24 Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Dalam dunia pendidikan kita sering mengenal atau mendengar istilah “pembelajaran”. Pembelajaran tidak hanya berlaku dibangku sekolah saja, namun diluar lingkungan sekolah, pembelajaranpun berlaku dalam hal apapun.
Dimana yang kita ketahui tentang pembelajaran adalah sesuatu yang secara sengaja atau tidak sengaja yang diperoleh dari pengalaman untuk perubahan segala tingkah laku kearah yang lebih baik. Atau sebuah proses belajar dari pengalaman hidup yang berlaku untuk perbaikan diri.
Daftar Isi
- 24 Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)
- Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli
- 1. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas Pasal 1 Ayat 20
- 2. Dimyati dan Mudjiono
- 3. Warsita
- 4. Sudjana
- 5. Corey
- 6. Trianto
- 7. Slavin
- 8. Knowles
- 9. Munif Chatib
- 10. Syaiful Sagala
- 11. Rahil Mahyuddin
- 12. Achjar Chalil
- 13. Woolfolk
- 14. A. Kimble
- 15. Oemar Hamalik
- 16. David Ausubel
- 17. G.A Kimbleg
- 18. Briggs
- 19. Komalasari (2013:3)
- 20. Syah (2010:215)
- 21. Arifin (2010:10)
- 22. Sanjaya (2011:13-14)
- 23. Crow & Crow
- 24. Wikipedia
- Share this:
- Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli
24 Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)
Untuk lebih jelasnya, mari kita simak berikut ini pengertian pembelajaran yang dikemukakan oleh sebagian para ahli dibidangnya.
Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli
Ada beberapa ahli yang sudah mendefinisikan pembelajaran, berikut ulasannya:
1. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas Pasal 1 Ayat 20
Pembelajaran merupakan sebuah proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar.
2. Dimyati dan Mudjiono
Pembelajaran merupakan aktivitas pendidik atau guru secara terprogram melalui desain instruksional agar peserta didik dapat belajar secara aktif dan lebih menekankan pada sumber belajar yang disediakan.
3. Warsita
Pembelajaran merupakan suatu bentuk usaha dalam membuat peserta didik agar mau belajar atau suatu bentuk aktivitas untuk membelajarkan peserta didik.
4. Sudjana
Pembelajaran ialah setiap upaya yang sistematik dan sengaja untuk menciptakan kegiatan interaksi yang edukatif antara guru dan peserta didik.
5. Corey
Pembelajaran merupakan proses dimana suatu lingkungan secara disengaja dikelola untuk menghasilkan respon terhadap situasi dan kondisi tertentu yang mana pembelajaran ini merupakan substansi dari pendidikan.
6. Trianto
Pembelajaran adalah salah satu aspek dari kegiatan manusia secara kompleks yang tidak sepenuhnya bisa dijelaskan atau dijabarkan. Secara lebih simpel, pembelajaran merupakan produk dari interaksi yang berkelanjutan antara pengembangan dan pengalaman. Secara umum, pembelajaran ialah usaha yang dilakukan secara sadar yang dilakukan seorang pendidik untuk membelajarkan peserta didiknya dengan memberikan arahan sesuai dengan sumber-sumber belajar lainnya untuk mencapai sebuah tujuan yang diinginkan.
7. Slavin
Pembelajaran merupakan perubahan tingkah laku seseorang individu yang disebabkan oleh sebuah pengalaman.
8. Knowles
Pembelajaran merupakan cara pengkoordinasian peserta didik untuk menggapai tujuan dari pendidikan.
9. Munif Chatib
Pembelajaran merupakan suatu proses transfer ilmu dari dua arah yakni antara pendidik (sebagai sumber ilmu atau informasi) dan peserta didik (sebagai penerima informasi).
10. Syaiful Sagala
Pembelajaran ialah membelajarkan peserta didik dengan menggunakan atau menerapkan asas pendidikan ataupun teori belajar yang mana pembelajaran merupakan penentu terpenting dan utama dalam keberhasilan pendidikan.
11. Rahil Mahyuddin
Pembelajaran merupakan sebuah proses perubahan tingkah laku yang didalamnya melibatkan keterampilan keognitifyakni penguasaan terhadap ilmu dan perkembangan keterampilan yang intelek.
12. Achjar Chalil
Pembelajaran ialah sebuah proses interaksi antara siswa dengan gurunya dan sumber belajar terhadap lingkungan belajar.
13. Woolfolk
Pembelajaran bisa berlaku jika sebuah pengalaman menghasilkan perubahan yang kekal dalam tingkah laku dan pengetahuannya.
14. A. Kimble
Pembelajaran adalah perubahan yang kekal secara relatif dalam upaya tingkah laku akibat dari latihan yang diperkuat.
15. Oemar Hamalik
Pembelajaran merupakan kombinasi yang tertata meliputi segala unsur manusiawi, perlengkapan, fasilitas, prosedur yang saling mempengaruhi dalam mencapai tujuan dari pembelajaran. Beliau mengemukakan tiga rumusan yang dianggap penting tentang pembelajaran, yaitu:
- Pembelajaran merupakan upaya dalam mengorganisasikan lingkungan pendidikan untuk menciptakan situasi dan kondisi belajar bagi siswa.
- Pembelajaran merupakan upaya penting dalam mempersiapkan siswa untuk menjadi warga masyarakat yang baik dan diharapkan.
- Pembelajaran merupakan proses dalam membantu siswa untuk menghadapi kehidupan atau terjun di lingkungan masyarakat.
16. David Ausubel
Menurutnya teori belajar yaitu teori belajar bermakna, belajar dapat diklasifikasikan dalam dua dimensi yaitu:
- Dimensi yang berhubungan dengan cara informasi atau materi pelajaran disajikan kepada siswa melalui penerimaan atau penemuan.
- Dimensi yang menyangkut cara bagaimana siswa dapat mengabaikan informasi pada struktur kognitif yang ada, Struktur kognitif adalah fakta, konsep, dan generalisasinya yang telah dipelajari dan diingat siswa.
17. G.A Kimbleg
Pembelajaran merupakan perubahan kekal secara relatif dalam keupayaan kelakukan akibat latihan yang diperkukuh.
18. Briggs
Pembelajaran merupakan seperangkat peristiwa yang mempengaruhi si belajar sedemikian rupa sehingga si belajar itu memperoleh kemudahan dalam berinteraksi berikutnya dengan lingkungan.
19. Komalasari (2013:3)
Pembelajaran merupakan suatu sistem atau proses membelajarkan pembelajar yang direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi secara sistematis agar pembelajar dapat mencapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien.
20. Syah (2010:215)
Pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan seseorang agara orang lain belajar.
21. Arifin (2010:10)
Pembelajaran merupakan suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan sistemik yang bersifat interaktif dan komunikatif antara pendidik “guru” dengan siswa, sumber belajar, dan lingkungan untuk menciptakan suatu kondisi yang memungkinkan terjadinya tindakan belajar siswa.
22. Sanjaya (2011:13-14)
Pembelajaran merupakan suatu sistem yang kompleks yang keberhasilannya dapat dilihat dari dua aspek yaitu aspek produk dan aspek proses. Keberhasilan pembelajaran dilihat dari sisi produk adalah keberhasilan siswa mengenai hasil yang diperoleh dengan mengabaikan proses pembelajaran.
23. Crow & Crow
Pembelajaran adalah pemerolehan tabiat, pengetahuan dan sikap.
24. Wikipedia
Pembelajaran adalah proses, cara, perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar.
Demikian pembahasan kali ini mengenai 24 Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap). Semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembaca, Sekian terimakasih.