Proses Terjadinya Air Tanah : Pengertian Air Tanah Menurut Para Ahli, Jenis dan Manfaatnya

Proses Terjadinya Air Tanah : Pengertian Air Tanah Menurut Para Ahli, Jenis dan Manfaatnya – Bagaimanakah Proses Terjadinya Air Tanah ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Proses Terjadinya Air Tanah dan unsur -unsur lain tentangnya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Proses Terjadinya Air Tanah : Pengertian Air Tanah Menurut Para Ahli, Jenis dan Manfaatnya


Air tanah berasal dari air hujan yang meresap ke dalam bumi dan keluar ke permukaan bumi dalam bentuk mata air atau resapanLapisan tanah di dalam bumi yang mudah dilewati atau membawa air itu disebut dengan sebutan akuifer atau pembawa air. Air tanah ini mengisi lapisan tanah disebabkan karna adanya proses infiltrasi serta perkolasi. Infiltrasi ini ialah gerakan resapan air ke dalam tanah dengan melalui pori-pori tanah serta Perkolasi ialah gerakan air yang meresap kedalam tanah dengan melalui celah bebatuan sampai menjadi jenuh.

Air hujan sebagian besar akan mengalir ke permukaan sebagai air permukaan seperti danau, sungai atau rawa. Sebagian kecil air huijan akan meresap ke dalam tanah yang apabila meresap terus hingga zona jenuh maka akan menjadi air tanah. Bagian yang meresap dekat permukaan akan diuapkan kembali melalui tanaman yang disebut dengan evapotranspiration. Evaporation terjadi langsung pada air yang terbuka.

Air tanah dapat terletak pasa puluhan hingga ratusan meter di bawah permukaan bumi. Lapisan batuan yang lolos air disebut dengan permeable dan yang tidak lolos atau kedap air disebut impermeable. Lapisan yang lolos air terdiri atas pasir, kerikil, batu apung, dan juga batuan retak sedangkan yang kedap airt terdiri atas napal dan tanah liat. Sebenarnya memang tanah liat dapat menyerap air namun setelah jenuh maka tanah tidak dapat menyerap air lagi.

Air tanah merupakan salah satu faset dalam daur hidrologi yaitusuatu urutan bertahap yang dilalui air dari atmosfer ke bumi dan kembali kle atmosfer secara berulang.

Baca Juga:  √ Pengertian Filtrasi (Penyaringan), Sentrifugasi, Evaporasi, Distilasi

Pengertian Air Tanah Menurut Para Ahli

Air Tanah adalah air yang terdapat dalam lapisan tanah atau lapisan bebatuan yang ada dibawah permukaan tanah. Air tanah juga merupakan salah satu sumber daya air selain air sungai dan juga air hujan.Berikut adalah pengertian air tanah menurut para ahli,diantaranya adalah :

Asdak,2002

Air tanah adalah segala bentuk aliran air hujan yang mengalir dibawah permukaan tanah sbagai akibat stuktur perlapisan geologi, beda potensi kelembapan tanah dan gaya gravitasi bumi. Air bawah tanah tersebut biasa dikenal dengan air tanah.

Bouwer, 1978; Freeze dan Cherry, 1979; Kodoatie, 1996

Air tanah adalah sejumlah air di bawah permukaan bumi yang dapat dikumpulkan dengan sumur-sumur, terowongan atau sistem drainase atau dengan pemompaan. Dapat juga disebut aliran yang secara alami mengalir ke permukaan tanah melalui pancaran atau rembesan.

Fetter,1994

Air tanah adalah air yang tersimpan pada lajur jenuh yang kemudian bergerak sebagai aliran melalui batuan dan lapisan-lapisan tanah yang ada di bumi sampai air tersebut keluar sebagai mata air atau terkumpul masuk ke kolam, danau, sungai, dan laut. Batas atas lajur jenuh air disebut dengan muka air tanah (water table).

Soemarto, 1989

Air tanah adalah air yang menempati rongga-ronggadalam lapisan geologi. Lapisan tanah yang terletak di bawah poermukaan tanah dinamakan lajur jenuh (saturated zone) dan lajur tidak jenuh terdapat di atsa lajur jenuh sampai ke permukaan tanah yang roingga-rongganya berisi air dan udara.

Macam Jenis Air Tanah


Berdasarkan Asal-Usulnya

  • Air Meteroit,Air Meteroit atau Air Vedos yakni air tanah yang berasal dari hujan yang meresap kedalam tanah.
  • Air Fosil,Air Fosil atau Air Connate yakni air tanah yang terjebak pada pori-pori bebatuan pada saat bebatuan tersebuit terbentuk. Air tanah dapat berasal dari air tawar atau laut yang bermineral tinggi.
  • Air Yuvenil,Air yuvenil atau air vulkanisyakni air tanah yang berasal dario air magnetik atau air yang berasal dari magma.

Berdasarkan Letaknya

  • Air Tanah Dangkal,Air tanah dangkal atau air preatis yaitu air tanah yang terdapat di atas lapisan tanah yang kedap air dan dekat dengan permukaan bumi. Contohnya : Sungai, danau, air sumur, rawa dll.
  • Air Tanah Dalam,Air tanah dalam yaitu air tanah yang terdapat pada lapisan diantara dua lapisan yang kedap air. Contohnya: sumber air artesis yang airnya berasal dari air dalam tanah.
Baca Juga:  Konduktor Adalah : Karakteristik, Fungsi, Ketentuan dan Contohnya

Proses Terjadinya Air Tanah : Pengertian Air Tanah Menurut Para Ahli, Jenis dan Manfaatnya

Manfaat dan Fungsi Air Tanah

  • Pemenuh kebutuhan rumah tangga, seperti mencuci, minum dll.
  • Sebagai irigasi
  • Penyedia air bersih
  • Sebagai pembangkit listrik
  • Sebagai laboratorium alam
  • Sebagai tempat wisata
  • Pemenuh kebutuhan industri

Kandungan Kimia Air Tanah

Menurut Kodoatie (2012) kandungan kimia dari suatu air tanah tersebut tergantung dari sebuah sistem pada aliran air tanahnya. Sistem aliran air tanah itu terdapat tiga, diantaranya sistem lokal, sistem antara, serta juga sistem regional.

Sistem lokal untuk Unsur kimia itu dominannya ialah HCO3, Ca, dan Mg.
Kemudian Sistem antara, unsur kimia yang dominan dari air tanah ini biasanya adalah NaSO4 dan Cl.
Setelah itu sistem regional, unsur yang dominan dari air tanah ini diantaranya Na, Cl, hilangnya unsur Co2 serta O2.
Selain dari itu, air yang meresap ke bawah permukaan tanah tersebut kemudian akan membawa unsur-unsur lainnya yang ikut terlarut di dalam air.

Adapun beberapa kandungan kimia di antaranya sebagai berikut :

  • Unsur utama ,mempunyai kandungan 1-1000 mg/l, diantaranya magnesium,silika, bikarbonat, natrium, klorida, sulfat, serta kalsium;
  • Unsur sekunder ,mempunyai kandungan 0,01-10 mg/l, diantaranya florida, nitrat, kalium, besi, boron, dan strountium;
  • Unsur minor ,mempunyai kandungan 0,001-0,1 mg/l, diantaranya cobalt, brom, tembaga, barium,alumunium, krom,atimon, uranium, nikel,seng, timbal dan arsen; serta
  • Unsur langka ,mempunyai kandungan kurang dari 0,001mg/l diantaranya tungsten, zircon, perak,indium, radium, scandium, platina, timah dan berilium.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Proses Terjadinya Air Tanahsemoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.