6 Fungsi Akar Pada Tumbuhan dan Jenisnya

6 Fungsi Akar Pada Tumbuhan dan Jenisnya – Sahabat semuanya pasti sudah tahu bentuk dari akar yang akan kita bahas pada kesempatan ini. Dimana akar merupakan bagian penting selain dari batang, daun, buah, tangkai yang tumbuh kokoh pada tanah. Biasanya bentuk akar meruncing pada ujungnya, karena supaya tembusnya lebih mudah di dasar tanah, biasanya berwarna putih tulang dan agak kecoklatan.

6 Fungsi Akar Pada Tumbuhan dan Jenisnya

Akar adalah salah satu bagian terpenting yang ada pada tumbuhan. Berdasarkan dari pengertiannya akar merupakan bagian paling penting selain batang dan daun yang terdapat pada tumbuhan yang menuju pada inti bumi kormus.

Dalam tanaman vaskular, bagian akar pada tanaman biasanya tumbum di bawah permkaan tanah. Namun terdapat juga akar yang dapat tumbuh di atas permukaan tanah. Seperti halnya pada tanaman air, sistem perakarannya terdapat pada area air dan tidak mencapai tanah, tak hanya itu ada juga jenis akar yang berada di atas pemukaan atau disebut juga dengan akar mengapung.

Jika dilihat pada tanaman air, biasanya akar dan batang terlihat sama. Untuk membedakannya yaitu kita bisa lihat dari tumbuh atau tidaknya daun. Sebab batangf tanaman adalah tempat untuk tumbuh nya daun, sedangkan pada akar tidak ditumbuhi daun.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas mengenai fungsi-fungsi dari akar pada tumbuhan apapun, yuk kita simak bersama-sama.

Fungsi Akar

Adapun fungsi-fungsinya yaitu sebagai berikut:

  1. Akar berfungsi untuk menyongkong serta memperkuat dan memperkokoh berdirinya pada tumbuh-tumbuhan dimana ia hidup.
  2. Sebagai tempat untuk penyerapan air & zat-zat hara dari dalam tanah.
  3. Akar berfungsi untuk menyimpan makanan, seperti halnya pada tumbuhan wortel dan ubi.
  4. Untuk mengangkut air serta membawa zat-zat yang telah terserap ke bagian tubuh tumbuh-tumbuhanan.
  5. Bagi tumbuhan bakau, akar berguna untuk alat respirasi.
  6. Dalam tumbuhan sukun, pada bagian akar dapat tumbuh tunas yang akan tumbuh menjadi individu baru.

Jenis-Jenis Akar

Akar pada tumbuhan biasanya berbeda serta mempunyai jenis-jenisnya tersendiri. Adapun jenis-jenis akar yaitu:

Akar Serabut

Jenis akar serabut biasanya terdapat pada tumbuhan monokotil, meskipun terkadang juga ada pada tumbuhan dikotil yang dapat kita temukan pada hasil stek ataupun cangkok. Akar jenis ini mempunyai banyak akar kecilnya, sangat ramping mempunyai ukuran yang sama dan biasanya bentuk dari akar ini seperti benang-benang.

Baca Juga:  √ 4 Sumber Energi Alternatif dan Manfaatnya Bagi Kehidupan (Lengkap)

Akar Tunggang

Biasanya jenis akar tunggang terdapat pada tumbuhan dikotil. Contohnya yaitu seperti tanaman wortel dan bentuk umbi-umbian lainnya. Jenis akar tunggang ini mempunyai akar yang cukup besar dengan beberapa cabang & ranting akar.

Jenis akar lainnya yakni akar adventif antara lain:

Akar Gantung

Jenis akar ini tumbuh dari bagian atas batang dan tumbuhnya ke arah tanah. Sehingga akar tersebut terlihat menggantung di udara. Fungsi dari akar gantung ini yaitu untuk menyerap uap air serta gas dari udara. Namun, apabila akar tumbuh sampai ke tanah, akar tersebut masuk ke dalam tanah dan akan berfungsi untuk menyerap air dan garam-garam mineral. Contoh dari tanaman yang memiliki akar gantung yaitu pohon beringin.

Akar Napas

Akar napas adalah jenis akar yang tumbuh keluar dari batang bagian bawahnya. Sebagian dari jenis akar ini ada yang muncul di atas permukaan tanah serta sebagian lainnya terdapat pada dalam tanah. Akar jenis ini memang terlihat menopang tegak serta kokoh pada bagian batangnya. Mempunyai banyak ruang dan celah untuk tempat masuknya udara. Sehingga akar jenis ini berfungsi untuk bernafas atau respirasi. Contoh tanaman yang memiliki jenis ini yaitu seperti tanaman pandan & bakau.

Akar Pelekat

Akar jenis pelekat ini tumbuh di sepanjang batang pada tumbuh-tumbuhan. Akar jenis ini berfungsi untuk melekatkan batang pada tembok atau pada tumbuhan lainnya. Contohnya tumbuhan sirih.

Sifat Akar

Berikut adah karakteristik yang sering ditemukan pada akar, diantaranya yaitu:

  • Warnanya tidak hijau, namun lebih cenderung berwwarna kekuningan atau berwarna keputihan.
  • Ujung akar dapat tumbuh secara berkelanjutan
  • Bagian ujung pada akar cenderung berbentuk runcing, fungsinya yaitu agar lebih mudah untuk menembus tanah
  • Biasanya akar tumbuh di dalam tanah, meskipun ada juga akar yang tumbuh melayang di dalam air atau mengapung
  • Tidak memiliki buku-buku dan tidak beruas
  • Tidak memiliki daun ataupun sisik

Struktur Akar

Secara morfologi, akar dapat dibagi menjadi beberapa bagian-bagian,yaitu pangkal akar, ujung akar, batang akar, cabang akar, serabut akar, bulu-bulu akar, tudung akan. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Pangkal Akar

Pada bagian ini ada yang menyebutnya dengan leher akar atau collum. Letak dari pangkal akar yaitu bersambungan dengan pangkal batang.

Baca Juga:  √ Pengertian Limbah, Karakteristik, Jenis & Penanganannya (Lengkap)

2. Ujung Akar

Ujungakar atau disebut juga dengan apex radicis. Ujung akar merupakan bagian akar yang paling muda. Bagian ini terdiriatas jaringan-jaringan yang dapat bertumbuh.

3. Batang Akar

Batang akar atau disebut juga dengan corpus radicis. Bagian ini terdapat di antara leher dan ujung akar.

4. Cabang Akar

Percabangan akar atau disebut juga dengan radix lateralis. Cabang-cabang akar yang secara tidak langsung tersambung dengan pangkal batang, namun bagian ini keluar dari akar pokok. Bagian yang keluar ini juga mempunyai cabang-cabang lain.

5. Serabut Akar

Nama lain atau disebut juga dengan fibrilla radicalis. Serabut akar adalah cabang akar yang yang mempunyai tekstur halus dan berserabut.

6. Bulu-Bulu Akar

Bulu akar atau disebut juga dengan pilus radicalis. Bulu-bulu akar sebenarnya tonjolan sel-sel kulit luar akar yang bentuknya panjang. Teksturnya seperti bulu atau rambut. Sebab terdapat bulu-bulu akar ini maka pada bidang penyerapan akar menjadi lebih luas, sehingga akar bisa menyerap lebih banyak makanan dan juga air.

7. Tudung Akar

Tudung akar atau disebut juga dengan calyptras. Tudung akar merupakan bagian akar yang terletak pada bagian paling ujung. Tudung akar terdiri dari jaringan yang berfungsi untuk melindungi ujung akar yang masih muda dan belum terlalu kuat.

Fungsi Akar Pada Tumbuhan Dan Jenis-Jenis Akar

Arah Pertumbuhan Akar

Berdasarkan dalam arah pertumbuhnya, akar dibagi menjadi 2 jenis, yaitu akar geotropi dan hidrotropi. Berikut ini adalah penjelasan dari akar geotropi dan hidrotropi tersebut, diantaranya yaitu:

1. Geotropi

Tumbuhan dengan akar geotropi mempunyai sistem perakaran yang dapat tumbuh dan masuk ke dalam pusat bumi atau ke dalam tanah. Biasanya jenis tanaman yang dapat tumbuh di tanah dan di atas permukaan air adalah jenis geotropi.

2. Hidrotropi

Sedangkan untuk tumbuhan dengan akar jenis hidrotropi yaitu memiliki akar yang tumbuh ke dalam air dan menjauhi udara serta cahaya. Seperti halnya akar pada berbagai macam tanaman air.

Nah itulah sedikit pembahasan dan ulasan tentang 6 Fungsi Akar Pada Tumbuhan dan Jenisnya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Sekian terimakasih.