24 Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

24 Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Dalam dunia pendidikan kita sering mengenal atau mendengar istilah “pembelajaran”. Pembelajaran tidak hanya berlaku dibangku sekolah saja, namun diluar lingkungan sekolah, pembelajaranpun berlaku dalam hal apapun.

Dimana yang kita ketahui tentang pembelajaran adalah sesuatu yang secara sengaja atau tidak sengaja yang diperoleh dari pengalaman untuk perubahan segala tingkah laku kearah yang lebih baik. Atau sebuah proses belajar dari pengalaman hidup yang berlaku untuk perbaikan diri.

24 Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Agar bisa memahami lebih jelasnya, mari kita simak berikut adalah pengertian dari pembelajaran yang dikemukakan oleh sebagian para ahli dibidangnya.

Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa ahli yang telah mendefinisikan mengenai pembelajaran, berikut ulasannya:

1. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas Pasal 1 Ayat 20

Pembelajaran yaitu suatu proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik serta sumber belajar yang berada dalam suatu lingkungan belajar.

2. Dimyati dan Mudjiono

Pembelajaran menurut pendapat yaitu aktivitas pendidik atau guru secara terprogram yang mana melalui desain instruksional supaya peserta didik bisa belajar secara aktif dan lebih menekankan terhadap sumber belajar yang disediakan.

3. Warsita

Warsita berpendapat bahwa pembelajaran yaitu suatu bentuk usaha agar membuat peserta didik mau untuk belajar atau suatu bentuk aktivitas guna mengajarkan peserta didik.

4. Sudjana

Pembelajaran menurut pendapat dari sudjana yaiut segala upaya yang sistematik yang sengaja untuk menciptakan kegiatan interaksi yang edukatif antara guru dan peserta didik.

5. Corey

Ia menjelakan bahwa pembelajaran yaitu suatu proses yang mana dalam lingkungan yang dilakukan secara sengaja dan dikelola untuk menghasilkan respon dalam situasi dan kondisi tertentu sebagai mana pembelajaran ini yaitu substansi dari pendidikan.

6. Trianto

Pembelajaran menurut pendapat dari yaitu suatu aspek dari kegiatan manusia secara kompleks yang mana tidak sepenuhnya dapat dijelaskan atau dijabarkan. lebih mudahnya, pembelajaran yaitu suatu produk dari interaksi yang berkelanjutan dengan pengembangan dan juga pengalaman. Secara umum, pembelajaran yaitu suatu usaha yang dilakukan secara sadar yang mana dilakukan oleh seorang pendidik guna mengajarkan peserta didiknya dengan memberikan arahan yang sesuai dengan sumber-sumber belajar lainnya guna mencapai sebuah tujuan yang diinginkan.

7. Slavin

Ia berpendapat bahwa Pembelajaran yaitu suatu perubahan tingkah laku dari seseorang individu yang dikarenakan oleh sebuah pengalaman.

8. Knowles

Ia menjealskan bahwa Pembelajaran yaitu salah satu cara untuk pengkoordinasian peserta didik dalam menggapai tujuan dari pendidikan.

9. Munif Chatib

Menurut pendapat dari Munif Chatib yang menjealskan bahwa Pembelajaran yaitu suatu proses transfer ilmu dari dua arah yaitu antara pendidik (sebagai sumber ilmu atau informasi) dan peserta didik (sebagai penerima informasi).

10. Syaiful Sagala

Beliau berpendapat bahwa Pembelajaran yaitu mengajarkan peserta didik dengan menggunakan atau menerapkan asas pendidikan maupun dengan teori belajar sebagai mana pembelajaran ini yaiu sebagai penentu terpenting dan utama dalam keberhasilan pendidikan.

11. Rahil Mahyuddin

Beliau menyatakan bahwa Pembelajaran yaitu suatu proses perubahan tingkah laku yang mana didalamnya ini melibatkan keterampilan keognitif yaitu penguasaan dalam ilmu serta perkembangan keterampilan yang intelek.

12. Achjar Chalil

Menurut pendapat dari Achjar Chalil pembelajaran yaitu suatu proses interaksi antara siswa dengan gurunya dan sumber belajar dalam lingkungan belajar.

