√ 27 Pengertian Psikologi Sosial Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

27 Pengertian Psikologi Sosial Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Pada pembahasan kali kami akan menjelaskan tentang psikologi sosial. Salah satu cabang ilmu dalam bidang ilmu psikologi yang mempelajari tentang hubungan manusia dan kelompok yang berpengaruh sosial terhadap perilaku manusia.

27 Pengertian Psikologi Sosial Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Untuk lebih jelasny ikutilah ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Psikologi Sosial Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari psikologi sosial menurut ahlinya.

1. Secord Dan Backman(1974)

Pengertian psikologi sosial menurut Secord dan Backman adalah ilmu yang mempelajari individu dalam konteks sosial.

2. Joseph E. Mc. Grath (1965)

Pengertian psikologi sosial menurut Joseph E.Mc. Grath adalah ilmu yang menyelidiki tingkah laku manusia sebagaimana dipengaruhi oleh kehadiran, keyakinan, tindakan, dan lambang-lambang dari orang lain.

3. Dewey Dan Huber (1916)

Pengertian psikologi sosial menurut Dewey dan Huber adalah studi tentang manusia individual, ketika berinteraksi, biasanya secara simbolis dengan lingkungannya, yaitu dengan lambang yang digunakan oleh manusia untuk saling berinteraksi.

4. Brigham (1956)

Pengertian psikologi sosial menurut Brigham adalah studi tentang proses interaksi individu manusia.

5. Watson (1966)

Pengertian psikologi sosial menurut Watson adalah ilmu tentang interaksi manusia.

6. Boring, Langveld dan Weld

Pengertian psikologi sosial menurut Boring, Langveld dan Weld adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari individu manusia dalam kelompoknya dan hubungan antara manusia dengan manusia.

7. Kenneth J. Gergen dan Mary Gergen

Pengertian psikologi sosial menurut Kenneth J. Gergen dan Mary Gergen adalah salah satu disiplin ilmu yang merujuk kajian sistematik ke atas hubungan interaksi sesama manusia.

8. Myers (1990)

Pengertian psikologi sosial menurut Myers adalah pengetahuan tentang bagaimana orang berpikir, mempengaruhi dan berhubungan dengan orang lain.

9. Krech, Crutchfield dan Ballachey (1962)

Pengertian psikologi sosial menurut Krech, Crutchfield dan Ballachey adalah ilmu yang mempelajari tentang peristiwa perilaku interpersonal.

10. Mc. David dan Harrari (1968)

Pengertian psikologi sosial menurut Mc. David dan Harrari adalah studi ilmiah yang mempelajari tentang pengalaman dan perilaku yang berkaitan dengan individu lain, kelompok dan budaya.

11. Baron dan Byrne (2006)

Pengertian psikologi sosial menurut Baron dan Byrne adalah bidang ilmu sosial yang mencari pemahaman tentang asal mula dan penyebab terjadinya pikiran serta perilaku individu dalam situasi-situasi sosial. Dalam pengertian ini lebih menekankan pentingnya pemahaman terhadap asal mula dan penyebab terjadinya perilaku dan pikiran.

12. Shaw dan Costanzo (1970)

Pengertian psikologi sosial menurut Shaw dan Costanzo adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku individu sebagai fungsi dari rangsang sosial.

13. Mc. Grath

Pengertian psikologi sosial menurut Mc. Grath adalah pengkajian saintifik yang berkenaan dengan tingkah laku.

14. Hartley (1961)

Pengertian psikologi sosial menurut Hartley adalah cabang ilmu sosial yang berusaha memahami perilaku individu dalam konteks sosial.

15. Michener dan Delamater (1999)

Pengertian psikologi sosial menurut Michener dan Delamater adalah studi ilmiah tentang sebab-sebab dari perilaku manusia.

16. Jones dan Gerard (1967)

Pengertian psikologi sosial menurut Jones dan Gerard adalah sub disiplin dari ilmu psikologi yang fokus pada studi ilmiah tentang perilaku individu yang berfungsi sebagai perangsang sosial.

17. Taylor, Peplau dan Sears (2009)

Pengertian psikologi sosial menurut Taylor, Peplau dan Sears adalah studi ilmiah tentang bagaimana orang berpikir, mempengaruhi dan berhubungan dengan orang lain.

18. Sherif dan Sherif

Pengertian psikologi sosial menurut Sherif dan Sherif adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari pengalaman dan tingkah laku individu manusia yang dalam kaitannya dengan situasi-situasi perangsang sosial.

19. Berhm dan Kassing

Pengertian psikologi sosial menurut Berhm dan Kassin adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari cari individu berpikir, merasa dan bertingkah laku dalam setting sosial.

20. A.M. Chorus

Pengertian psikologi sosial menurut A.M. Chorus adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia sebagai anggota suatu masyarakat.

21. Hubert Bonner

Pengertian psikologi sosial menurut Hubert Bonner adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang tingkah laku manusia.

22. Sherif dan Musfer (1956)

Pengertian psikologi sosial menurut Sherif dan Musfer adalah ilmu yang mempelajari tentang pengalaman dan perilaku individu yang berkaitan dengan situasi stimulus sosial. Stimulus sosial diartikan bukan hanya manusia tetap benda-benda dan hal-hal lain yang diberi makna sosial.

23. David O Sears (1956)

Pengertian psikologi sosial menurut David O Sears adalah ilmu yang berusaha secara sistematis untuk memahami perilaku sosial yang mengenai bagaimana kita mengamati orang lain dan situasi sosial, bagaimana orang lain bereaksi terhadap kita dan bagaimana kita dipengaruhi oleh situasi sosial.

27 Pengertian Psikologi Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap

24. Gordon Allport (1985)

Pengertian psikologi sosial menurut Gordon Allport adalah ilmu pengetahuan yang berusaha memahami dan menjelaskan bagaimana pikiran, perasaan dan tingkah laku seseorang yang dipengaruhi oleh kehadiran orang lain, baik secara nyata atau aktual, dalam bayangan atau imajinasi dan dalam kehadiran yang tidak langsung (implied)

25. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian psikologi sosial menurut KBBI adalah studi yang memadukan sosilogi dan psikologi tentang aspek kejiwaan kehidupan masyarakat.

26. Kimball Young (1956)

Pengertian psikologi sosial menurut Kimball Young adalah studi tentang proses interaksi individu manusia

27. Gerungan

Pengertian psikologi sosial menurut Gerungan adalah ilmu jiwa yang menguraikan dan menerangkan kegiatan-kegiatan manusia dan khususnya kegiatan yang berhubungan dengan situasi-situasi sosial, tempat terjadinya interaksi sosial, asosiasi maupun hubungan timbal balik yang terjadi di antara individu di dalam masyarakat.

Demikianlah telah diulas tentang 27 Pengertian Psikologi Sosial Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap), semoga dengan adanya penjelasan tersebut menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung.

Daftar Isi