16 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

16 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Setiap manusia yang hidup dan berakal sehat pasti membutuhkan pembelajaran dalam menjalani proses kehidupannya. Dalam pembelajaran tersebut, berarti manusia telah belajar.

16 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Dalam kesempatan ini, seputarpengetahuan.com akan membahas tentang pengertian belajar menurut para ahli.

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Pada umumnya, kata “belajar” banyak digunakan dalam lingkungan pendidikan. Berikut pembahasan dari pengertian belajar yang dikemukakan oleh para ahli.

1. Wikipedia

Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya suatu interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia telah dapat menunjukkan perubahan perilakunya.

2. KBBI

Belajar ialah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu.

3. Abdillah (2002)

Mengatakan belajar sebagai suatu usaha sadar yang dilakukan oleh individu dalam perubahan tingkah laku, baik melalui latihan atau pengalaman yang menyangkut aspek-aspek kognitif, afektif dan psikomotorik untuk memperoleh tujuan tertentu.

4. Dimyati & Mudjiono (2006)

Belajar ialah suatu proses internal yang kompleks. Yang terlibat dalam proses internal tersebut diantaranya meliputi unsur afektif (berkaitan dengan sikap, nilai-nilai, ketertarikan, apresiasi, dan penyesuaian perasaan sosial).

5. Slameto (2003)

Menjelaskan bahwa belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru secara menyeluruh, sebagai hasil dari pengalamannya sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya.

6. Muhibbin

Menyatakan bahwa belajar merupakan suatu kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan setiap jenis dan jenjang pendidikan.

7. Djamarah (2002)

Mendefinisikan belajar sebagai suatu aktivitas yang dilakukan dengan melibatkan dua unsur yakni jiwa dan raga. Gerak raga yang ditunjukan harus sejalan dengan proses jiwa untuk mendapatkan suatu perubahan. Dan perubahan yang diperoleh itu bukan perubahan fisik, melainkan perubahan jiwa dengan sebab masuknya kesan-kesan yang baru. Perubahan tersebut merupakan hasil dari proses belajar.

8. Sudjana (2010)

Menyatakan bahwa belajar ialah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Adapun perubahan hasil proses belajar dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti: penambahan pengetahuan, pemahaman, sikap dan tingkah laku, kecakapan, kebiasaan serta perubahan aspek-aspek lainnya yang ada pada individu-individu yang belajar.

9. Lisnawaty Simanjuntak (1998)

Berpendapat bahwa belajar merupakan perubahan yang relatif menetap dalam potensi tingkah laku yang terjadi sebagai akibat dari latihan dengan penguatan yang tidak termasuk perubahan-perubahan karena kematangan, kelelahan dan kerasukan pada susunan syaraf atau dengan kata lain mengetahui dan memahami sesuatu sehingga terjadi suatu perubahan dalam diri seseorang yang belajar.

10. Ernest R. Hilgard (2001)

Menjelaskan bahwa belajar merupakan sebuah proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang dapat menimbulkan perubahan dan keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh hal lainnya.

11. Gagne (2007)

Mendefinisikan belajar sebagai suatu proses dimana perilaku suatu organisme berubah akibat adanya suatu pengalaman.

12. Winkel

Mengemukakan kata belajar sebagai aktivitas mental maupun psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang dapt menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.

13. Morgan

Mengemukakan belajar sebagai salah satu yang relatif tetap dari tingkah laku sebagai akibat dari pengalaman.

16 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli Terlengkap

14. Vernon S. Gerlach & Donald P. Ely

Mengemukakan belajar sebagai perubahan perilaku, sedangkan perilaku itu adalah tindakan yang dapat diamati. Dengan kata lain perilaku adalah suatu tindakan yang dapat diamati atau hasil yang diakibatkan oleh tindakan atau beberapa tindakan yang dapat diamati.

15. Gerow

Menyatakan bahwa belajar itu ditunjukkan dengan perubahan yang relatif permanen dalam perilaku yang terjadi sebagai hasil dari praktek atau pengalaman.

16. Hilgrad & Bower

Menyatakan bahwa, belajar adalah cara memperoleh pengetahuan atau menguasai pengetahuan melalui pengalaman pribadi, mengingat, menguasai pengalaman dan mendapatkan atau menemukan informasi.

Jadi kesimpulannya adalah: Belajar merupakan suatu bentuk kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh suatu perubahan, baik perubahan sikap, tingkah laku, pola pikir, dan proses penambahan ilmu pengetahuan. Belajar ini dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja dan tak terbatas oleh waktu. Dapat pula diperoleh di bangku sekolah, pengalaman pribadi, buku-buku maupun media lainnya.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang 16 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi pembaca semua. Sekian terimakasih 🙂

Baca juga:

Daftar Isi