Prinsip Prinsip Geografi : Pengertian, Jenis dan Penjelasannya

Prinsip Prinsip Geografi : Pengertian, Jenis dan Penjelasannya – Apa saja prinsip geografi?,Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya


Prinsip Prinsip Geografi : Pengertian, Jenis dan Penjelasannya


Geografi ialah ilmu yang mempelajari tentang gejala fisik dan manusia di atas bumi. Diperoleh banyak cabang ilmu geografi dimana ruang lingkup geografi meliputi banyak bidang dan bidang geografi.

Kata geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu geo yang berarti Bumi dan graphos yang berarti deskripsi. Saat ini, kita mengetahui geografi sebagai ilmu yang mengkaji persamaan lokasi dan perbedaan keruangan atas fenomena fisik dan manusia di permukaan Bumi. Ilmu geografi juga memiliki prinsip geografi yang digunakan untuk menjelaskan berbagai fenomena geografi.


Jenis Jenis Prinsip Geografi

Pada dasarnya prinsip geografi terbagi menjadi 4 jenis, yaitu:

  • Prinsip Distribusi (Persebaran)

Prinsip ini adalah prinsip yang bekenaan dengan persebaran gejala di permukaan bumi (geosfer) yang cenderung tersebar tidak merata.

Tujuan dari penggunaan prinsip ini adalah untuk mengtahui hubungan antara satu fenomena dengan fenomena yang lainnya secara menyeluruh.

Selain itu, dengan prinsip distribusi kita juga bisa meramalkan kemungkinan yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Contoh dari prinsip distrubusi:

Persebaran flora dan fauna di Indonesia yang sangat beragam.
Persebaran penduduk di Indonesia
Persebaran kandungan batu bara di wilayah Indonesia yang tidak merata.

  • Prinsip Interelasi

Prinsip interelasi berkenaaan dengan hubungan timbal balik (interelasi) antar gejala yang satu dengan gejala yang lainnya.

Baca Juga:  Soneta Adalah : Ciri, Fungsi, Contoh Dan Perbedaannya Dengan Pantun

Seperti hubungan antara gejala fisik dengan gejala fisik, gejala fisik dengan sosial, atau gejala sosial dengan gejala sosial.

Hasil dari interelasi ini dapat digunakan untuk menggambarkan karakteristik geografi di suatu wilayah.

Contoh dari prinsip interelasi:

Kekeringan yang terjadi yang disebabkan adanya fenomena La Nina.
Penebangan hutan di area hulu yang menyebabkan banjir di daerah hilir.
Perusakan hutan menjadikan terganggunya ekosistem flora dan fauna.

  • Prinsip Deskripsi

Prinsip deskripsi berkenaan dengan penjelasan (deskripsi) suatu gejala di permukaan bumi (geosfer) baik melalui tulisan, tabel, diagram, peta, atau video.

Melalui data tersebut nantinya digunakan untuk menjelaskan karakteristik gejala geografi, hubungan antar gejala dan distribusi keruangan.

Agar data tersebut bisa di deskripsikan dengan baik, maka yang pertama adalah pengumpulan data, mengklasifikasikan data, pemetaan, dan mendeskrispikan tiap satuan pemetaan.

Contoh disitribusi deskriptif:

Indonesia memiliki banyak gunung aktif karena berada di ring of fire.
tabel angka pengangguran disuatu wilayah.
Diagram pertumbuhan penduduk.

  • Prinsip Korologi (Keruangan)

Prinsip korologi berkenaan dengan kajian gejala, fakta, dan masalah geografi ditinjau dari aspek persebaran, interelasi, dan interaksinya dalam ruang (permukaan bumi) yang membentuk suatu integritas atau kesatuan tertentu.

Contoh prinsip korologi:

Ketika kita melihat definisi Bumi, maka tidak hanya bagian kerak bumi saja, namun juga mencakup lapisan atmosfer yang melapisi bumi, air (baik yang di permukaan atau di dalam tanah), serta mahluk hidup yang ada didalamnya.

Prinsip Prinsip Geografi : Pengertian, Jenis dan Penjelasannya

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Prinsip Prinsip Geografi : Pengertian, Jenis dan Penjelasannya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.