Batuan Beku Beserta Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Batuan Beku Beserta Jenisnya (Pembahasan Lengkap) –  Batuan Beku terbentuk dari magma pijar yang berubah menjadi padat akibat pendinginan secara umum. Untuk batuan jenis ini memiliki ciri-ciri homogen dan kompak, tidak ada pelapisan dan tidak mengandung fosil. Batuan jenis ini dibedakan menjadi dua kelompok berdasarkan tempat pembekuannya dan berdasarkan mineral penyusunnya.

Batuan Beku Beserta Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Berdasarkan tempat pembekuannya dibagi menjadi tiga jenis, yaitu beku dalam, beku korok dan beku luar.

Batuan Beku Dalam

Batuan yang satu inidalam atau batuan plutonis  terdapat dibawah permukaan bumi, yaitu terdapat pada kedalaman 15-50 km, batuan ini berwujud kristal saja, karena pembekuannya dekat dengan lapisan astenosfer.

Pendinginan magma berlangsung sangat lambat, sehingga menghasilkan yang jenis kristal yang besar dan kasar. Contohnya granit yang mengandung kuarsa dan gabro yang didalamnya terdapat mineral yang gelap.

Batuan Beku Korok

Batuan jenis korok atau batuan terobosan yang terbentuk dari celah atau daerah kerak bumi, sebelum sampai magma sampai permukaan bumi. Proses pembekuan berlangsung dengan cepat akibatnya terdapat jenis batuan yang memiliki kristal  besar maupun kecil atau bahkan tidak berkristal seperti bahan amorf, didalam magma terdapat susunan granit dan membeku didalam gang, sehingga terbentuk batuan tersebut yang disebut profiri granit.

Batuan Beku Liar

Batuan jenis ini sering kali disebut juga batuan lelehan, batuan ini terjadi akibat proses pembekuan yang terjadi dipermukaan bumi. Proses pembekuannya magma yang keluar dari permukaan bumi mengalami pendinginan dan membeku, dengan bentuk batuan yang halus dan tidak berbentuk kristal.

Misalnya batuan obsidian atau batu kaca yang berwarna hitam, abu-abu, coklat dan kuning dan batuan apung yang mengandung rongga-rongga gas.

Berdasarkan susunan mineralnya pada jenis ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu beku mineral ringan dan beku mineral berat.

Batuan Beku Beserta Jenisnya Lengkap

Mineral Ringan

Untuk Batuan jenis ini ringan tersusun atas mineral-mineral ringan yang banyak mengandung silikat dan berwarna terang, karena itu batuan ini bersifat asam.

Mineral Berat

Pada batuan jenis ini mineral berat tersusun atas kandungan mineral jenis berat tidak banyak mengandung silikat, tidak mudah pecah, biasanya berwarna gelap, oleh karena itu batuan jenis ini bersifat basa.

Itulah diatas sedikit tentang Batuan Beku Beserta Jenisnya (Pembahasan Lengkap), lihat juga batu-batu lain di artikel selanjutnya, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terimakasih.

sumber by: Geografi SMA kelas X Aspirasi