23 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

23 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Dalam sebuah penelitian ada teknik dalam melakukan sebuah penelitian, salah satunya adalah teknik observasi. Apa yang dimaksud dengan observasi? Observasi merupakan salah satu teknik atau metode dalam mengumpulkan data untuk keperluan penelitian ilmiah. Untuk lebih jelasnya, dalam pembahasan berikut ini akan dijelaskan ragam pengertiannya oleh para ahli.

23 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas lengkap disini mengenai observasi

Pengertian Observasi

Observasimempunyai beragam pengertian, akan tetapi intinya tetap sebuah pengamatan untuk melakukan sebuah penelitian. Terdapat pula definisi dari observasi menurut para ahli diantaranya yaitu:

1. Sutrisno Hadi

Menurut pendapat dari sutrino had behwa Observasi yaitu proses yang sangat kompleks, yang mana tersusun atas berbagai proses biologis serta psikologis. Yang terpenting dari keduanya yaitu proses-proses ingatan dan proses pengamatan.

2. Nawawi & Martini

Mereka menjelaskan bahwa definisi dari observasi yaitu pengamatan serta pencatatan yang sistematik dan terdiri atas unsur-unsur yang muncul pada suatu gejala-gejala yang terdapat pada objek penelitian. Hasil nantinya akan dilaporkan pada sebuah laporan yang tersusun secara sistematis yang sesuai dengan aturannya.

3. Prof. Heru

Belaiau berpendapat bahwa observasi merupakan sebagai studi yang dilaksanakan dengan sengaja, terarah, sistematis, serta terencana dan sesuai tujuan yang akan dicapai dengan mengamati serta mencatat seluruh kejadian dan juga fenomena yang terjadi dan mengacu terhdap syarat dan aturan dalam penelitian atau karya ilmiah. Hasil observasi ilmiah, dijelaskan secara terperinci, tepat dan akurat, serta tidak diperbolehkan untuk menambabah maupun mengurani dan dibuat-buat sesuai keinginan peneliti.

4. Hanna Djumhana

Menurut pendapat dari hanna djumhana bahwa observasi merupakan sebagai salah satu metode ilmiah yang mana sampai detik ini masih menjadi tempat utama dalam ilmu pengetahuan empiris, serta masih diakui dalam dunia penelitiaan karya ilmiah yang mana sebagai salah satu metode yang banyak diterpkan untuk pengumpulan data.

5. Patton

Disini patton menyatakan pendpatnya bahwa observasi yaitu termsauk dalam salah satu metode yang akurat dan juga mudah untuk melakukan pengumpulan data yang tujuannya untuk mencari tahu serta memahami segala kegiatan yang berlangsung yang menjadi objek kajian dalam penelitiannya.

Baca Juga:  √ 4 Jenis Penelitian Tindakan Kelas Dan Penjelasannya (Lengkap)

6. Sudjana

Ia berpendapat bahwa definisi dari observasi yaitu salah satu alat penilaian yang banyak dipakai untuk mengukur proses serta tingkah laku individu dalam sebuah kegiatan yang dapat diamati. Jadi, bisa dibilang bahwa observasi mampu untuk mengukur serta menilai hasil dari proses belajar mengajar, sebagai contoh yaitu mengamati tingkah laku siswa ketika sedang belajar di dalam kelas, mengamati tingkah laku guru ketika sedang mengajar, kegiatan-kegiatan yang dilakukan siswa di dalam kelas,dan lain sebagainya.

7. Suharsimi Arikunto

Beliau berpendapay bahwa Observasi yaiyu suatu pengamatan langsung kepada lingkungan fisiknya maupun pengamatan secara langsung dalam suatu aktifitas yang sedang berlangsung atau berjalan yang terdiri atas seluruh aktifitas perhatian kepada suatu kajian objek yang memakai alat indranya. Atau usaha yang dilaksanakan secara sengaja dan juga sadar guna mengumpulkan data serta dilakukannya dengan cara yang sistematis dan sesuai prosedurnya.

8. Burhan

Penegrtian dari Observasi yaitu suatu kemampuan dari seseorang dalam memakai pengamatannya yang melalui hasil kerja dari salah satu pancaindra yaiut mata yang dibantu dengan pancaindra lainnya.

9. Karl Welck

Menurut pendapat dari karl welck yang menyatakan bahwa observasi yaitu pencatatan, pemilihan, pengkodean, pengubahan oleh serangkaian tingkah laku serta suasana yang ada kaitannya dengan organisasi yang sesuai dengan tujuan-tujuan empirisnya. Menurut Arikunto, bahwa observasi yaitu suatu usaha yang dilakukan secara sadar untuk mengumpulkan data yang dilakukan dengan sistematis dan prosedur standar.

