√ Pengertian Ideologi Komunisme, Sejarah, Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Ideologi Komunisme, Sejarah, Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang ideologi komunisme. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, kelebihan dan kekurangan ideologi komunisme dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Ideologi Komunisme, Sejarah, Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Ideologi Komunisme

Komunisme merupakan paham atau ideologi yang berhubungan dengan filosofi, politik, sosial dan ekonomi yang mempunyai tujuan utama tercipta masyarakat komunis yang diatur sosial ekonominya menurut kepemilikan bersala alat produksi seperti tanah, tenaga kerja dan modal.

Dan tidak saja kelas sosial, uang dan negara. Atau dengan kata lain, komunisme merupakan paham yang memberikan penekanan kepemilikan bersama terhadap alat-alat produksi sehingga terbentuk masyarakat yang makmur, dimana setiap orang dianggap sama tanpa perbedaan kelas.

Negara yang menganut ideologi komunisme, maka masing-masing individu harus taat kepada kehendak partai, negara dan bangsa. Negara yang menganut ideologi komunisme disebut dengan negara komunis dan orang yang menganut ideologi komunisme disebut komunis.

Ideologi komunis ini juga disebut dengan Marxisme karena tokoh yang memperkenalkan ideologi ini adalah Karl Marx.

Sejarah Terbentuknya dan Jatuhya Ideologi Komunisme

Awalnya, ideologi komunisme ini asalnya dari Jerman dengan tokokh yang pertama kali mengenalkan ideologi yakni Karl Marx. Yang menjadi alasan Karl Marx memperkenalkan ideologi ini karena terjadi kesenjangan ekonomi yang sangat terlihat dari segi industri, sehingga ia beranggapan orang yang berkuasa secara ekonomi menghisap jatah orang lain tanpa mengetahui batas perikemanusiaan.

Marx bercita-cita membuat masyarakat tanpa kelas yang tidak terobsesi hanya dengna kerja dan juga ingin menciptakan masyarakat yang tidak mengenal Tuhan. Dengan berjalannya waktu, pengaruh komunisme terus berkembang. Puncak kebangkitan komunis terjadi di Negara Rusia (Bolshovik), 7 November 1917. Ketika itu adalah di awal berdirinya Uni SOviet, yang mana terbentuk Komunisme Internasional (Komintern).

Komunisme internasional adalah bentuk komunisme yang mencakup internasional. Yang tujuan dibuatnya komunisme internasional adalah supaya setiap orang diseluruh dunia menjadi komunis, menjadikan seluruh dunia menjadi tidak berharga.

Tetapi sesudah perang dunia ke-2, popularitas komunisme mulai menurun, hingga pada akhir perang dingin (Revolusi 1989) yang menjadikan kejatuhan komunisme dan pembubaran Uni SOviet di tahun 1991.

Semenjak itu, harapan untuk terbentuknya komunisme internasional tidak terlihat lagi. Walaupun seperti itu pada tahun 2005, masih ada beberapa negara yang menganut paham komunisme seperti China, Vietnam, Korea Utara, Laos, dan Kuba.

Ciri-Ciri Ideologi Komunisme

Ciri-ciri dari ideologi komunisme adalah:

  1. Komunisme sifatnya atheis dengan berdasar pada logik, menjadikan tidak mengimani adanya Tuhan. Keberadaan Tuhan dan agama dianggap akan berpengaruh pada masyarakat menjadikan ditolaknya komunis.
  2. Komunisme tidak memandang manusia sebagai individu, tetapi sebagai masyarakat. Menjadikan setiap orang dianggap sama, kerja keras dan usaha yang dijalankan individu tidak akan menjadikannya lebih unggul dari individu lain.
  3. Seluruhnya milik rakyat dan dikuasai oleh pemerintah. Yang berarti pemerintah mempunyai kekuasaan tertinggi dalam paham komunisme.
  4. Dalam segi politik, komunisme menganut sistem politik satu partai, yaitu partai komunis. Untuk mewujudkan paham komunisme tersebar, maka dibutuhkan pelenyapan dari paham kapitalisme dengan cara revolusi. Selama masa revolusi, pemerintah dan diktator diperlukan untuk mencapai tujuannya.
  5. Komunisme adalah paham yang menganggap revolusi harus dilakukan dengan terus-menerus sampai menguasai dunia.

Pengertian Ideologi Komunisme, Sejarah, Ciri-Ciri, Kelebihan, Kekurangan

Kelebihan Ideologi Komunisme

Kelebihan dari ideologi atau paham komunisme adalah sebagai berikut:

  • Seluruh orang dianggap sama, sehingga tidak ada yang merasa lebih unggul
  • Lebih mudah mengendalikan pengangguran, inflasi, dan keburukan ekonomi. Hal itu disebabkan pemerintah mempunyai kekuasaan penuh dalam segala hal
  • Jarang terjadi krisis

Kekurangan Ideologi Komunisme

  • Tidak terdapat kepercayaan terhadap Tuhan
  • Berkurangnya motivasi individu untuk menjadi lebih baik, karena hal apapun dari usaha mereka, tetap saja kedudukannya akan sama dengan orang lain.
  • Monopoli yang dijalankan pemerintah dapat merugikan masyarakat.
  • Masyarakat tidak mempunyai kebebasan
  • Hak Asasi Manusia (HAM) tidak dihargai.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Ideologi Komunisme, Sejarah, Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi