√ 33 Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli (Pembahasan lengkap)

33 Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli (Pembahasan lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian ideologi menurut para ahli. Ideologi diciptakan oleh Antoine Destutt de Tracy pada abad ke-18 akhir. Ideologi dapat dianggap sebagai visi yang komprehensif, cara pandang sega sesuatu, secara umum dalam kehidupan sehari-hari, atau sekelompok ide yang diajukan olek kelas yang dominan pada seluruh anggota masyarakat. Untuk lebih jelasnya ikutilan ulasan dibawah ini sampai selesai.

33 Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli (Pembahasan lengkap)

Berikut ini adalah Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli yang bisa kita pelajari dengan seksama.

1. Encyclopedia International

Pengertian ideologi menurut Encyclopedia International adalah sistem gagasan dan keyakinan serta sikap yang didasari oleh cara hidup dalam kelompok, kelas, dan masyarakat tertentu.

2. Laboratorium IKIP Malang

Pengertian ideologi menurut Lab. IKIP Malang adalah kumpulan nilai, iden dan cita-cita serta pedoman dan metode dalma melaksanakan atau mewujudkannya.

3. C. C. Rodee

Pengertian ideologi menurut C.C. Rodee adalah sekumpulan gagasan yang secara logis berkaitan dan mengidentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi serta pelakunya.

4. Padmo Wahyono

Pengertian ideologi menurut Padmo Wahyono adalah suatu kesatuan yang bulat dan utuh dari ide dasar.

5. Silvio Vietta

Pengertian ideologi menurut Silvio Vietta bentuk perlindungan kumpulan ide terhadap tingkah politik yang tidak rasional yang bertindak dalam wujud idealisme.

6. Francis Bacon

Pengertian ideologi menurut Francis Bacon adalah sintesa pemikiran mendasar dari suatu konsep ilmu. Sintesa merupakan panduan berbagai pengertian agar semuanya menjadi selaras.

7. W. White

Pengertian ideologi menurut W. White adalah cita-cita politik atau doktrin (ajaran) dari suatu lapisan masyarakat atau sekelompok manusia yang dapat dibeda-bedakan.

8. A. S. Hornby

Pengertian ideologi menurut A. S. Hornby adalah seperangkat gagasan yang membentuk landasan teori ekonomi serta politik yang dipegang oleh seseorang atau sekelompok orang.

9. Thomas H

Pengertian ideologi menurut Thomas H adalah suatu cara untuk melindungi kekuasaan pemerintah agar bisa bertahan dan mengatur rakyatnya.

10. Soerjanto Poespowardoyo

Pengertian ideologi menurut Soerjanto Poespowardoyo adalah kompleks pengetahuan serta macam-macam nilai yang secara universal menjadi landasan bagi seseorang atau masyarakat untuk dapat memahami jagad raya serta bumi seisinya dan juga menentukan sikap dasar untuk dapat mengolahnya.

11. Muhammad Ismail

Pengertian ideologi menurut Muhammad Ismail adalah pemikiran mendasar yang sama sekali tidak dibangun di atas pemikiran-pemikiran yang lain, melainkan merupakan akumulasi jawaban atas pertanyaan dari mana, untuk apa, dan mau kemana alam, manusia, dan kehidupan ini dihubungkan dengan asal muasal penciptaannya dan kehidupan setelahnya.

12. Harold H. Titus

Pengertian ideologi menurut Harold H. Titus adalah suatu istilah yang dipergunakan untuk sekelompok cita-cita mengeai berbagai macam masalah politik serta ekonomi yang dilaksanakan dalam suatu rencana sistematis serta dijalankan oleh kelompok atau lapisan masyarakat.

13. Murdiono

Pengertian ideologi menurut Murdiono adalah kompleks pengetahuan dan nilai yang keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang atau masyarakat agar memahami jagad raya dan bumi seisinya serta menentukan sikap dasar untuk mengelolanya.

14. Descartes

Pengertian ideologi menurut Descartes adalah inti dari seluruh pemikiran manusia.

15. Antonine Destut de Tracy

Pengertian ideologi menurut Antonine Destut de Tracy adalah ilmu tentang gagasan atau tentang ide-ide yang sesuai dengan realita dan sejalan dengan akal budi bukan hayalan atau gagasan palsu.

16. Dr. Hafidh Shaleh

Pengertian ideologi menurut Dr. Hafidh Shaleh adalah sebuah pemikiran yang mempunyai ide dan metode berupa konsep rasional, yang meliputi akidah dan solusi atas seluruh masalah kehidupan manusia.

