√ Pengertian Geopolitik, Fungsi, Tujuan, Aspek & Kedudukannya

Pengertian Geopolitik, Fungsi, Tujuan, Aspek & Kedudukannya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Geopolitik. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian goepolitik, fungsi, tujuan, aspek, kedudukan dan paradigmanya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya simak artikel berikut ini.

Pengertian Geopolitik, Fungsi, Tujuan, Aspek dan Kedudukannya

Geopolitik istilah ini berasal dari kata geo dan politik. Geo artinya adalah bumi dan politik berasal dari bahasa Yunani yaitu “politeia”. Poli adalah sebagai kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri dan juga teia artinya urusan.

Pengertian Geopolitik

Pengertian Geopolitik adalah Ilmu atau studi mengenai penyelenggaraan negara yang tiap-tiap kebijakannya itu dikaitkan dengan masalah-masalah geografi wilayah atau daerah pada suatu bangsa.

Sehingga dapat disimpulkan geopolitik merupakan sistem politik atau peraturan-peraturan dalam wujud kebijaksanaan serta juga strategi nasional yang didorong oleh aspirasi nasional geografik. Geopolitik bisa disebut juga dengan sebutan wawasan nusantara.

Geopolitik Menurut Para Ahli

Agar dapat lebih memahami tentang goepolitik, dibawah ini mengenai Geopolitik yang dikemukakan oleh para ahli yaitu sebagai berikut:

Frederich Ratzel (1844-1904)

Menurut Frederich Ratzel, Seorang penggagas geopolitik, menurutnya Geopolitik yakni sebagai ilmu bumi politik (Political Geography), peletak dasar-dasar suprastruktur geopolitik ini bahwa kekuatan suatu negara itu harus mampu untuk mewadahi pertumbuhannya.

Maksudnya semakin luas ruang potensi geografi yang ditempati oleh sekelompok politik (kekuatan), makin memungkinkan kelompok politik terseebut untuk tumbuh. Negara merupakan sebagai suatu organisme yang memerlukan ruang hidup, mengenal proses lahir, hidup, serta juga mati.

Rudolf Kjellen (1864-1922) dan Karl Haushofer (1869-1946)

Menurut Rudolf & Karl, mereka mengembangkan geopolitik ini adalah sebagai Geographical Politic yang menitik beratkan kepada analisis fenomena geografi dari aspek politik geografi menyangkut kependudukan, ekonomi sosial, serta juga pemerintahan, bahwa negara tidak sekedar satuan biologis juga memiliki inteketualitas.

Baca Juga:  √ Pengertian Kelompok Sosial dan Ciri-cirinya (Pembahasan Lengkap)

Rudolp Kjellen (1864-1922)

Menurut Rudolp Kjellen, pengertian dari Geopolitik (Geographical Politic), yang dicetuskan oleh seorang sarjana ilmu politik Swedia bernama Rudolp Kjellen pada 1900, di dalam rangka mengemukakan suatu system politik yang menyeluruh, melingkupi demopolitik, ekonomopolitik, sosiopolitik, kratopolitik, termasuk juga itu geopolitik. Kjellen lantas melanjutkan ajaran Ratzel mengenai teori organisme. Kjellen ini menegaskan bahwa negara merupakan suatu organism yang dianggap ialah sebagai “prinsip dasar”.

Karl Haushofer (1869-1946)

Menurut Karl Haushofer, Geopolitik adalah landasan ilmiah bagi tindakan politik didalam perjuangan demi kelangsungan hidup suatu organisasi negara untuk dapat memperoleh ruang hidupnya (lebensraum)”. Konsep geopolitik yang dikembangkan oleh Karl Haushofer mencakup semua system politik pandangan Kjellen.

Fungsi Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara mempunyai fungsi yaitu sebagai pedoman, motivasi, dorongan, serta juga rambu-rambu (peraturan) didalam menentukan segala kebijaksanaan, keputusan, tindakan. Serta perbuatan bagi penyelenggara negara pada tingkat pusat serta juga daerah, ataupun bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, juga bernegara.

Latar Belakang Wawasan Nusantara

Berikut ini merupakan latar belakang dari geopolitik atau wawasan nusantara, diantaranya sebagai berikut :

Falsafah Pancasila

Nilai-nilai pada pancasila ini mempunyai dasar pengembangan wawasan nasional. Nilai-nilai itu ialah: Penerapan Hak

Hak Asasi Manusia (HAM), seperti ialah memberi kesempatan untuk beragama sesuai dengan keyakinannya.

Sebagai kepentingan umum daripada kelompok serta juga individu.

Pengambilan keputusan dengan berdasarkan konsensus serta konsultasi.

Aspek Kewilayahan Nusantara

Pengaruh geografi adalah fenomena yang dapat diperhitungkan, dikarenakan Indonesia ini memiliki kekayaan suku bangsa serta juga Sumber Daya Alam (SDA).

Aspek Sosial Budaya

Indonesia ini memiliki ratusan suku bangsa yang juga tentu memiliki banyak adat istiadat, bangsa, kepercayaan serta juga agama yang berbeda-beda, sehingga kehidupan nasional yang berhubungan dengan interaksi antargolongan mengandung potensi konflik

Aspek Kesejarahan

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah persepsi Nasional Indonesia diwarnai oleh adanya pengalaman sejarah yang tidak ingin terulang lagi yakni perpecahan di dalam Negara Indonesia.

Baca Juga:  √ Beberapa Dampak Modernisasi di Indonesia (Lengkap)

Hal tersebut disebabkan karena kemerdekaan yang sudah dicapai oleh rakyat Indonesia itu merupakan hasil dari semangat persatuan serta juga kesatuan bangsa Indonesia sendiri. Jadi, semangat ini juga harus dipertahankan demi persatuan nasional serta juga untuk menjaga keutuhan wilayah Indonesia.

Pengertian Geopolitik Fungsi Tujuan Aspek & Kedudukannya

Kedudukan dan Paradigma Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara (geopolitik) yang diyakini kebenarannya oleh masyarakat untuk mewujudkan serta juga mencapai suatu tujuan nasional.

Spesifikasi dari Wawasan Nusantara Dalam Paradigma Nasional diantaranya sebagai berikut :

  • Pancasila adalah sebagai falsafah, ideologi bangsa, serta juga dasar negara berkedudukan sebagai landasan idiil.
  • Undang – Undang Dasar 1945 adalah sebagai landasan konstitusi negara, yang berkedudukan sebagai landasan idiil.
  • Wawasan nasional adalah sebagai visi nasional, yang berkedudukan ialah sebagai landasan konsepsional.
  • Ketahanan nasional adalah sebagai konsepsi nasional, yang berkedudukan sebagai landasan konsepsional.
  • GBHN adalah sebagai politik dan strategi nasional, yang berkedudukan sebagai landasan operasional.

Tujuan Geopolitik

Adapun tujuan dari geopolitik ini terdapat 2 yakni :

Tujuan nasional

Tujuan ini dapat dilihat dalam Pembukaan UUD 1945, dijelaskan bahwa tujuan dari kemerdekaan Indonesia adalah “untuk dappat melindungi segenap bangsa Indonesia serta juga seluruh tumpah darah Indonesia juga untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa , serta juga berpartisipasi dalam melaksanakan ketertiban dunia yang dengan berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi serta juga keadilan sosial “.

Untuk membawa kesatuan

Dengan membawa kesatuan ke dalam semua aspek dari kedua kehidupan alam serta juga sosial. Bisa disimpulkan bahwa tujuan dari bangsa Indonesia ialah menjunjung tinggi kepentingan nasional, serta juga kepentingan daerah untuk dapat mengatur serta juga membina kesejahteraan, perdamaian dan juga bangsawan serta martabat manusia di seluruh dunia.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Geopolitik, Fungsi, Tujuan, Aspek & Kedudukannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.