Presipitasi adalah : 12 Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis, dan Faktornya

Presipitasi adalah : 12 Pengertian Menurut Para Ahli Jenis, dan Faktornya – Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuan akan menjelaskan tentang Presipitasi. Pretisipasi merupakan sebuah kejadian klimatik yang sifatnya alamiah, artinya presipitasi adalah perubahan bentuk dari uap ari di atmosfer menjadi curah hujan sebagai akibat dari proses kondensasi.

Presipitasi adalah : 12 Pengertian Menurut Para Ahli

Selain definisi diatas, kami juga akan memberikan definisi lain dari presipitasi yang dikemukakan oleh para ahli.

Pengertian Presipitasi Menurut Para Ahli

Berikut ini meruapakan pengertian presipitasi yang telah dibahas oleh para ahli, simak penjelasanya berikut ini.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Definisi Presipitasi menurut KBBI adalah:

  • Suatu proses pengendapan, yang berasal dari dalam maupun dari udara permukaan ke permukaan bumi;
  • Kandungan dari kelembapan udara yang terbentuk atas cairan atau bahan padat yang berupa seperti hujan, embun salju; buatan met hujan yang sumbernya dari berbagai jenis awan yang dipilih untuk hasil usaha manusia.

Sigit Ari Wibowo (2015)

Menurut Sigit Ari Wibowo definisi dari presipitasi yaitu suatu kejadian jatuhnya air dari atmosfer mengarah ke permukaan bumi. Bentuk dari zat cair yang turun dapat berupa bentuk embun, salju, kabut dan hujan.

Endang Tituk dkk (2015)

Menurut Endang Tituk dkk definisi dari presipitasi yaitu suatu peristiwa terjadinya proses pengendapan antigen terlarut oleh antibodi. Hal itu, maka presipitasi yang akhirnya antigen yang telah terlarut itu tidak dapat bergerak dan semakin mudah untuk ditangkap oleh sel fagosit.

Sosrodarsono (1976)

Menurut Sosrodarsono definisi dari presipitasi yaitu sebuah nama umum dari uap yang mengkondensasi dan jatuh ke tanah dalam bentuk rangkaian proses siklus hidrologi.

Biasanya, jumlahnya sering dinyatakan dengan dalamnya presipitasi (mm). Jika uap air yang jatuh dalam bentuk cair hal itu dinamakan dengan hujan (rainfall) sedangkan apabila berbentuk padat hal itu dinamakan salju (snow)

Triatmodjo (2008)

Menurut Triatmodjo definisi dari presipitasi yaitu suatu turunan air dari atmosfer yang jatuh ke permukaan bumi yang bisa terdiri atas embun, salju, hujan es dan hujan. Dalam daerah tropis presipitasi sangat penting, hujan memberikan peran atau fungsi yang besar. Hal tersebut dapat terlihat dimana biasanya hujanlah yang dianggap presipitasi.

Baca Juga:  √ Teori-Teori Atom Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Wikipedia

Menurut Wikipedia definisi dari presipitasi yaitu setiap produk dari kondensasi uang air di atmosfer. Hal ini terjadi ketika atmosfer menjadi jenuh dan air kemudian terkondensasi serta keluar dari larutan tersebut (terpresipitasi).

Wibowo Dkk (2015)

Menurut Wibowo definisi dari presipitasi yaitu suatu kejadian jatuhnya air yang berasal dari atmosfer hingga turun ke permukaan bumi. Bentuk dari zat cair yang turu ini bisa berbentuk salju, hujan, kabut, dan embun.

Chay Asdak (2010)

Menurut Chay Asdak definisi dari presipitasi yaitu suatu curahan atau jatuhnya air dari atmosfer ke permukaan bumi dan juga laut serta mempunyai bentuk yang berbeda, yaitu seperti curah hujan di daerah tropis dan curah hujan serta salju untuk di daerah beriklim sedang.

Ersin Seyhan (1977)

Definisi presipitasi menurut Ersin Seyhan adalah presipitasi bagaimana bentuknya, seringkali dinyatakan sebagai kedalam (jeluk) cairan yang berakumulasi di atas permukaan bumi bila seandainya tidak terdapat kehilangan.

Presipitasi dalam Bidang Lain

Dalam Bidang Siklus Hidrologi

Definisi dari presipitasi dalam siklus hidrologi merupakan sebagi turunnya air dari atmosfer bumi menuju permukaan bumi berupa bentuk yang berbeda-beda.