10. Kartono

Menurut kartono bahwa Observasi yaitu suatu studi yang dilaksanakan secara sengaja dan sistematis mengenai fenomena maupun kejadian sosial dan berbagai gejala psikis yang mana melalui pengamatan dan pencatatan.

11. Sugiyono

Beliau berpendapat bahwa observasi dalam arti sederhana yaitu suatu proses penelitian yang melihat situasi dan juga kondisi penelitian. Teknik observasi ini sangat relevan apabila dipakai sebagai penelitian tindakan kelas maupun PTK yang terdiri atas pengamatan kepada proses pembelajaran, sikap serta tingkah laku siswa dan interaksi antara siswa dengan siswa lainnya serta siswa dengan gurunya.

12. Gibson, RL & Mitchell. MH

Mereka menjelaskan bahwa Observasi yaitu suatu teknik yang bisa dimanfaatkan guna memilah-milah derajat untuk mengambil keputusan serta konklusi mengenai orang lain yang diamati, walaupun observasi ini tidak dapat berdiri sendiri, perlu dilengkapi dengan penggunaan metode lainnya untuk penilaian.

13. Gall dkk

Mereka bependapat bahwa Observasi yaitu salah satu metode pengumpulan data yang mana dilakukan dengan melakukan pengamatan kepada perilaku serta lingkungan, baik itu sosial serta material individu maupun kelompok yang diamati.

Baca Juga:  Pengertian Metode Pembelajaran : Ciri, Tujuan, Jenis dan Pembahasannya

14. KBBI

Dikutip dari KBBi bahwa definisi dai Observasi yaitu suatu pengamatan atau peninjauan yang dilakukan secara cermat.

15. Alwasih

Beliau berpendapat bahwa Observasi yaitu suatu penelitian maupun pengamatan sistematis yang terencana dan diniati agar mendapatkan data yang dikontrol validitas serta realibitasnya.

16. Nasution

Disini Nasution menjelaskan bahwa Observasi yaitu dasar dari semua ilmu pengetahuan. Para ilmuan hanya bisa bekerja berdasarkan data, yang merupakan fakta tentang dunia kenyataan yang didapatkan melalui observasi.

17. Syaodih

Menurut pendapat dari Syaodih yang menyatakan bahwa Observasi merupakan suatu teknik yang dipakai maupun suatu cara yang dipakai guna mengumpulkan data dengan jalan mengadakan pengamatan kepada suatu kegiatan yang telah berlangsung.

18. Margono

Menurut pendapat dari marogono bahwa Observasi yaitu suatu pengamatan serta pencatatan yang dilakukan secara sistematik terhadap gejala yang terlihat pada objek penelitian.

19. Bungin

Ia menyatakan bahwa Observasi yaitu suatu metode pengumpulan data yang dipakai guna menghimpun data penelitian yang dilakukan  melalui pengamatan dan pengindraan.

20. Kartini Kartono

Beliau menyatakan pendapatnya bahwa Observasi yaitu suatu pengujian yang bermaksud atau tujuan tertentu tentang sesuatu, khususnya dengan tujuan guna mengumpulkan fakta, satu skor atau nilai, satu verbalisasi maupun pengungkapan dengan kata – kata segala sesuatu yang sudah diamati.

13 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli Lengkap

21. Prof. Dr. Sofyan S. Willis

Menurut pendapat beliau bawhwa definisi dari  Observasi merupakan suatu pengamatan yang dilakukan secara partisipan serta non – partisipan. Metode partisipan ini mengharuskan peneliti untuk terlibat di dalam kegiatan anak – anak dan remaja. Sedangkan pada metode non – partisipan yang mana hanya mengamati dari luar, tidak perlu terlibat.

22. Prof. Dr. Bimo Walgito

Menurut pendapat beliau yang menyatakan bahwa Observasi merupakan penelitian yang dilakukan secara sistematis dan juga disengaja diadakan dengan memanfaatkan alat indra (terutama mata) dari kejadian–kejadian yang langsung bisa ditangkap pada waktu kejadian berlangsung.

23. Supriyati (2011:46)

Beliau mengungkapkan bahwa Observasi yaitu salah satu cara dalam mengumpulkan data penelitian yang sifat dasarnya naturalistik yang berlangsung dalam konteks natural, pelakunya berpartisipasi secara wajar dalam interaksi.

Demikianlah penjelasan singkat dari beberapa para ahli dalam artikel tentang 23 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Sekian terimakasih 🙂

Leave a Reply