13. Woolfolk

Disini ia berpandapat bahwa Pembelajaran dapat berlaku apabila sebuah pengalaman menghasilkan perubahan yang kekal pada tingkah laku dan juga pada pengetahuannya.

14. A. Kimble

Menurut pendapat dari kimble yang mana ia menjelaskan bahwa Pembelajaran yaitu suatu perubahan yang kekal secara relatif dalam upaya tingkah laku yang di akibatkan dari latihan yang diperkuat.

15. Oemar Hamalik

Menurut pendapat dari beliau yang menjelaskan baha Pembelajaran yaitu kombinasi yang tertata atas segala unsur manusiawi, perlengkapan, fasilitas, prosedur yang mana hal ini saling mempengaruhi guna mencapai tujuan dari pembelajaran. Beliau juga disini berpendapat bahwa terda[at tiga rumusan yang dianggap penting mengenai pembelajaran, yaitu:

  • Pembelajaran yaitu suatu upaya untuk mengorganisasikan lingkungan pendidikan guna menciptakan situasi serta kondisi belajar bagi siswa.
  • Pembelajaran yaitu sebuah upaya penting guna mempersiapkan siswa agar bisa menjadi warga masyarakat yang baik dan bisa diharapkan.
  • Pembelajaran yaitu suatu proses dalam membantu siswa guna menghadapi kehidupan maupun terjun di lingkungan masyarakat.

16. David Ausubel

Menurut pendapat dari beliau yang menjelaskan teori belajar yakni teori belajar bermakna, belajar bisa diklasifikasikan menjadi dua dimensi yaitu:

  • Dimensi yang ada hubungannya dengan cara informasi maupun materi pelajaran yang disajikan pada siswa melalui penerimaan atau penemuan.
  • Dimensi yang menyangkut dangan cara bagaimana siswa itu bisa mengabaikan informasi terhdap struktur kognitif yang ada, Struktur kognitif merupakan  fakta, konsep, serta generalisasinya yang sudah dipelajari dan diingat siswa.

17. G.A Kimbleg

Ia menjelaskan bahwa definisi dari Pembelajaran yaitu suatu perubahan kekal secara relatif dalam keupayaan kelakukan akibat latihan yang diperkukuh.

18. Briggs

Definisi Pembelajaran menurut pendapat dari briggs yaotu seperangkat peristiwa yang dapat mempengaruhi si belajar denga sedemikian rupa sehingga membuat si belajar itu mendapatkan kemudahan dalam berinteraksi berikutnya dengan lingkungan.

19. Komalasari (2013:3)

Beliau berpendapat bahwa desinisi dari Pembelajaran yaitu suatu sistem atau proses membelajarkan pembelajar yang direncanakan, dilaksanakan serta dievaluasi secara sistematis supaya pembelajar bisa mencapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien.

20. Syah (2010:215)

Difisini Pembelajaran menurut pendapat dari Syah yaitu upaya yang dilakukan seseorang supaya orang lain mau belajar.

21. Arifin (2010:10)

Beliau berpendapat bahwa Pembelajaran yaitu temasukd alam suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan sistemik yang mana sifatnya adalah interaktif dan komunikatif antara pendidik “guru” dengan siswa, sumber belajar, dan juga lingkungan guna menciptakan suatu kondisi yang mana hal ini memungkinkan untuk terjadinya tindakan belajar siswa.

15 Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli

22. Sanjaya (2011:13-14)

Disini sanjaya berpendapat bahwa Pembelajaran yaitu suatu sistem yang kompleks yang mana keberhasilannya ini bisa dilihat dari dua aspek yang merupakan dari aspek produk dan aspek proses. Keberhasilan dalam pembelajaran dapat dilihat dari sisi produk yaitu keberhasilan siswa terhadap hasil yang didapatkan dengan mengabaikan proses pembelajaran.

23. Crow & Crow

Mereka berpendapat bahwa Pembelajaran yaitu dalah pemerolehan tabiat, pengetahuan dan sikap.

24. Wikipedia

Dikutipp dari wiki pedia yang menjelaskan bahwa Pembelajaran yaitu suatu proses, cara, perbuatan yang menjadikan orang atau makhluk hidup belajar.

Demikian pembahasan kali ini mengenai 24 Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap). Semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembaca, Sekian terimakasih.