Lapisan Tanah, Tekstur, Komposisi dan Profilnya

Lapisan Tanah, Tekstur, Komposisi dan Profilnya РPada kesempatan yang lalu kita sudah membahas mengenai proses pembentukan tanah, disana dijelaskan dengan sangat lengkap bagaimana tanah itu terbentuk. Kali ini disini saya akan menjelaskan tentang masing-masing dari lapisan pada tanah, tekstur tanah, komposisi tanah dan profil tanah serta solum tanah.

Lapisan Tanah, Tekstur, Komposisi dan Profilnya

Simak penjelasan lengkap dibawah ini.

Lapisan Tanah

Tanah terdiri atas lapisan-lapisan yang tersusun secara berurutan dari atas kebawah sebagai berikut.

Tanah Lapisan Atas

Tanah lapisan atas disebut juga top soil, tebalnya antara 10 s.d 30 cm, warnanya gelap, coklat kehitaman. Lapisan ini merupakan lapisan paling subur, sehingga merupakan areal paling optimal guna menunjang kehidupan tumbuhan. Semua komponen tanah ada pada lapisan ini.

Tanah Lapisan Bawah atau Lapisan Tengah

Lapisan ini sering dinamakan tanah cadas, warnanya lebih cerah daripada top soil. Tebalnya 50 s.d 60 cm. Kesuburan pada lapisan ini sudah berkurang.

Batuan Induk

Batuan induk merupakan batuan asal tanah. Batuan induk warnanya kemerah-merahan atau putih kelabu. Lapisan ini mudah pecah tetapi sulit sekali ditembus akar tanaman. Di lereng-lereng gunung banyak sekali kita jumpai jenis lapisan tanah ini.

Tekstur Tanah

Tekstur tanah adalah perbandingan relatif dari berbagai partikel tanah menurut diameternya seperti pasir, debu dan lempung. Fraksi tanah diameter maksimalnya 2 mm sedangkan yang lebih dari 2 mm disebut gravel. Jika tanah sebagian besar berupa raksi pasir, maka tanah tersebut teksturnya kasar.

Baca Juga:  Batuan Malihan (Batuan Metamorf) dan Jenisnya Lengkap

Dan sebaliknya jika tanah sebagian besar berupa lempung, maka tanah tersebut teksturnya halus. Tekstur tanah yang baik untuk pertanian adalah geluh atau remah. Tekstur geluh memiliki sedikit kandungan fraksi lempung, banyak fraksi debu dan fraksi pasir sedang hingga banyak.

Solum Tanah

Solum Tanah adalah kedalaman tanah diukur dari permukaan tanah.

Komposisi Tanah

Tanah merupakan kumpulan bahan-bahan alami dengan komposisi sebagai berikut: mineral 45%, bahan organik 5%, air 25% dan udara 25%. Walaupun secara umum komposisi tanah seperti yang disebutkan dimuka, namun pada kenyataannya jenis tanah di Indonesia bermacam-macam.

Hal ini disebabkan oleh faktor penyinaran matahari, vegetasi, relief dan curah hujan. Sehingga bukan hanyajenis tanahnya yang berbeda, tingkat kesuburannya pun tidak sama, semakin kebawah semakin berkurang. Bahkan ada suatu jenis tanah yang hanya cocok ditanami jenis tanaman tertentu.

Lapisan Tanah, Tekstur, Komposisi Dan Profilnya

Profil Tanah

Tanah mempunyai persebaran vertikal dan persebaran horizontal. Persebaran vertikal, dari permukaan bumi hingga kebatuan induk, yang juga sering dikenal horizon tanah. Persebaran horizontal sesuai dengan permukaan bumi.

Kita bisa melihat profil tanah dengan cara membuat penampang atau irisan melintang pada tanah. Sehingga kelihatan lapisan, tekstur, porositas dan permiabilitas, serta kedalaman tanah. Dari profil tanah tersebut kemudian dapat dilihatperlapisan tanah yang kemudian disebut horizon tanah, yang terdiri dari lapisan-lapisan berikut.

  • Horizon O, merupakan lapisan tanah permukaan dimana pada lapisan tersebut terdapat banyak akar tanaman dan jasad renik tanah. Horizon O berwarna gelap dan sangat kaya akan humus sehingga sangat memungkinkan untuk dilaksanakannya usaha pertanian.
  • Horizon A, merupakan zona elluviasi yang masih memiliki humus, berwarna ke abu-abuan gelap pucat, karena pengaruh banyaknya mineral yang larut bersama air hujan.
  • Horizon B, merupakan zona akumulasi yang sedikit sekali mangandung humus. Pada lapisan ini merupakan tempatdiendapkannya sebagian besar mineral yang hanyut dari horizon A. Warnanya coklat kuning atau coklat kemerahan.
  • Horizon C, merupakan zona terjadinya pelapukan batuan induk.
  • Horizon R, merupakan zona batuan induk, terdiri dari batuan cadas.
Baca Juga:  Selat yang ada di Indonesia : Pengertian Selat dan 50 Namanya

Demikian penjelasan kita kali ini mengenai Lapisan Tanah, Tekstur Tanah, Komposisi dan Profilnya, dimana disini dipaparkan dengan jelas. Semoga dapat menambah pengetahuan anda sekalian, terimakasih.

sumber by: Geografi SMA kelas X Aspirasi