17. Napoleon

Pengertian ideologi menurut Napoleon adalah keseluruhan pemikiran politik serta juga rival-rivalnya.

18. M. Sastra Prateja

Pengertian ideologi menurut M. Sastra Prateja adalah perangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan yang terorganisir menjadi satu sistem yang teratur.

19. Kirdi Dipoyuda

Pengertian ideologi menurut Kirdi Dipoyuda adalah suatu kesatuan gagasan-gagasan dasar yang sistematis dan menyeluruh tentang manusia dan kehidupannya baik individual maupun sosial, termasuk kehidupan bernegara.

20. Frans Magnis Suseno

Pengertian ideologi menurut Frans Magnis Suseno adalah keseluruhan sistem berfikir atau sikap dasar rohaniah sebuah gerakan kelompok sosial serta individu.

21. Louis Althuser

Pengertian ideologi menurut Louis Althuser adalah gagasan yang spekulatif akan tetapi bukan gagasan palsu, karena bukan dimaksudkan untuk menggambarkan suatu realitas melainkan supaya dapat memberikan gambaran tentang bagaimana semestinya manusia itu dalam menjalani hidupnya.

22. Dr. Alfian

Pengertian ideologi menurut Dr. Alfian adalah suatu pandangan atau suatu sistem nilai yang menyeluruh serta mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya, yaitu secara moral dianggap benar dan adil, guna mengatur tingkah laku bersama dari berbagai segi kehidupan.

23. Karl Maanheim

Pengertian ideologi menurut Karl Maanheim adalah sistem pemikiran yang berguna untuk mempertahankan orde sosial tertentu.

24. Machiavelli

Pengertian ideologi menurut Machiavelli adalah sistem perlindungan kekuasaan yang dimiliki oleh penguasa.

25. Ali Syariati

Pengertian ideologi menurut Ali Syariati adalah keyakinan-keyakinan serta gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, kelas sosial, suatu bangsa, atau suatu ras tertentu.

26. Nicollo Machiavelli

Pengertian ideologi menurut Nicollo Machiavelli adalah pengetahuan mengenai cara menyembunyikan kepentingan mendapat dan mempertahankan kekuasaan dengan memanfaatkan konsepsi-konsepsi keagamaan dan tipu daya.

27. Manfred Steger Dan Paul James

Pengertian ideologi menurut Manfred Steger Dan Paul James adalah memiliki 2 pengertian.

  • Ideologi adalah sekelompok ide dan konsep yang normatif yang memiliki norma yang merupakan representasi dari kekuatan politik yang ada.
  • Ideologi adalah peta konsep yang membantu masyarakat dalam mengarahkan kompleksnya kehidupan berpolitik serta keyakinan akan kebenaran sosial.

28. Gunawan Setiardjo

Pengertian ideologi menurut Gunawan Setiardjo adalah kumpulan ide, gagasan atau kaidah yang melahirkan aturan-aturan dalam kehidupan.

29. Karl Marx

Pengertian ideologi menurut Karl Marx adalah kesadaran palsu karena ideologi merupakan suatu hasil pemikiran yang diciptakan oleh pemiliknya yang ditentukan oleh kepentingannya.

33 Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli Terlengkap

30. Ramlan Surbakti

Pengertian ideologi menurut Ramlan Surbakti terdiri dari dua yaitu ideologi secara fungsional dan ideologi secara struktural

  • Ideologi secara fungsional adalah seperangkat gagagasan tentang kebaikan bersama atau tentang masyarakat dan negara yang dianggap paling baik.
  • Ideologi secara struktural adalah sistem pembenaran seperti gagasan dan formula politik atas setiap kebijakan dan tindakan yang diambil oleh penguasa.

31. Taqiyudding An-Nabhani

Pengertian ideologi menurut Taqiyuddin An-Nabhani adalah suatu aqidah aqliyah yang melahirkan peraturan. Yang dimaksud aqidah adalah pemikiran yang menyeluruh tentang alam semesta, manusia, dan hidup, serta tentang apa yang ada sebelum dann setelah kehidupan, disampin hubungannya dengan Dzat yang ada sebelum dan sesudah alam kehidupan di dunia ini. Atau Ideologi adalah suatu ide dasar yang menyeluruh mengenail alam semesta, manusia, dan hidup. Mencakup dua bagian yaitu, fikrah, dan thariqah.

32. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian ideologi menurut KBBI adalah kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup.

33. Wikipedia

Pengertian ideologi menurut Wikipedia adalah ide atau gagasan.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai 33 Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli (Pembahasan lengkap), semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian tentang arti ideologi. Terimakasih telah berkunjung.

Daftar Isi