√ Pengertian Sains Beserta Tujuan Dan Ruang Lingkupnya (Lengkap)

Pengertian Sains Beserta Tujuan Dan Ruang Lingkupnya (Lengkap) – Dalam pembelajaran pasti ada saja yang dapat kita pelajari di dunia ini karena apa yang ada di dunia ini sangatlah banyak dan tidak terbatas ilmu yang ada di dalamnya. Dalam menuntut ilmu kita pastinya akan dapat memilih potensi apa yang dapat kita kembangkan dan kita miliki apa. Ada salah satu ilmu yang dapat mempelajari akan pengetahuan alam dan juga pengetahuan sosial.

Pengertian Sains Beserta Tujuan Dan Ruang Lingkupnya (Lengkap)

Ilmu pengetahuan tersebut dapat di namakan sebagai sains, sains sendiri dapat kita pelajari sehari-hari dan banyak terdapat di sekitar kita. Untuk dapat mengerti apa itu sains akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Sains

Sains merupakan suatu kata yang berasal dari bahasa latin yaitu scientia yang berarti pengetahuan. Sains merupakan suatu cara yang di gunakan untuk dapat mempelajari segala aspek yang mengenai alam secara terorganisir, sistematik dan juga dapat melalui segala metode dengan saintifik yang telah terbakukan.

Tujuan Sains

Sains memiliki tujuan untuk dapat menghasilkan suatu model yang dapat di gunakan untuk realitas. Yang pada umumnya suatu penyelidikan ilmiah dapat menggunakan beberapa bentuk metode secara ilmiah. Metode yang sering di pakai adalah:

  1. Observasi
  2. Hipotesis
  3. Prediksi
  4. Penelitian
  5. Kesimpulan

Ruang Lingkup Sains

Sains memiliki raugn lingkup yang terbatas yaitu hanya kepada hal yang dapat di pahami oleh indera kita seperti pengelihatan, pendengaran, rabaan, sentuhan, dan juga ucapan. Dan dapat di bilang bahwa sains merupakan pengetahuan yang di dapat dari proses pembelajaran dan juga pembuktian.

Sains diatas adalah sains murni, yang berbeda dengan sains terapan karena pada sains terapan merupakan aplikasi sains yang memang di tujukan untuk memenuhi kebutuhan Manusia. Ilmu ini dapat di bedakan menjadi:

  1. IPA atau ilmu pengetahuan alam.
  2. IPS atau ilmu pengetahuan sosial.

Pengertian Sains Beserta Tujuan Dan Ruang Lingkupnya Lengkap

Contoh Pembagaian Bidang Sains

Bidang sains dapat di bagi menjadi beberapa bagian yang diantaranya adalah:

Pada IPA

Di dalam IPA ada:

  • Kimia (Chemistry)
    Kimia Analitik, kimia anorganik, Elektrokimia, Kimia organik, kimia polimer, thermokimia, ilmu material, dan lainnya.
  • Biologi (Biology)
    Anatomi, Ekologi, biofisika, taksonomi, virulogi, zoologi, Fisiologi, genetika, dan lainnya.
  • Fisika (Physics)
    Astronomi, fisika material, kinetika, fisika nuklir, dinamika, mekanika quantum, optik, thermodinamika, dan lainnya.
  • Ilmu Bumi (Earth Science)
    Ilmu lingkungan, paleontologi, geologi, geodesi, hydrologi, meteorologi, oceanografi dan lainnya.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Sains Beserta Tujuan Dan Ruang Lingkupnya (Lengkap) yang di jelaskan oleh Seputar Pengetahuan. Sains merupakan ilmu yang dapat kita pelajari pada saat kita berada di bangku sekolah dasar hingga perguruan tinggi yang focus mempelajari akan ilmu sains tersebut. semoga bermanfaat.

Daftar Isi