Pengertian Media Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Media Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Alat pemberi informasi banyak tersebar di belahan dunia ini dan banyak sekali macamnya. Macam dari alat tersebut berbeda-beda dan berbeda dari zaman ke zaman. Informasi tersebut di sebarkan oleh media ke berbagai pelosok dunia. Untuk mengerti tentang apa itu media akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Media Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas definisi dari media dengan lengkap dibawah ini.

Pengertian Media

Media adalah sesuatu yang mengantarkan atau meneruskan pesan yang berisi informasi antara pengirim informasi dengan penerima. Media berasal dari kata bahasa latin yaitu adalah medius yang berarti tengah. Kata media di dalam bahasa indonesia berarti antara atau sedang. Sehingga dapat di artikan juga media adalah berupa bentuk dan saluran yang di gunakan di dalam proses penyajian informasi.

Media pada awalnya di kenal dengan alat peraga, selanjutnya di kenal dengan audio visual aids, selanjutnya di kenal dengan materi pembelajaran dan pada saat ini di dalam dua pendidikan di gunakan sebagai media pendidikan atau yang di sebut media pembelajaran. Di dalam perkembangan zaman, sekarang munculah e-learning yang berupa singkatan dari kata e yang berarti elektronik dan learning yang berarti pembelajaran.

Pengertian Media Menurut Para Ahli

Pengertian media banyak sekali dan banyak pula yang berbeda pendapatnya antara satu ahli dengan yang lain. Untuk dapat mengerti tentang pengertian media menurut para ahli akan di jelaskan sebagai berikut:

1. Gerlach dan Ely

Media adalah orang, material, ataupun kejadian yang menciptakan suatu kondisi yang mana memungkinkan para siswa dapat memperoleh pengetahuan, sikap yang baik dan baru, serta keterampilan, yang dalam pengertian guru, buku, dan lingkungan sekolah.

2. Blanke dan Horalsen

Media adalah suatu saluran komunikasi yang memang di gunakan sebagai penyampai pesan ke pada penerima pesan dari pemberi pesan.

3. Degeng

Media adalah komponen strategi yang di gunakan untuk menyampaian yang di muati dengan pesan yang di sampaikan kepada para pembelajar yang berupa bahan, alat, dan orang.

4. Sadiman,dkk

Media adalah segala sesuatu yang di gunakan sebagai penyalur pesan dan mengirim pesan kepada penerima pesan, sehingga dapat merangsang pildran, perhatian, perasaan, dan juga minat serta perhatian dari siswa sedemikian rupa, sehingga di dalam proses mengajar dapat berlangsung dengan efektif dan juga efisien sesuai dengan apa yang di harapkan.

pengertian media menurut para ahli lengkap

5. Gagne dan Briggs

Media adalah alat yang secara fisik berguna untuk dapat menyampaikan materi yang berupa buku, kaset, tape recorder, video recorder, video kamera, film, foto, slide, gambar, televisi, grafik, dan juga komputer.

Sekianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Media Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap). Media dapat di gunakan untuk menyebarkan informasi melalui beberapa alat yang ada dan tersebar di seluruh dunia. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi