√ Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis & Dampaknya

Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis & Dampaknya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang media sosial. Yang meliputi pengertian, karakteristik, fungsi, jenis-jenis dan dampak dari media sosial dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis & Dampaknya

Mari kita bahas pengertian media sosial terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Media Sosial

Secara umum media sosial merupakan suatu media daring dengan para pemakainya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, yang membuat yang mencakup blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Namun ada pendapat lain dari beberapa para ahli tentang apa itu media sosial.

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

Berikut kata para ahli tentang apa itu media sosial yang bisa kita simak berdasarkan hasil riset dan pengalamannya.

1. Sam Decker

Pengertian media sosial menurut Sam Decker adalah konten digital dan interaksi yang dibuat oleh dan antar satu sama lain.

2. Marjorie Clayman

Pengertian media sosial menurut Marjorie Clayman adalah alat pemasaran baru yang memungkinkan untuk mengetahui pelanggan dan calon pelanggan dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin.

3. Philip Kotler dan Kevin Keller (2012:258)

Pengertian media sosial menurut Philip Kotler dan Kevin Keller adalah sarana bagi konsumen untuk berbagai informasi teks, gambar, video dan audio dengan satu sama lain dan dengan perusahaan dan sebaliknya.

4. Henderi, Muhammad Yusup, dan Yuliana Isma Graba (2007:3)

Pengertian media sosial menurut Henderi, Muhammad Yusup, dan Yuliana Isma Graba adalah situs jaringan sosial misalnya layanan berbasis web yang memungkinkan bagi setiap individu untuk membangun profil publik ataupun semi publik dalam sistem terbatasi, daftar pengguna lain dengan siapa mereka terhubung, dan melihat dan menjelajahi daftar koneksi mereka yang dibuat oleh orang lain dengan suatu sistem.

5. Lisa Buyer

Pengertian media sosial menurut Lisa Buyer adalah bentuk hubungan masyarakat yang paling transparan, menarik dan interaktif saat ini.

6. Andreas Kaplan dan Michael Haenlien

Pengertian media sosial menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlien adalah sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user generated content.

7. Antony Mayfield (2008)

Pengertian media sosial menurut Antony Mayfield adalah media yang penggunanya mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan peran, khususnya blog, jejaring sosial, wiki/ensiklopedia online, forum-forum maya, termasuk virtual worlds (dengan avatar/karakter 3D).

8. Mark Hopkins (2008)

Pengertian media sosial menurut Mark Hopkins adalah istilah yang tidak hanya mencakup berbagai platform media baru tetapi juga menyiratkan dimasukkannya sistem seperti FriendFeed, Facebook, dan lain-lain yang pada umumnya dianggap sebagai jejaring sosial. Idenya adalah bahwa berbagai platform media yang memiliki komponene sosial dan sebagai media komunikasi publik.

Karakteristik Media Sosial

Karakteristik dari media sosial adalah sebagai berikut:

  • Partisipasi
    Media sosial merupakan sebagai pendorong adanya kontribusi dan umpan balik dari setiap orang yang tertarik atau memiliki minat memakainya, sampai bisa mengaburkan batas antara media dan audience.
  • Keterbukaan
    Banyak media sosial yang terbuka untuk umpan balik dan juga partisipasi melalui suatu voting, berbagi dan juga komentar. Kadang-kadang batasan untuk mengakses dan menggunakan isi pesan (perlindungan password pada isi cenderung dianggap aneh)
  • Perbincangan
    Media sosial sangat mungkin membuat adanya perbincangan ataupun pemakaian secara dua arah.
  • Keterhubungan
    Banyak media sosial berkembang pesat karena mempunyai suatu kemampuan yang bisa melayani keterhubungan antar pemakainya, melalui suatu fasilitas tautan (links) ke website, sumber informasi dan bagi pemakai lainnnya.

Fungsi Media Sosial

Terdapat beberapa fungsi dari media sosial, antara lain:

  • Untuk meluaskan interaksi sosial manusia dengan memakai internet dan teknologi web
  • Melakukan transformasi praktik komunikasi satu arah media siaran dari satu institusi media ke banyak audience (one to many) ke dalam praktik komunikasi dialogis antara banyak audience (many to many)
  • Sebagai dukungan demokratisasi pengetahuan dan juga informasi
  • Melakukan transformasi manusia dari pemakai isi pesan menjadi pesan itu sendiri.

Puntoadi (2011:5) mengemukakan, pemakaian media sosial mempunyai fungsi antara lain:

  • Membangun personal branding lewat sosial media merupakan tidak mengenal trik atau popularitas semu, karena audience yang akan menentukan. Berbagai sosial media menjadi media untuk orang yang melakukan komunikasi, berdiskusi, dan juga memberikan suatu popularitas di media sosial.
  • Memberikan suatu kesempatan yang fungsinya interaksi lebih dekat dengan konsumen. Media sosial menawarkan content komunikasi yang lebih individual. Melalui media sosial juga berbagai kalangan pemasar bisa mengetahui kebiasaasn dari konsumen mereka dan melakukan suatu interaksi secara personal dan juga bisa membangun suatu ketertarikan yang lebih dalam.

