitu:

  • Tempat atau wadah dari benda-benda atau perilaku
  • Tempat yang tepat dipakai untuk melakukan kegiatan usaha
  • Sesuatu yang dapat diatur dan dimanfaatkan oleh dan untuk manusia.

Pengertian Geografi Sosial Menurut Para Ahli, Ciri, Unsur Dan Konsep

2. Proses

Proses merupakan tindakan atau perbuatan manusia dalam beraptasi dan memanfaatkan lingkungan. Terdapat dua proses yaitu yang bersifat makro dan yang bersifar mikro.

Proses sosial yang bersifat mikro adalah suatu prose yang lebih menekankan pada kegiatan individu atau kelompok masyarakat. misalnya perpindahan rumah seseorang dari suatu tempat ke tempat yang lain. Sedangkan proses sosial yang bersifat makro adalah suatu prose yang lebih menekankan pada masyarakat luas, misalnya terjadinya migrasi, transmigrasi, urbanisasi, gelombang pengungsi dan sebagainya.

3. Pola

Pola merupakan proses yang terjadi secara berulang-ulang. Dalam hal ini pola kehidupan dan penghidupan yang tidak sama antara suatu tempat dengan tempat yang lain, yang mencerminkan perbedaan sifat daerah dan penduduknya sehingga akan terwujud bentang sosial yang berbeda. Bentang sosial merupakan sekelompok atau beberap akelompok penduduk yang hidup dalam suatu wilayah dan mempunyai gagasan yang sama pada lingkungannya.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Geografi Sosial Menurut Para Ahli, Ciri, Unsur & Konsep, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung

Daftar Isi