Sejarah Lahirnya Ilmu Sosiologi dan Para Penemunya (Lengkap)

Sejarah Lahirnya Ilmu Sosiologi dan Para Penemunya (Lengkap) – IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial adalah merupakan ilmu sosial yang memberikan kita pengertian akan kehidupan sosial yang kita jalani di kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Di dalam ilmu pengetahuan sosial memiliki banyak cabang ilmu yang di antaranya adalah akuntansi, sejarah, geografi dan sosiologi. Ilmu akuntansi adalah ilmu yang mengajarkan akan perhitungan uang, ilmu sejarah mengajarkan tentang sejarah masa lampau, ilmu geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi dan letak geografi, sedangkan sosiologi mempelajari tentang kehidupan bermasyarakat.

Sejarah Lahirnya Ilmu Sosiologi dan Para Penemunya (Lengkap)

Sebenarnya penting tidak dan apa peranan ilmu sosiologi bagi kita akan di jelaskan lebih lengkapnya sebagai berikut:

Sejarah Lahirnya Sosiologi

Sosiologi di tetapkan sebagai ilmu tahun 1900-an yang pada masa itu telah terjadi suatu perubahan besar. Perubgahan besar tersebut terjadi di dalam masyarakat Eropa (Calhoun, 1997; Macionis, 1997 Ritzer 1992).

Perubahan terbesarnya adalah ketika lahirnya era modern. Pada era tersebut memiliki beberpa gejala sosial. Gejala yang timbul adalah manusia semakin bergerak secara individu, pola masyarakat tradisional makin di tinggalkan, muncul pluralitas keyakinan, orientasu masa ke depan, dan penghargaan terhadap waktu.

Sebagai tanda munculnya era modern memiliki 3 faktor yaitu:

  1. Munculnya kota, para pemilik modal, dan para masyarakat industri.
  2. penemuan budaya yang berada diluar eropa yang berbeda dari kebudayaan Eropa
  3. Kekacauan politik dan intelektual yang sebagai akibat dari terjadinya negara berpola demokratis di Amerika Utara, perubahan struktur dalam masyrakat di Prancis dan terbentuknya masyarakat industri di inggris.

Era modern membuat masyarakat tidak puas akan kehidupan dunia yang berdasarkan pengalaman masa lalu, doktrin agama, serta filasafat sosial. Keadaan masyarakat diberikan dan diatur dalam doktrin agama dan filsafat sosial yang tidak diaggap tidak memberikan penjelasan yang cukup tentang apa yang terjadi di kehidupan dunia nyata dan yang sering dialami.

Informasi aktual di butuhkan untuk dapat memahami dan beradaptasi dengan era modern yang di perlukan oleh mereka. