√ Pengertian Sosialisasi Politik, Fungsi, Jenis & Sarananya (Lengkap)

Pengertian Sosialisasi Politik, Fungsi, Jenis & Sarananya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan Tentang Sosialisasi Politik. Meliputi pengertian, fungsi, jenis-jenis dan sarana dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Sosialisasi Politik, Fungsi, Jenis & Sarananya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Sosialisasi Politik

Sosialisasi politik yaitu suatu komponen utama dari sebuah sistem politik karena dengan terdapatnya sosialisasi politik maka seorang individu bisa mempelajari politik baik secara disadari ataupun tidak disadari oleh masing-masing individu tersebut.

Sosialisasi politik mempunyai sifat laten dan manifes. Sosialisasi politik laten berproses langsung dalam transmisi informasi, nilai atau perasaan terhadap peran, input dan output sistem sosial (misalnya keluarga) yang menjadi pengaruh sikap terhadap peran, input, dan output sistem politik.

Kemudian sosialisasi politik manifes berlangsung dalam bentuk informasi, nilai atau perasaan kepada peran, input dan output sistem politik.

Fungsi Sosialisasi Politik

Sosialisasi politik menjalankan fungsi antara lain:

  • Membentuk dan mentransmisikan kebudayaan politk sebuah bangsa.
  • Memelihara kebudayaan politik suatu bangsa
  • Mengubah kebudayaan politik suatu bangsa

Jenis-Jenis Sosialisasi Politik

Menurut metode penyampaian pesan, sosialisasi politik dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:

  • Pendidikan Politik
    Pendidikan politik merupakan proses dialogis yang mempunyai tujuan supaya anggota masyarakat mengetahui dan mempelajari nilai, norma dan simbol politik negaranya. Hal ini dapat dijalankan melalui aktivitas kursus, latihan kepemimpinan, diskusi atau keikutsertaan dalam pertemuan formal ataupun informal.
  • Indoktrinasi Politik
    Indoktrinasi politik merupakan proses sosialisasi yang dijalankan untuk memobilisasi dan memanipulasi warga masyarakat supaya menerima nilai, norma dan simbol politik. Hal ini seringkali dilakukan secara satu arah dengan memanfaatkan pemaksaan psikologis.

Sarana Sosialisasi Politik

Gabriel A. Almond (2000) menyatakan sosialisasi politik bisa membentuk dan mentransmisikan kebudayaan politik sebuah bangsa. Dan juga sosialisasi politik bisa memelihara kebudayaan politik sebuah bangsa dalam bentuk penyampaian kebudayaan itu dari generasi tua terhadap generasi muda dan juga mengubah kebudayaan politik.

Untuk dapat melakukan transmisi pandangan, nilai, sikap dan keyakinan politik dibutuhkan sarana atau agen sosialisai politik. Ada enam sarana sosialisasi politik antara lain:

Keluarga
Keluarga adalah agen atau sarana pertama dalam membentuk nilai-nilai politik pada seorang individu.

Sekolah
Sekolah memberikan pengetahuan pada kaum mudah mengenai dunia politik dan peranan mereka di dalamnya dan juga memberikan pandangan yang lebih konkret mengenai lembaga dan hubungan politik.

Kelompok Pergaulan
Kelompok pergaulan dapat dalam bentuk kelompok bermain, kelompok bersahabat, dan kelompok kerja. Dengan kelompok pergaulan orang bisa belajar mengenai penyesuaian diri pada sikap atau perbuatan yang dianut oleh kelompok.

Lingkungan Kerja
Utamanya dalam organisasi-organisasi formal maupun nonformal yang dibuat atas dasar pekerjaan, misalnya serikat kerja, serikat buruh dan sejenisnya. Organisasi semacam ini biasanya menjadi acuan individu dalam kehidupan politik.

Media Massa
Dengan bantuan media massa masyasrakat bisa mendapatkan pengetahuan dan informasi politik. Dan juga media massa adalah sarana yang sangat baik untuk membentuk sikap dan keyakinan politik warga masyarakat.

Kontak Politik Langsung
Ini adalah pengalaman secara langsung atau nyata seseorang dalam kehidupan politik. Hal itu memiliki pengaruh kuat pada orientasi politik seseorang. Pandangan kepada sistem politik yang sudah ditanamkan oleh keluarga, sekolah, kelompok pergaulan, tempat kerja, dan media massa dapat berubah oleh karena pengalaman nyata seseorang dalam kehidupan politik.

Pengertian Sosialisasi Politik, Fungsi, Jenis-Jenis, Sarana

Poin Penting Sosialisasi Politik

Pada dasarnya sosialisasi politik merupakan suatu proses untuk memasyarakatkan nilai-nilai atau budaya politik kedalam sebuah masyarakat pada sebuah negara. Adapun poin penting dalam sosialisasi politik yaitu:

  • Sosialisasi politik adalah proses belajar dari pengalaman
  • Sosialisasi politik adalah prakondisi untuk kegiatan sosial politik
  • Sosialisasi politik berlangsung tidak hanya di usia dini dan remaja, namun terus berlanjut sepanjang kehidupan
  • Sosialisasi politik memberikan hasil belajar yang dalam bentuk informasi, pengetahuan, sikap, motif, nilai-nilai yang tidak hanya berhubungan dengan individu namun juga dengan kelompok.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Sosialisasi Politik, Fungsi, Jenis & Sarananya (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi