√ 26 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

26 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Sosialisasi. Penjelasan yang berdasarkan pendapat para ahli yang akan dibahas dengan lengkap dan mudah dipahami.

26 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Untuk itu silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli

Dibawah ini adalah definisi sosialisasi menurut ahlinya.

1. David B. Brinkerhoft Dan Lynn K.White

Pengertian Sosialisasi menurut David B. Brinkerhoft Dan Lynn K White adalah suatu proses belajar peran, status dan nilai yang diperlukan untuk partisipasinya dalam institusi sosial.

2. James. W. Vander Zanden

Pengertian Sosialisasi menurut James. W. Vander Zanden adalah proses interaksi sosial dimana orang memperoleh pengetahuan, nilai, sikap dan perilaku esensial untuk berpartisipasi secara efektif dalam masyarakat.

3. David Gaslin

Pengertian Sosialisasi menurut David Gaslin adalah proses belajar yang dialami seseorang untuk memperoleh pengetahuan tentang nilai dan norma-norma agar ia dapat berpartisipasi sebagai anggota kelompok masyarakat.

4. John C. Macionis

Pengertian Sosialisasi menurut John C. Macionis adalah pengalaman sosial seumur hidup dimana individu dapat mengembangkan potensinya dan mempelajari pola-pola kehidupan.

5. Nursal Luth

Pengertian Sosialisasi menurut Nursal Luth adlaah suatu proses ketika individu menerima dan menyesuaikan diri dengan masyarakat.

6. Jack Levin Dan James L. Spates

Pengertian Sosialisasi menurut Jack Levin dan James L. Spates adalah proses pewarisan dan pelembagaan kebudayaan ke dalam kepribadian individu.

7. Edward Shils

Pengertian Sosialisasi menurut Edward Shils adalah proses sosial yang dijalankan seseorang atau sepanjang umu perlu dilalui seorang individu untuk menjadi seorang anggota kelompok dan masyarakat melalui pembejalaran kebudayaan dari kelompk dan masyarakat itu.

8. Sukandar Wiraatmaja

Pengertian Sosialisasi menurut Sukandar Wiraatmaja adalah proses belajar mulai bayi untuk mengenal dan memperoleh sikap, pengertian, gagasan dan pola tingkah laku yang disetujui oleh masyarakat.

9. Wright Wright

Pengertian Sosialisasi menurut Wright Wright adalah proses ketika individu mendapatkan kebudayaan kelompoknya dan menginternalisasikan “sampai tingkat tertentu” norma-norma sosialnya, sehingga membimbing orang itu untuk memperhitungkan harapan-harapan orang lain.

10. Prof. Dr. Nasution, S.H.

Pengertian Sosialisasi menurut Prof. Dr. Nasution, S.H. adalah proses membimbing individu ke dalam dunia sosial “sebagai warga masyarakat yang dewasa”

11. Paul B. Horton

Pengertian Sosialisasi menurut Paul B. Horton adalah suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarkat tempat tinggalnya sehingga akan membentuk kepribadiannya.

12. Giddens

Pengertian Sosialisasi menurut Giddens adalah sebuah prose yang terjadi ketika seorang bayi yang lemah berkembang secara aktif melalui tahap demi tahap sampai akhirnya menjadi pribadi yang sadaar akan dirinya sendiri pribadi yang berpengetahuan dan terampil akan cara hidupnya dalam kebudayaan tempat ia tinggal.

13. Bruce J. Cohen

Pengertian Sosialisasi menurut Bruce J. Cohen adalah proses-proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakat untuk memperoleh kepribadian dan membangun kepastiannya agar berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggota.

14. Ritcher JR

Pengertian Sosialisasi menurut Ritcher JR adalah proses seseorang memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlakukannya agar dapat berfungsi sebagai orang dewasa dan sekaligus sebagai pemeran aktif dalam suatu kedudukan atau peranan tertentu di masyarakat.

15. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian Sosialisasi menurut KBBI adalah suatu proses belajar seseorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati kebudayaan masyarakat di lingkungannya.

16. Robert M.Z. Lawang

Pengertian Sosialisasi menurut Robert M.Z. Lawang adalah proses mempelajari norma, nilai, peran dan semua persyaratan lainnya yang diperlukan untuk memungkinkan partisipasi yang efektif dalam kehidupan sosial.

17. Irvin L. Child

Pengertian Sosialisasi menurut Irvin L. Child adalah segenap proses yang menuntut individu mengembangkan potensi tingkah laku aktualnya yang diyakini kebenarannya dan telah menjadi kebiasaan serta sesuai dengan standar dari kelompoknya.

18. Karel J. Veeger

Pengertian Sosialisasi menurut Karel J. Veeger adalah suatu proses belajar mengajar.

19. Koentjaraningrat

Pengertian Sosialisasi menurut Koentjaraningrat adalah seluruh proses dimana seorang individu sejak masa kanak-kanak sampai dewasa berkembang, berhubungan, mengenal dan menyesuaikan diri dengan individu-individu lain yang hidup dalam masyarakat sekitarnya.

20. Horton Dan Hunt

Pengertian Sosialisasi menurut Horton dan Hunt adalah proses dimana seseoaran menginternalisasikan norma-norma kelompok tempat ia hidup sehingga berkembang menjadi satu pribadi yang unik.

21. Charlotte Buhler

Pengertian Sosialisasi menurut Charlotter Buhler adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri terhadap bagaimana cara hidup dan bagaimana cara berpikir kelompknya, agar ia dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya.

22. Stewart

Pengertian Sosialisasi menurut Stewart adalah prose memperoleh kepercayaan, sikap, nilai dan kebiasaan dalam kebudayaannya.

26 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli

23. Peter L. Berger

Pengertian Sosialisasi menurut Peter L. Berger adalah proses pada seorang anak yang sedang belajar menjadi anggota masyarakat. Adapun yang dipelajarinya adalah peranan pola hidup dalam masyarakat yang sesuai dengan nilai dan norma-norma maupun kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat.

24. Broom dan Selznic

Pengertian Sosialisasi menurut Broom dan Selznic adalah proses membangun atau menanamkan nilai-nilai kelompok pada diri seseorang.

25. Soerjono Soekanto

Pengertian Sosialisasi menurut Soerjono Soekanto adalah proses sosial tempat seorang individu mendapatkan pembentukan sikap untuk berperilaku yang sesuai dengan perilaku orang-orang di sekitarnya.

26. Wikipedia

Pengertian Sosialisasi menurut Wikipedia adalah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 26 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung

Daftar Isi