Dalam Kimia

Definisi dari presipitasi dalam presipitasi dalam bidang kimia yaitu sebagai proses pengendapan kandungan zat larutan yang terjadi karena adanya reaksi kimia. Tak hanya itu, dalam kimia presipitasi jug dapat dipercepat dengan cara mengurangi kadar zat pelarutnya, atau juga bisa dengan menambahkan agen presipitasi seperti TCA. Hal tersebut merupakan salah satu yang sering dimanfaatkan dalam pengolahan limbah cair.

Dalam Biologi

Definisi dari presipitasi dalam presipitasi dalam bidang biologi merupakan suatu proses yang pengendapan yang terjadi ketika suatu zat terpisah dari larutannya. Sebagai contoh presipitasi antibodi dimana antibodi tersebut mengendapkan molekul antigen yang berbentuk gumpalan dan tidak terlarut. Oleh karena itu antigen-antigen dicerna dan ditelan oleh sel-sel fagosit.

Jenis-jenis Presipitasi

Berikut ini merupakan jenis-jenis dari presipitasi yaitu:

1. Hujan

Hujan merupakan segala sesuatau yang berbentu cairan serta turn dari awan di langit. Hujan dapat digambarkan dalam bentuk tetesan air 0,5 mm atau lebih besar. Untuk tetesan yang kurang dari setengah milimeter disebut dengan gerimis

2. Salju

Salju biasanya terjadi hampir setiap kali ada hujan. Namun salju sendiri sering mencair sebelum tiba pada permukaan bumi. Hal ini merupakan presipitasi dalam bentuk virga atau bisa disebuy jutga serpihan es yang jatuh dari awan.

3. Sleet (Pelet Es)

Sleet dapat terjadi ketika kondisi atmosfer yang membeku. Sleet, biasanya dikenal dengan pelet es, hal ini terbentuk saat salju jatuh kelapisan hangat lalu mencair menjadi hujan.

Baca Juga:  Fluida Dinamis : Jenis, Ciri, Persamaan Bernoulli, Teorema Toricelli, Rumus Dan Contoh Soalnya

Selanjutnya tetesan hujan jatuh kelapisan udaya yang cukup dingin sehingga dapat membekukan tetesan hujan menjadi pelet es.

4. Hujan Beku

Hal ini dapat terjadi apabila hujan turun selama dibawah kondisi atau suhu beku. Biasanya hal ini meghasilkan pemadatan pada tetesan hujan.

Tetesan air hujan yang turun sangat dingin ketikan melawi lapisan sub-beku pada atmosfer serta membeku pada saat mencapai tanah.

5. Hujan Es

Hujan es yaitu suatu benjolan es yang tidak teratur yang jatuh dai badai basar. Hujan es ini merupakan presipitasi yang murni.

Berbedar dari slee yang bisa terbentuk dengan cuaca apapun ketika terdapat badai petir, sebagaian besar hujan es terjadi pada saat musim dingin atau cuaca yang dingin.

6. Gerimis

Gerimis merupakan hujan yang intesitasnya sangat ringan. Gerimis ini lebih kuat dari kabut namun kurang dari hujan biasa. Kabut yaitu kabut tipis dengan kondensasi lebih dekat dengan tanah.

7. Sun Shower

Sun shower yaitu suatu presipitasi yang terdaftar pada saat hujan turun sementara matahari masih keadaan bersinar.

Hal ini dapat terjadi karena angin yag membawa hujan bersamaan dengan hujan yang ditiup beberapa mil jauhnya, sehingga hal tersebut menimbulkanj hujan ke daerah yang tanpa awan.

8. Butir Salju

Butiran salju yaitu butiran es putih yang memiliki ukuran sangat kecil dan buram. Butiran salju memiliki ukuran yang cukup datar dan biasanya berdiameter kurang dari 1 mm. Butiran salju ini hampir setara dengan gerimis.

9. Debu Intan

Debu Intan yaitu kristal es yang memiliki ukuran sangat kecil bisanya terbentuk pada tingkatan yang rendah dan pada suhu dibawah -30°C.

Nama dari debu intan ini terjadi dari efek kilau yang tercipta pada saat cahaya memantulkan kristal es di udara.

Pengertian Presipitasi Menurut Para Ahli

Faktor Yang Mempengaruhi Presipitasi

  • Garis lintang
  • Ketinggian lokasi
  • Jarak dari sumber air
  • Posisi dan ukuran suatu daratan
  • Arah angin (menuju atau mendekati sumber air)
  • Hubungannya dengan rintangan pegunungan
  • Suhu nisbi tanah

Demikianlah telah dijelaskan tentang Presipitasi adalah : 12 Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis, dan Faktornya semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artike lainnya.