√ Pengertian Siswa Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Siswa Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Untuk pembahasan artikel kali ini kita akan membahas mengenai siswa. Tentu sudah sering kita dengar kata siswa karena disekolah seorang murid di sebut siswa dan siswi.

Untuk itu kita akan membahas mengenai siswa agar dapat mengerti arti yang sebenarnya dari siswa. Selama kita bersekolah dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah atas kita masih disebut siswa dan siswi, tetapi yang akan kita bahas adalah siswa. Untuk itu langsung saja kita mulai pembahasan di bawah ini.

Pengertian Siswa Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertiannya dengan seksama dibawah ini

Pengertian Siswa

Siswa adalah seorang pelajar ataupun murid yang sedang duduk dibangku sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan juga sekolah menengah atas. Seorang siswa dan siswi yang kemudian belajar agar bisa mendapatkan ilmu pengetahuan untuk dapat mencapai cita-citanya.

Seorang siswa adalah seorang anak yang sedang menempuh pendidikan dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas itulah yang disebut dengan siswa dan siswi.

Pengertian Siswa Menurut Para Ahli

Didalam sebuah teori tentu ada seseorang yang ikut andil didalamnya, untuk itu disini akan diterangkan pengertian menurut para ahli.

1. Kompas (1985)

Siswa adalah seorang pelajar yang duduk dimeja belajar dengan setrata sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas. Siswa dan siswi tersebut belajar agar bisa mendapatkan ilmu pengetahuan sehingga bisa mencapai pemahaman ilmu yang sudah didapatkan didunia pendidikan.

Siswa ataupun peserta didik ialah mereka yang secara khusus diserahkan oleh kedua orang tua mereka untuk dapat mengikuti pembelajaran yang diselenggarakan disekolah dan dengan tujuan supaya dapat menjadi manusia yang berilmu pengetahuan, memiliki ketrampilan, mempunyai pengalaman, memiliki kepribadian, dan berakhlak mulia serta mandiri.

2. Jawa Pos (1949)

Siswa merupakan organism yang unik yang berkembang sesuai dengan tahap-tahap perkembangannya. Perkembangan anak ialah perkembangan seluruh aspek dari kepribadiannya. Tetapi dengan tempo dan irama dari perkembangan masing-masing anak kepada setiap aspek tidaklah selalu sama.

Hal yang sama adalah siswa juga bisa dikatakan sebagai kelompok orang dengan usia tertentu yang belajar dengan baik secara kelompok ataupun perorangan. Siswa juga bisa dikatakan sebagai ataupun pelajar, ketika berbicara siswa tentu fikiran kita akan tertuju pada lingkungan sekolah, baik sekolah dasar ataupun menengah.

3. Wikipedia

Siswa merupakan anggota masyarakat yang berusaha meningkatkan potensi yang ada dari diri melalui proses pembelajaran pada jalur pendidikan. Baik dengan pendidikan formal ataupun nonformal, kepada jenjang pendidikan dan juga jenis pendidikan tertentu.

4. Kompas Gramedia (2005)

Siswa ialah komponen masukan didalam system pendidikan, yang kemudian diproses dalam proses pendidikan, sehingga menjadikan manusia yang berkualitas yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Pengertian Siswa Menurut Para Ahli Lengkap

5. Maslow

Adanya kebutuhan biologi, rasa aman, kasih sayang, harga diri, dan juga realisasi. Sedangkan menurut para ahli psikologi kognitif memahami anak didik atau murid, sebagai seorang manusia yang mendayungkan ranah kognitifnya semenjak berfungsinya kapasitas motor dan juga sensorinya piget (2003).

Sekian penjelasan yang bisa diberikan seputarpengetahuan mengenai Pengertian Siswa Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), siswa adalah seorang anak yang duduk di bangku sekolah dasar hingga kesekolah menengah pertama dan juga sekolah menengah atas. Dimana seorang pelajar atau siswa menimbah ilmu pengetahuan yang diberikan disekolah, semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi