√ Pengertian Gejala Sosial, Jenis, Faktor Penyebab, Dampak & Contohnya

Pengertian Gejala Sosial, Jenis, Faktor Penyebab, Dampak & Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang gejala sosial. Yang meliputi pengertian gejala sosial, jenis-jenis gejala sosial, faktor penyebab, dampak dan contoh gejala sosial yang dibahas dengan lengkap dan ringan.

Pengertian Gejala Sosial, Jenis, Faktor Penyebab, Dampak & Contohnya

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Gejala Sosial

Gejala sosial merupakan masalah sosial yang menjadi pengaruh dan dipengaruhi oleh perilaku manusia didalam kehiduap bermasyarakat. Gejala sosial bisa diartikan pula sebagai fenomena sosial. Munculnya fenomena sosial tersebut diawali dari adanya perubahan sosial. Perubahan sosial yang tidak dapat dihindari tetapi sangat penting mengantisipasi.

Pengertian gejala sosail bisa juga di artikan sebagai suatu kejadian yang biasa terjadi pada lapisan masyarakat baik masyarakat tradisional ataupun masyarakat modern.

Jenis-jenis Gejala Sosial

Jenis-jenis atau macam-macam gejala sosial adalah sebagai berikut:

Ekonomi

Ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pendapatan. Tingkat pendapatan yang dimiliki setiap individu dapat mengakibatkan gejala sosial didalam masyarakat. Melihat dari aspek ekonomi, gejala sosial sangat berhubungan dengan perekonomian masyarakat. Apabila ada seseorang yang kurang bisa mencukupi kebutuhan, maka akan terjadi beberapa gejala sosial pada lingkungannya. Melihat dari segi ekonomi, gejala sosial yang ada pada masyarakat mencakup kemiskinan, pengangguran, masalah kependudukan dan lain-lain.

Budaya

Indonesia mempunyaia keberagaman budaya sehingga sudah sangat patut kita saling menghormati budaya lain. Dengan adanya kebudayaan jangan membuat persatuan menjadi terpecah. Bukan hanya di negara sendiri, perbedaan budaya dengan negara lain juga harus bisa dihormati. Keragaman budaya yang ada disekeliling kita juga bisa menyebabkan timbulnya gejala sosial misalnya tindakan peniruan budaya asing yang negatif, kenakalan remaja dan lain-lain.

Lingkungan Alam

Gejala sosial dalam lingkungan alam berkaitan dengan aspek kesehatan. Seseorang yang terserang penyakit dapat mengakibatkan gejala sosial pada lingkungan sekitarnya. Contoh gejala sosial yang bisa timbul antara lain penyakit menular pencemaran lingkungan dan lain-lain.

Psikologis

Tingkah laku seseorang dalam kehidupan sehari-hari terpengaruh dari aspek psikologi. Apabila seseorang mengalami gangguan kejiwaan bisa menyebabkan gejala sosial didalam masyarakat misalnya diorganisasi jiwa, aliran ajar sesat dan lain-lain

Faktor Penyebab Gejala Sosial

Faktor penyebab dari gejala sosial, antara lain:

Faktor Kultural

Faktor kultural adalah nilai yang tumbuh dan berkembang dalam lingkungan masyarakat atau komunitas. Beberapa contoh gejalas sosial menurut faktor kultural antara lain kemiskinan, kerja bakti, perilaku menyimpang dan lain-lain.

Faktor Struktural

Faktor ini adalah sebuah keadaan yang menjadi pengaruh struktur yang disusun oleh pola tertentu. Faktor ini dapat dilihat dari pola hubungan sesama individu dan kelompoknya terjalin dalam lingkungan masyarakat. Contoh gejala sosial yang dipengaruhi oleh faktor struktural antara lain seperti penyuluhan sosial, interaksi sesama individu dan lain sebagainya.

Dampak Gejala Sosial Pada Masyarakat

Dampak gejala sosial dapat dibagi menjadi dua, yaitu dampak positif dan dampak negatir

Dampak Positif Gejala Sosial

Gejala sosial yang ada didalam masyarakat harus disikapi dengan arif dan bijaksana. JIka kita terbuka dan mengimbangi perubahan sosial budaya yang ada maka perubahan tersebut akan memberikan dampak positif untuk kita. Hal ini bisa dilihat dengan adanya kemajuan pada bidang teknologi yang salah satunya adalah teknologi komunikasi dengan alat komunikasi modern seperti smartphone dan alat komunikasi modern lain yang bisa menjadikan kita bisa berinteraksi jarak jauh tanpa harus bertemu secara langsung.

Dampak Negatif Gejala Sosial

Seseorang yang tidak dapat menerima perubahan akan mengalami guncangan kultur shock. Ketidakmampuan seseorang dalam menghadapi gejala sosial akan membawa para arah perilaku menyimpang.

Contoh Gejala Sosial Pada Masyarakat

Gejal sosial dalam masyarakat dimulai dari adanya perubahan sosial dalam masyarakat yang bisa menjadi dampak positif dan negatif. Berikut ini adalah beberapa contoh gejal sosial di masyarakat, antara lain:

Kemiskinan

Kemiskinan adlaah contoh gejal sosial yang biasa ditemui disekeliling kita. Kemiskinan dapat dibagi menjadi dua jenis yakni kemiskinan absolut dan kemiskinan relatif.

  • Kemiskinan absolut yakni individu atau kelompok orang yang tidak dapat memenuhi kebutuhan minimum hidupnya.
  • Kemiskinan relatif, yakni individu atau kelompok orang yang bisa memenuhi kebutuhan minimum hidupnya, akan tetapi dirinya masih merasa miskin apabila dibanding dengan orang lain atau kelompok lain.

Kemiskinan dapat disebabkan tidak mampunya seseorang dalam memenuhi kebutuhan pokok, namun demikian dalam sosiologi, salah satu faktor yang menjadi sebab kemiskinan adalah karena lembaga kemasyarakatan dibidang ekonomi yang tidak berfungsi dengan baik. Permasalahan ini bisa menyebar ke bidang lain misalnya pendidikan, sosial, dan lain-lain.

Pengertian Gejala Sosial, Jenis, Faktor Penyebab, Dampak, Contoh

Masalah Penduduk

Indonesia adalah negara dengan tingkat kepadatan penduduk yang padat. Penduduk adalah sumber utama bagi pembangunan. Hal ini disebabkan penduduk menjadi subjek atau objek pembangunan. Dengan adanya pembangunan, maka bisa meningkatkan kesejahteraan penduduk di suatu negara. Kesejahteraan penduduk akan mengalami gangguan yang dipengaruhi oleh perubahan demografis yang biasa sering kali tidak dirasakan. Masalah penduduk dapat berupa kepadatan penduduk, pemerataan penduduk yang tidak rata, ledakan penduduk dan lain-lain.

Masalah tersebut membutuhkan sebuah penanggulangan, karena bisa mempengaruhi tingkat kesejahteraan penduduk. Berikut ini beberapa langkah yang bisa membantu mengatasi permasalahan kependudukan, yakni:

  • Melalui program Keluarga Berencana (KB)
  • Transmigrasi
  • Mengatur pertumbuhan jumlah penduduk

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Gejala Sosial, Jenis, Faktor Penyebab, Dampak & Contohnya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Daftar Isi