Pengertian Permainan Bahasa & Manfaat dalam Proses Pembelajaran

Pengertian Permainan Bahasa & Manfaat dalam Proses Pembelajaran – Dalam proses pembelajaran saat ini, banyak sekali pendidik yang menggunakan berbagai media untuk membangkitkan semangat anak didik, bahkan diharuskan untuk menggunakan alat peraga.

Adapun salah satu cara untuk menyampaikan materi bahasa baik itu bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Arab dapat menggunakan teknik permainan bahasa. Permainan tersebut tidak hanya sekedar permainan saja, akan tetapi mengandung edukatif bagi para pelakunya.

Nah, kali ini seputarpengetahuan.com akan membahas tentang apa itu permainan bahasa dan apa saja manfaatnya jika diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Pengertian Permainan Bahasa & Manfaat dalam Proses Pembelajaran

Mari kita bahas pengertian permainan bahasa terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Permainan Bahasa

Permainan merupakan hal yang sangat urgent dalam kehidupan manusia. Permainan merupakan suatu kegiatan untuk mendapatkan keterampilan tertentu dengan cara yang menyenangkan. Kata permainan sendiri berasal dari kata “main” yang artinya perbuatan untuk menyenangkan hati.

Menurut Jill Hadfield yang dikutip oleh Hasan Saefulloh menyatakan bahwa permainan bahasa dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah language games yang merupakan suatu aktivitas atau kegiatan yang memiliki aturan, tujuan & mengandung unsur-unsur hiburan yang menyenangkan.

Menurut Soeparno yang dikutip oleh Machmudah & Abdul Wahab Rosyidi, permainan bahasa ini memiliki tujuan ganda yakni mendapat kegembiraan dan juga untuk melatih keterampilan bahasa tertentu seperti kemampuan menyimak, mendengarkan, membaca, menulis maupun menambah penguasaan kosakata.

Didalam proses permainan bahasa ini, peserta didik akan terlibat langsung dalam pembelajaran yang aktif dengan melibatkan seluruh indera dan perasaan dengan semangat yang tinggi, karena didalamnya terdapat unsur-unsur hiburan dan persaingan yang sehat. Sangat tepat teknik ini diterapkan agar para peserta didik tidak merasa bosan.

Pengertian Permainan Bahasa & Manfaatnya Dalam Proses Pembelajaran

Manfaat Permainan Bahasa

Melalui permainan, seorang siswa akan belajar banyak tentang kehidupan, seperti belajar mandiri, berani bersaing, bersosialisasi, memiliki jiwa kepemimpinan, lebih percaya diri dan lain sebagainya. Adapun manfaat lainnya antara lain:

  • Dapat menghilangkan kejenuhan dan kebosanan peserta didik;
  • Menyingkirkan keseriusan yang dapat menghambat proses pembelajaran;
  • Mengajak keterlibatan para peserta didik dalam proses pembelajaran;
  • Menghilangkan stres dalam lingkungan sekolah atau didalam kelas;
  • Meningkatkan motivasi belajar peserta didik;
  • Membangun kreativitas diri;
  • Untuk mencapai tujuan pembelajaran;
  • Dapat memupuk rasa solidarita yang tinggi;
  • Bisa menumbuhkan kerjasama yang baik diantara peserta didik;
  • Dapat mendekatkan emosional antara sesama peserta didik, peserta didik pada pendidik dan pendidik kepada peserta didik.

Nah itulah pembahasan singkat mengenai Pengertian Permainan Bahasa & Manfaat dalam Proses Pembelajaran, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Sekian terimakasih.

Daftar Isi