Jenis-Jenis Media Sosial

Kotler dan Keller mengemukakan terdapat tiga platform utama dalam media sosial, yakni:

  • Online Communities And Forums
    Ada berbagai bentuk dan ukuran komunitas online dan forum, yang mana banyak dibuat oleh pelanggan atau kelompok pelanggan tanpa ada bunga komersial ataupun afiliasi perusahaan. Beberapa komunitas online dan forum ini didukung oleh perusahaan yang anggotanya berkomunikasi dengan perusahaan dan satu sama lain dengan lewan posting, instant, messaging, dan juga chatting yang berdiskusi tentang minat khusus yang dapat berkaitan dengan produk perusahaan dan merek.
  • Blogs
    Ada sekitar 3 juta pemakai blog dan mereka sangat bervariasi, sebagian dalam bentuk blog priadi untuk teman-teman dekat dan keluarga, dan juga yang lainnya dibuat untuk menjangkau dan mempengaruhi khalayak luas.
  • Social Networks
    Jaringan sosial sudah menjadi kekuatan yang utama baik pada bisnis konsumen dan juga pemasaran bisnis ke bisnis. Salah satunya adalah facebook, messanger, twitter dan lain-lain. Jaringan yang berbeda itu menawarkan manfaat yang berbeda untuk perusahaan.

Sedangkan menurut Puntoadi (2011:34), terdapat beberapa jenis atau macam media sosial, antara lain yakni:

  • Bookmarking
    Bookmarking menawarkan peluang untuk menshare link dan tagh yang menjadi minat. Hal itu memiliki tujuan supaya setiap orang dapat menikmati yang kita sukai.
  • Contenc Sharing
    Melalui situs content sharing tersebut orang membuat berbagai media dan publikasi untuk berbagi kepada orang lain. Youtube dan Flickr adalah situs content sharing yang serinkali dikunjungi oleh banyak orang.
  • Wiki
    Sebagai situs yang mempunyai beragam karakteristik yang berbeda seperti situs knowledge sharing, wikitravel yang mempunyai fokus terhadap informasi tempat, dan konsep komunitas lebih eksklusif.
  • Flickr
    Situs milik Yahoo ini adalah situs khusus dalam berbagi image sharing dengan kontributor yang ahli pada masing bidang fotografi diseluruh dunia. Flickr membuat photo catalog yang masing-masing produk dapat dipasarkan.
  • Social Network
    Kegiatan yang memakai fitur yang disediakan oleh situs tertentu menjadil suatu hubungan, interaksi dengan sesama. Situs sosial networking itu antara lain Linkedin, facebook dan My Space.
  • Creating Opinion
    Media sosial ini menawarkan sarana untuk berbagi pendapat dengan orang lain di seluruh dunia. Melalui creating opinion, seluruh orang dapat menjadi penulis, jurnasil dan juga komentator.

Kaplan dan Haenlien juga mengemukakan jenis-jenis media sosial antara lain:

  • Konten
    Pengguna situs ini memberikan klik pada setiap konten saham konten media, seperti gambar, video, ebook dan lain sebagainya.
  • Proyek Kolaborasi
    Situs ini memungkinkan pemakai dapat mengubah, menambah, maupun menghapus suatu konten sedikit yang tersedia di website. Seperti Wikipedia
  • Blog dan Microblog
    Pemakai bebas dalam mengekspresikan suatu hal seperti ventilasi atau mengkritik kebijakan pemerintah. Contohnya adalah Twitter.
  • Virtual Game World
    Virtual adalah dunia yang membuat pemakainya merasa hidup maya, seperti dunia game yang virtual berinteraksi dengan orang lain. Tetapi dunia virual sosial lebih luas dan lebih mengarah pada kehidupan seperti second life.

Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis-Jenis, Dampak

Dampak Media Sosial

Suatu media sosial pasti mempunyai suatu dampak baik secara positif ataupun negatif. Berikut adalah dampak dampak dari sosial media:

Dampak Positif Media Sosial

Dampak secara positif dari media sosial adalah:

  • Silaturahim menjadi lebih erat
  • Memberikan ruang untuk berpesan positif. Sosial media sudah banyak dipakai oleh para tokoh agama, motivator, dan juga ulama.
  • Hubungan pertemanan menjadi lebih akrab
  • Informasi yang tepat dan akurat selalu tersedia
  • Wawasan dan pengetahuan menjadi bertambah

Dampak Negatif Media Sosial

Dampak secara negatif dari media sosial adalah:

  • Penipuan
  • Pornografi
  • Prostitusi
  • Media untuk menyebarkan ideologi yang sangat efektif dan efisien
  • Anak dan remaja menjadi malas belajar untuk berkomunikasi pada dunia nyata.
  • Situs jejaring sosial menjadi tempat untuk orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan.
  • Remaja dan anak, mudah mengeluarkan bahasa apapun pada media sosial.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis & Dampaknya semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi