Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli (Terlengkap) – Untuk menjalankan profesinya sebagai pendidik khususnya seorang guru sangat memerlukan banyak pengetahuan dan ketrampilan yang memadai sesuai tuntutan dan kemajuan sains dan teknologi.

Diantara pengetahuan yang diperlukan seorang guru juga calon guru adalah pengetahuan psikologi terapan dengan pendekatan baru yang sangat erat kaitannya dengan proses belajar mengajar. Untuk memenuhi kebutuhan psikologi terapan itulah psikologi pendidikan ini disusun.

Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Disini akan dijelaskan pengertian psikologi pendidikan itu sendiri dan ruang lingkupnya.

Psikologi Pendidikan

Psikologi atau yang dikenal dengan sebutan ilmu jiwa yang mana berasal dari bahasa inggris psycology yang mana kata ini adalah bersal dua dua akar kata dari bahasa greek (Yunani) yakni psyche yang berati jiwa sedangkan yang satu lagi dari kata logos yang berarti ilmu. Jadi secara bahasa arti dari psikologi yaitu ilmu jiwa. Sedangkan untuk kata Pendidikan sendiri berasal dari kata “didik” yang ditambah dengan awalan “me” berati “mendidik” yang mana arti dari kata tersebut yaitu memberikan pelatihan atau memelihara.

Dalam memelihara pasti memerlukan tuntunan, atau ajaran, mengenai sikap, akhlak serta binaaan terhdap kecerdasan pikiran. Pengertian dari pendidikan yang dikutip dari KBBI yaitu suatu proses dalam pengubahan sikap, akhlak serta perilaku dari individu maupun kelompok orang dalam upaya untuk mendewasakan melalui pelatihan serta melalui pengajaran. Jadi, psikologi pendidikan meurapakan sebuah ilmu yang menjelaskan menganai suatu kegiatan dari individu serta faktor-faktor yang bisa mempengaruhi dalam suatu proses pendidikan. Psikologi pendidikan juga sangat berkaitan dengan bagaimana carua siswa itu belajar serta dengan perkembangannya.

Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan pengertian dari psikologi menurut pendappat dari beberapa ahli antara lain:

1. Muhibin Syah

Menurut pendapat dari Muhibin Syah Psikologi pendidikan yaitu suatu disiplin ilmu terhadap bidang psikologi yang menyelidiki menganai masalah psikologi terhadap anak yang terjadi dalam dunia pendidikan.

2. Bruno

Menurut pendapat dari Bruno pengertian dari psikologi terbagi menjadi tiga bagian yang pada hakikatnya hal ini saling berhubungan satu dengan yang lainnya.

  • Psikologi ialah Pendidikan (studi) mengenai “ruh”.
  • Psikologi ialah ilmu pengetahuan tentang kehidupan mental.
  • Psikologi yaitu salah saru ilmu pengetahuan yang berkenaan dengan tingkah laku dari organisme.
Baca Juga:  √ 28 Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli dan Cirinya (Lengkap)

3. Wherington

Disini Wherington menjelaskan bahwa psikologi pendidikan memppunyai fungsi untuk studi sistematis mengani proses-proses serta faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia.

4. Sumadi Suryabrata

Disini Sumadi Suryabrata berpendapat bahwa psikologi pendidikan berguna sebagai pengetahuan psikologi tentang anak didik terhadap situasi pendidikan.

5. Elliot

Menurut pendapat dari Elliot, ia menjelaskan bahwa psikologi pendidikan merupakan penerapan terhdap teori-teori psikologi guna mempelajari perkembangan, pembelajarn, motivasi, serta pengajaran dan juga permasalahan yang timbul dalam dunia pendidikan.

6. Anita Woolfolk Hoy

Disini Anita Woolfolk Hoy juga menjelaskan mengani pengertian dari psikologi pendidikan yaitu sebuah ilmu yang memfokuskan perhatiannya terhdap proses belajar serta pembelajaran, yang menerapkan metode dan teori psikologi serta menjadikannya sebagai teori secara berkesesuaian.

7. Santrock

Disini ahli psikologi Santrock berpendapat mengenai pengertian dan definisi psikologi pendidikan yaitu sebuah cabang dari ilmu psikologi yang mengkhususkan diri dalam pemahaman mengenai proses belajar dan juga mengajar pada lingkungan pendidikan.

8. Alice Crow

Psikologi pendidikan yaitu suatu studi mengenai belajar, pertumbuhan, serta kematangan seorang individu serta penerapan terhadap prinsip-prinsip ilmiah tentang reaksi manusia yang mempengaruhi proses belajar mengajar.

Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan

Yang dimaksud dengan ruang lingkup dari psikologi pendidikan yaitu apa saja yang dibahas yang terdapat dalam ilmu psikologi pendidikan. Secara luas biasanya ruang lingkup psikologi pendidikan yang membahas mengenai proses, lingkungan serta hereditas, evaluasi belajar, perkembangan, kesehatan mental dan berbagai bidang sejenisnya. Pada dasarnya psikologi pendidikan sendiri membahas mengenai hal-hal sebagai berikut:

  1. Lingkungan dan hereditas;
  2. Pertumbuhan dan perkembangan anak didik;
  3. Potensi dan karakteristik tingkah laku peserta didik;
  4. Hasil dari suatu proses pendidikan yang berpengaruh terhadap individu yangbersifat personal juga sosial;
  5. Higiene Mental serta Pendidikan dari si peserta didik tersebut;
  6. Evaluasi dari hasil pendidikan.

Sedangkan menurut pendapat dari Soerjabrata bahwa ruang lingkup bidang psikologi pendidikan bisa dilihat dari segi situasi serta dari proses belajar yang dijadikan sebagai pusatnya yaitu kajian psikologi menganai anak didik dalam peninjauan yang statis dan juga dinamis pada situasi belajar serta proses pendidikan yang ada didalam kelasnya.

Baca Juga:  √ 9 Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli

Manfaat Psikologi Pendidikan

Menurut pendapat dari para ahli psikologi di Dunia, manfaat dari psikologi pendidikan bagi para pendidik, diantaranya adalah:

  1. Peka dari perilaku serta kebutuhan manusia dalam belajar.
  2. Dapat mengatsi masalah yang sedang terjadi terhdap diri peserta didik.
  3. Dapat mengatahui gejala yang di muncul dari peserta didik dalam proses belajar mengajar.
  4. Dapat mengembangkan diri agar menjadi manusia pembelajar serta bisa membagi ilmunya untuk orang lain secara profesional.
  5. Mengetahui teknik-teknik yang tepat untuk memaksimalkan potensi dari belajar anak didik.
  6. Mampu untuk menganalisis kekurangan serta kelebihan pada metode belajar mengajar baik pada diri sendiri ataupun terhadap orang lain dan berupaya dalam memperbaikinya.

Sedangkan dalam manfaat untuk mempelajari ilmu psikologi pendidikan untuk para siswa didik, diantaranya sebagai berikut:

  1. Dapat meningkatkan kemauan serta niat dalam mencari dan menperoleh ilmu.
  2. Mengenali naluri dan potensi belajar.
  3. Untuk mengembangkan diri menjadi manusia yang pembelajar.
  4. Bertekad dalam meningkatkan harkat dirinya agar lebih baik dari pada dengan generasi sebelumnya.

Tujuan dalam mempelajari ilmu psikologi pendidikan secara umum yaitu diantaranya sebagai berikut:

  1. Dapat memahami serta bentuk-bentuk gejala psikologis pada siswa (individu) secara umum pada bentuk tingkah laku serta sikap dalam mengikuti proses pembelajaran maupuan dalam proses belajar mengajar.
  2. Dapat memahami kemampuan serta potensi dari siswa dalam mengikuti sebuah proses belajar mengajar.
  3. Dapat memahami bagaimana seharusnya pelaksanaan dalam proses belajar mengajar supaya bisa tercapai semua tujuan dari pembelajaran secara efektif serta optimal.
  4. Dapat membantu siswa untuk mengembangkan dalam berbagai jenis potensi serta kemampuan terhdap bentuk proses pembelajaran berbasis pengembangan siswa-siswi.
  5. Untuk membantu siswa-siswi dalam menyelesaikan program pembelajaran serta materi dengan sempurna, sehingga hal ini dengan pemahaman dari guru mengenai teori serta ilmu psikologi pendidikan yang bisa memberikan bantuan terhadap para siswa siswi dalam menyelesaikan program-program pembelajaran hingga tuntas 100%.

Demikian pembahasan artikel kali ini tentang Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli (Terlengkap), semoga bermanfaat dan dapat membantu anda. Terimakasih. 🙂