Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru (Bahas Lengkap)

Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru (Bahas Lengkap) – Tenaga pendidik baik guru maupun dosen harus mengetahui dan memahami betapa pentingnya  melakukan penelaahan dan menyimak alasan-alasan yang melatarbelakangi keharusan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru maupun dosen. Adapun alasan-alasan tersebut diantaranya:

  • Pentingnya menghubungkan antara teori dengan praktek pendidikan sehari-hari.
  • Menanamkan rasa percaya diri dan kemandirian tenaga pengajar dalam proses pembelajaran.
  • Perlunya tenaga pendidik untuk meningkatkan profesional skillsnya.
  • Belajar dari pengalaman tenaga pendidik lain yang melakukan PTK.

Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru

Ada beberapa alasan mengapa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan suatu keharusan dan kebutuhan yang sangat penting bagi tenaga pendidik untuk meningkatkan profesional seorang pendidik. Alasan-alasan tersebut diantaranya:

Melatih dan membuat pendidik menjadi peka dan cepat tanggap terhadap dinamika pembelajaran dikelasnya. Seorang pendidik dapat menjadi reflektif dan kritis terhadap proses pembelajaran didalam kelas.

Mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan kuantitas proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas.

Pelaksanaan PTK dapat meningkatkan kinerja pendidik. Seorang pendidik tidak lagi merasa puas terhadap apa yang dikerjakan tanpa ada upaya perbaikan atau inovasi, namun juga sebagai peneliti dibidangnya.

PTK yang dilaksanakan oleh tenaga pendidik dapat memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran melalui suatu kajian yang dalam terhadap apa yang terjadi didalam kelasnya.

Pelaksanaan PTK tidak mengganggu tugas utama guru, karena ia tidak perlu meninggalkan kelasnya. PTK merupakan suatu kegiatan penelitian yang terintegrasi dengan pelaksanaan proses pembelajaran di kelas.

Dengan adanya PTK guru akan menjadi kreatif karena selalu dituntut untuk melakukan upaya-upaa inovasi sebagai penerapan dan adaptasi berbagai teori dan teknik pembelajaran serta bahan ajar yang dipakainya.

Penerapan PTK dalam pendidikan dan pembelajaran memiliki tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas praktek pembelajaran secara berkesinambungan sehingga meningkatkan mutu hasil instruksional; mengembangkan keterampilan guru; meningkatkan relevansi; meningkatkan efisiensi pengelolaan instruksional; serta menumbuhkan budaya meneliti pada pada komunitas tenaga pendidik.

PTK merupakan laporan dari kegiatan nyata yang dilakukan para guru dikelasnya dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran.

Dengan melakukan kegiatan PTK para guru telah melakukan salah satu tugasnya dalam kegiatan pengembangan profesi.

Pentingnya PTK Bagi Pendidik Dan Peserta Didik

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penting bagi memperbaiki dan meningkatkan profesi tenaga pendidik, juga penting bagi memperbaiki dan meningkatkan kualitas peserta didik sebagai berikut:

  • Memperbaiki dan meningkatkan kinerja belajar peserta didik di kelas, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih berkualitas dan bermutu.
  • Untuk Memperbaiki dan meningkatkan kualitas penggunaan media atau alat bantu belajar dan sumber belajar lainnya.
  • Memperbaiki dan meningkatkan kualitas prosedur dan alat evaluasi yang digunakan dalam mengukur proses dan hasil belajar peserta didik.
  • Memperbaiki dan meningkatkan kualitas penerapan kurikulum dan pengembangan kompetensi peserta didik dilingkungan pendidikan.

Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru

Keharusan Pendidik Melakukan PTK

Adapun keharusan guru atau dosen melakukan Penelitian Tindakan Kelas adalah sebagai berikut:

  • Tuntutan tugas dan kebutuhan pendidik dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran di kelas.
  • Kenaikan pangkat atau golongan (unsur pengembangan profesi).
  • Sertifikasi guru atau dosen.
  • Pengembangan karir.

Nah itulah pembahasan mengenai Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru (Bahas Lengkap), yang diambil dari sumber terpercaya dan akurat. Semoga bermanfaat. Terimakasih 🙂

Sumber: Dr. Iskandar, M.Pd. “Penelitian Tindakan Kelas”.

Baca juga :

Daftar Isi