9 Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli & Penyebabnya (Lengkap)

9 Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli & Penyebabnya (Lengkap) – Tidak bisa kita pungkiri bahwa kemiskinan memang susah untuk di elakkan, bahkan di zaman sekarang dimana teknologi sudah sangat berperan dalam proses kelangsungan hidup kita. Dengan teknologi kita bisa melakukan apa saja dengan mudah.

Teknologi juga bisa kita manfaatkan untuk menyambung hidup, seperti berdagang, menjual jasa dan lain-lain. tapi faktanya dengan segala kemudahan yang bisa kita gunakan masih banyak saja yang tidak mengerti, tidak bisa memanfaatkan bahkan sampai ada yang tidak mengetahuinya. Hal itu lah yang memicu kita menjadi seorang yang tidak bisa memiliki sesuatu yang nantinya cenderung akan mengalami kemiskinan.

9 Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli & Penyebabnya (Lengkap)

Berbicara tentang kemiskinan, kita mungkin sudah mengetahui bagaimana keadaannya. Tapi tahukah anda apa sebenarnya definisi dari kemiskinan tersebut? Bagaimana para ahli mendefinisikannya? Untuk lebih jelasnya mari kita ulas dengan lengkap disini.

Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli

1. BAPPENAS

Kemiskinan adalah situasi serba kekurangan karena keadaan yang tidak dapat dihindari oleh seseorang dengan kekuatan yang dimilikinya.

2. Reitsma dan Kleinpenning

Kemiskinan adalah ketidakmampuan individu untuk memenuhi kebutuhannya, baik yang bersifat material maupun non-material.

3. Suparlan

Kemiskinan adalah standar tingkat hidup yang rendah karena kekurangan materi pada sejumlah atau golongan orang bila dibandingkan dengan standar kehidupan yang berlaku di masyarakat sekitarnya.

4. Friedman

Kemiskinan adalah ketidaksamaan kesempatan untuk memformulasikan kekuasaan sosial berupa asset, sumber keuangan, organisasi sosial politik, jaringan sosial, barang atau jasa, pengetahuan dan keterampilan, serta informasi.

5. Faturachman dan Marcelinus Molo

Kemiskinan adalah ketidakmampuan seseorang atau beberapa orang (rumah tangga) untuk memenuhi kebutuhan dasarnya.

6. Ellis

Kemiskinan adalah sebuah gejala multidimensional yang bisa dikaji dari dimensi ekonomi dan sosial politik.

7. Levitan

Kemiskinan adalah kekurangan barang dan pelayanan yang dibutuhkan untuk mencapai standar hidup yang layak.

8. Hall dan Midgley

Menyatakan kemiskinan dapat didefenisikan sebagai kondisi deprivasi materi dan sosial yang menyebabkan individu hidup di bawah standar kehidupan yang layak, atau kondisi di mana individu mengalami deprivasi relatif dibandingkan dengan individu yang lainnya dalam masyarakat.

9. Syaifuddin

Membagi cara berpikir yang memandang kemiskinan sebagai gejala absolut dan sebagai gejala relatif. Cara berfikir (model) mengenai kemiskinan sebagai gejala absolut memandang kemiskinan sebagai kondisi serba berkekurangan materi, hanya memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki sarana untuk mendukung kehidupan sendiri. Cara pandang relativistik ini terdiri atas dua cara pandang, yakni cara pandang (model) kebudayaan, dan cara pandang (model) Structural.

Penyebab Kemiskinan

Adapun yang kerap menjadi penyebab kemiskinan pada umumnya antara lain:

Pengangguran

Semakin banyak pengangguran, semakin banyak pula orang-orang miskin yang ada di sekitar. Karena pengangguran atau orang yang menganggur tidak bisa mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Padahal kebutuhan setiap manusia itu semakin hari semakin bertambah. Selain itu pengangguran juga menimbulkan dampak yang merugikan bagi masyarakat, yaitu pengangguran dapat menjadikan orang biasa menjadi pencuri, perampok, dan pengemis yang akan meresahkan masyarakat sekitar.

Tingkat pendidikan yang rendah

Tidak adanya keterampilan, ilmu pengetahuan, dan wawasan yang lebih,  masyarakat tidak akan mampu memperbaiki hidupnya menjadi lebih baik. Karena dengan pendidikan masyarakat bisa mengerti dan memahami bagaimana cara untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi kehidupan manusia. Dengan belajar, orang yang semula tidak bisa menjadi bisa, salah menjadi benar, dsb. Maka dengan tingkat pendidikan yang rendah masyarakat akan dekat dengan kemiskinan.

9 Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli Dan Penyebabnya Lengkap

Bencana Alam

Banjir, tanah longsor, gunung meletus, dan tsunami menyebabkan gagalnya panen para petani, sehingga tidak ada bahan makanan untuk dikonsumsi dan dijual kepada penadah atau koperasi. Kesulitan bahan makanan dan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidak dapat terpenuhi.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai 9 Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli & Penyebabnya (Lengkap), semoga dengan pembahasan ini kita dapat mengurangi angka kemiskinan di Tanah Air kita tercinta ini yakni Indonesia. Semoga bermanfaat dan terimakasih 🙂

Baca juga:

Daftar Isi