√ 19 Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli (Lengkap)

19 Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Sosialisasi Politik yang dikemukan oleh beberapa ahli dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

19 Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli (Lengkap)

Sosialisasi politik merupakan salah satu komponen penting dari sebuah sistem politik karena dengan adanya sosialisasi politik maka seseorang individu dapat mempelajari politik baik secara disadari maupun tidak disadari oleh masing-masing individu tersebut.

Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli

Definisi sosialisasi politik yang lain adalah proses yang mana orang belajar mengenai politik dan mengembangkan orientasi pada politik. Sosialisasi politik sifatnya laten dan manifes.

Sosialisasi politik laten berlangsung dalam transmisi informasi, nilai atua perasaan kepada peran, input maupun output sistem sosial (seperti keluarga) yang mempengaruhi sikap kepada peraan, input, dan output sistem politik. Kemudian sosialisasi politik manifes berlangsung dalam bentuk transmisi informasi, nilai atau perasaan kepada peran, input, dan output sistem politik.

1. Richard E. Dawson

Definisi Sosalisasi Politik menurut Richard E. Dawson adalah suatu warisan. Artinya warisan disini dalam bentu pengetahuan, nilai-nilai, pandangan dan sarana politik kepada warga negara yang baru atau bagi mereka yang telah usianya dewasa.

2. Danis Kavanagh

Definisi Sosalisasi Politik menurut Danis Kavanagh adalah suatu proses dimana seseoragn belajar untuk menumbuhkan pandangan politiknya.

3. Hyman

Definisi Sosalisasi Politik menurut Hyman adalah proses belajar yang berlangsung secara terus-menerus serta melibatkan emosional (emotional learning) dan indoktrinasi politik yang manifes. Proses belajar ini didasarkan pada partisipasi dan pengalaman individu yang menjalani proses belajar tersebut.

4. Kenneth P. Langton

Definisi Sosalisasi Politik menurut Kenneth P. Langton adalah suatu cara oleh masyarakat untuk meneruskan budaya politik yang dimilikinya.

5. David F. Aberlee

Definisi Sosalisasi Politik menurut David F. Aberlee adalah suatu pola yang menunjukkan aksi sosial atau segala aspek tingkah laku dimana pola ini ditanamkan kepada individu baik untuk keterampilan, ilmu pengetahuan, motif maupun sikap yang perlu ditampilkan secara berkelanjutan dalam kehidupan manusia sejauh peranan yang baru masih harus dipelajari.

6. Miriam Budiarjo

Definisi Sosalisasi Politik menurut Miriam Budiarjo adalah sarana bagi partai politik untuk mengenalkan nilai dan norma yang dianut oleh partai politik tersebut secara berkesinambungan, agar nilai dan norma tersebut terus dikenal dan dianut oleh setiap generasi.

7. Ramlan Surbakti

Definisi Sosalisasi Politik menurut Ramlam Surbakti adalah suatu proses pembentukan sikap dan orientasi politik para anggota masyrakat. Melalui proses sosialisasi politik inilah para masyarakat memperoleh sikap dan orientasi terhadap kehidupan politik yang berlangsung dalam masyarakat.

8. Alfian

Definisi Sosalisasi Politik menurut Alfian adalah suatu proses dimana anggota masyarakat mengenal, memahami, menghayati nilai-nilai politik tertentu yang oleh karena itu mempengaruhi sikap dan tingkah laku politik sehari-hari.

9. M. Natsir

Definisi Sosalisasi Politik menurut M. Natsir adalah lebih ditekankan pada aspek pembinaan warga negara ke arah kehidupan dan cara berpikir yang sesuai dengan pola ditentukan oleh partai.

10. Kweit

Definisi Sosalisasi Politik menurut Kweit adalah suatu proses melalui mana individu belajar tentang politik.

11. Irvin L. Child

Definisi Sosalisasi Politik menurut Irvin L. Child adalah segenap proses yang ditempuh oleh suatu individu yang dilahirkan dari berbagai potensi tingkah laku. Selain itu, individu tersebut juga dituntut untuk mengembangkan tingkah lakunya secara nyata sehingga menjadi kebiasaan dan dapat diterima berdasarkan standar kelompok yang telah ditetapkan.

12. David Easton dan Jack Dennis

Definisi Sosalisasi Politik menurut David Easton dan Jack Dennis adalah suatu proses perkembangan seseorang untuk mendapatkan orientasi-orientasi politik dan pola-pola tingkah lakunya.

13. S. N. Eisentadt

Definisi Sosalisasi Politik menurut S.N. Eisentadt adalah suatu komunikasi dengan dan dipelajari oleh manusia. Komunikasi ini terjadi oleh manusia satu terhadap manusia yuang lainnya yang berlangsung secara bertahap dan membentuk hubungan antara relasi umum.

14. Michael Rush dan Philip Althof

Definisi Sosalisasi Politik menurut Michael Rush dan Philip Althof adalah suatu proses bagaimana memperkenalkan sistem politik pada seseorang. Tidak hanya memperkenalkan saja tetapi juga bagaimana orang tersebut menentukan tanggapan serta reaksinya terhadap gejala politik yang ada.

15. Rihard E. Dawson (1992)

Definisi Sosalisasi Politik menurut Richard E. Dawson adalah pewarisan pengetahuan, nilai dan pandangan politik dari orang tua, guru, dan sarana sosialisasi lainnya kepada warga negara baru dan mereka yang menginjak dewasa.

Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli

16. Kenneth P. Langton (1969)

Definisi Sosalisasi Politik menurut Kenneth P. Langton adalah suatu cara masyarakat meneruskan kebudayaan politik yang telah mengakar dan mendarah daging di negaranya.

17. Romlan Surbakti (1992)

Definisi Sosalisasi Politik menurut Romlan Surbakti adalah proses pembentukan sikap dan orientasi politk anggota masyarakat.

18. Gabriel Almond (2000)

Definisi Sosalisasi Politik menurut Gabriel Almond adalah proses tempat sikap dan pola tingkah laku politik diperoleh atau dibentuk. Sosialisasi politik juga yaitu sarana bagi suatu generasi untuk menyampaikan patokan politik dan keyakinan politik pada generasi berikutnya.

19. Efriza (2012: 17)

Definisi Sosalisasi Politik menurut Efriza adalah bagian dari suatu proses sosial. Sosialisasi yaitu suatu kegiatan pengajaran dan pendidikan yang dilakukan individu atau suatu kelompok kepada individu atau kelompok lainnya yang berlangsung secara alamiah.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 19 Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi