√ Pengertian Hujan Salju, Proses, Manfaat dan Akibatnya

Pengertian Hujan Salju, Proses, Manfaat dan Akibatnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Hujan Salju. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian hujan salju, proses terjadinya, manfaat dan akibatnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya simak artikel berikut ini.

Pengertian Hujan Salju, Proses, Manfaat dan Akibatnya

Iklim adalah suatu keadaan rata- rata suhu pada permukaan bumi yang berlangsung pada waktu lama dan cakupan wilayah yang sangat luas. Wilayah yang sangat luas tersebut biasanya pada suatu negara maupun suatu regional dari suatu benua yang ada di dunia.

Seperti halnya iklim di Indonesia yang sama dengan iklim di Malaysia serta beberapa negara tetangga lainnya. Salah satu jenis musim yaitu musim salju.

Pengertian Hujan Salju

Salju ialah benda padat yang terbentuk dari air yang membeku sehingga kita sebut dengan es. Biasanya hujan salju tersebut akan turun pada saat musim dingin tiba. Hujan salju adalah suatu fenomena yang jarang terjadi pada waktu satu tahun pada wilayah yang non tropis tentunya.

Proses Terjadinya Hujan Salju

Agar dapat lebih mudah memahaminya, dibawah ini adalah kronologis dari proses terjadinya salju, antara lain sebagai berikut :

  • Sumber air yang terdapat di bumi terkena sinar matahari sehingga akan menguap.
  • Uap air itu akan berkumpul pada atmosfer Bumi.
  • Kumpulan uap air itu akan mendingin hingga mencapai titik kondsensasi (temperatur yangmana gas akan berubah wujud menjadi cair atau padat) serta membentuk awan.
  • Pada saat pembentukan awan, massanya jauh lebih kecil dari massa udara sehingga awan tersebut mengaoung di udara.
  • Uap air terus akan bertambah sehingga massanya pun juga akan bertambah, sehingga pada saat udara tidak kuat lagi maka awan tersebut mengalami pecah dengan menyebarkan partikel- partikel air yang sifatnya itu murni (belum terkontaminasi oleh partikel lain).
  • Air murni secara tidak langsung membeku pada suhu 0 derajat Celcius. Untuk dapat membuat air murni beku itu dibutuhkan temperatur lebih rendah dari 0 derajat Celcius yang tepat di berada bawah awan.
  • Untuk membentuk salju, ternyata tidak hanya membutuhkan temperatur yang rendah saja, Pada saat partikel air murni tersebut bersentuhan dengan udara maka air itu juga akan terkotori oleh partikel- partikel lain yang memiliki fungsi dalam mempercepat pembekuan dan juga perekat antar uap air sehingga partikel air yang sudah tidak murni itu akan bergabung dengan partikel lainnya dan membentuk es yang ukurannya lebih besar.
  • Jika temperatur udara tersebut tidak sampai melelehkan kristal es tersebut maka kristal es tersebut akan jauh ke tanah, dan hal inilah yang kita sebut dengan sebutan salju.
Baca Juga:  √ Pengertian Biota Laut, Jenis, Manfaat dan Sifatnya (Bahas Lengkap)

Penjelasan diatas adalah proses terjadinya hujan salju. Keunikan dari salju itu terletak pada bentuknya yang selalu beda antara satu dengan yang lainnya, sama halnya seperti sidik jari manusia.

Manfaat Hujan Salju

Hujan salju dapat memberikan berbagai dampak baik dampak positif tentu juga dampak negatif. Salju sendiri memiliki manfaat karena dapat menimbulkan rasa bahagia pada banyak orang. Salju itu berbeda dengan es, sehingga  hujan salju dan juga hujan es itu juga berbeda.

Keping salju itu tentu lebih ringan daripada butiran es serta jga mengandung lebih banyak udara yang terjaring di dalamnya. Sementara pada es sendiri itu lebih berat disebabkan kandungan air nya yang lebih banyak.

Adapun beberapa manfaat yang dapat ditimbulkan dari hujan salju, antara lain:

Membantu tanaman

Salah satu manfaat yang ditimbulkan oleh karena adanya salju adalah dapat melindungi tanaman. Salju tersebut dapat melindungi tanaman dari embun beku yang sering sekali menyerang tanaman serta juga tanah.

Tanaman yang biasa terserang ialah gandum (Sebab di negara yang memiliki musim dingin itu biasanya menanam gandum). Nah dengan adanya sebuah salju maka tanaman dapat terlindungi dari embun beku.

Sebagai tempat bermain

Manfaat lain dari salju yang tidak terelakkan lagi yaitu sebagai tempat bermain.

Tempat wisata musiman

Pada saat terjadi hujan salju maka akan banyak berbagai tempat wisata baru yang dibuka.

Pengertian Hujan Salju Proses Manfaat dan Akibatnya

Akibat Hujan Salju

Hujan salju selain memberikan manfaat ternyata juga memberikan beberapa dampak yang bersifat negatif. Beberapa dampak negatif tersebut mungkin tidak langsung terasa serta mungkin saja hanya dirasakan oleh beberapa orang saja.

Di bawah ini adalah dampak negatif atau akibat dari adanya musim salju atau hujan salju antara lain sebagai berikut:

Baca Juga:  √ Pengertian Transpor Aktif, Fungsi dan Contohnya (Terlengkap)

Menghambat perjalanan

Salah satu dari dampak negatif dari hujan salju ialah bisa menghambat perjalanan masyarakat. Hal tersbut karena jika salju itu turun maka akan sangat banyak dan akan membuat gundukan yang menutupi jalanan.

Menyebabkan longsor

Gundukan salju terkadang dapat menimbulkan sebuah longsor.

Mengisolasi suatu tempat

Salju yang terlalu tebal juga akan dapat menimbulkan suatu kendala dalam mengakses sebuah tempat. Hal tersebut akan membuat suatu tempat akan menjadi terisolasi serta juga sulit untuk dijangkau oleh banyak orang.

Kerusakan fasilitas umum

Hujan salju yang besar juga dapat merobohkan fasilitas-fasilitas umum, seperti misalnya tiang listrik dan sebagainya.

Terkadang menimbulkan badai

Hujan salju terkadang juga akan dapat menimbulkan badai. Badai tersebut akan menyebabkan kerusakan dari berbagai fasilitas dan bahkan juga bisa menimbulkan korban jiwa.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Hujan Salju, Proses, Manfaat dan Akibatnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan Anda. Terima kasih.