√ Pengertian Wireless Beserta Kelebihan & Kekurangannya Lengkap

Pengertian Wireless Beserta Kelebihan & Kekurangannya Lengkap – Dalam menjalankan komputer kita pastinya ingin komputer kita dapat terhubunga dengan jaringan internet dan dapat terhubung degnan komputer lainnya.

Penghubung yang di gunakan dari yang nmemakai kabel hingga tidak memakai kabel saat ini banyak tersedia. Ketika tanpa kebel maka koneksi atau penghubung yang di gunakan pun akan sangat simple tanpa harus menggunakan atau membawa kabel kemanapun kita pergi. Maka saat ini di buatlah wireless yang dapat membuat kita terhubung dengan komputer lain dengan cara yang simple dan mudah. Untuk dapat mengerti tentang apa itu wireless akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Wireless Beserta Kelebihan & Kekurangannya Lengkap

Mari kita bahas pengertian wireless terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Wireless

Wireless merupakan suatu hubungan telekomunikasi yang menggunakan gelombang elektromagnetik untuk dapat mengganti media kebel sebagai alat transfer datanya. Pada saat ini teknologi wireless sedang tenar dan banyak di kembangkan.

Wireless di kembangkan dan dapat kita lihat seperti pada telephone selular yang pada saat ini sudah banyak yang dapat menggunakan teknologi wireless ini dan yang lebih lagi dengan wireless kita dapat terhubunga dengan jaringan internet. Wireless sering di sebut juga dengan jaringan nir kabel atau tanpa kabel.

Kelebihan Wireless

Wireless memiliki kelebihan yang diantaranya adalah:

  1. Dapat membangun jaringan dengan lebih mudah.
  2. Untuk di relokasikan sangatlah mudah.
  3. Murah dalam pemeliharannya.
  4. Infrastruktur yang lebih kecil.
  5. Dapat dengan mudah di kembangkan.
  6. Sumber file dapat dengan mudah di pindahkan tanpa harus menggunakan kabel.
  7. Mudah di install dan dapat di pakai di kantor ataupun di rumah.

Kekurangan Wireless

Wireless memiliki kekurangn yang diantaranya adalah:

  1. Keamanan yang di miliki rendah.
  2. Memiliki delay yang besar.
  3. Produk yang banyak jenis dan ada yang tidak cocok untuk di gunakan.
  4. Kualitas sinyal di pengaruhi cuaca yang ketika cuaca cerah maka akan membuat koneksi menjadi baik dan ketika cuaca yang buruk akan melambatkan koneksi yang di terima.
  5. Investasinya di bilang cukup mahal jika di bandingkan dengan pemakaian kabel.
  6. Dapat terjadi penyadapan jaringan yang lebih besar juka di banding dengan menggunakan kabel.

Cara Kerja Wireless

Wireless memiliki cara kerja dengan komputer yanjg meiliki build transreceiver yang di gunakan seperti pada walky talky. Transreceiver ini dapat di sebut sebagai adapter wireless. Adapter ini memiliki perkerjaan sebagai pendeteksi jaringan atau gelombang yang ada di sekitar kitadan menghubungkannya.

Gelombang yang di dapatkan berbentuk analog yang kemuydian di konversikan ke bentuk digital karena komputer dapat dmembaca bentuk digital bukan analog. Dan mengirimkan sinyal analog keudara yang merupakan konversian dari bentuk sinyal digital di komputer.

Pengertian Wireless Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya Lengkap

Teknologi ini mememrlukan jaringan wireless yang dapat menghubungkan ke jaringan wireless dengan menggunakan router dan adapter wireless. Pada umumnya komputer dan laptop sudah memiliki komponen ini didalamnya.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Wireless Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya Lengkap yang di jelasakan oleh seputarpengetahuan.co.id. Dengan adanya jaringan wireless kita dapat mudah memasuki jaringan internet dan dapat mengaksesnya. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi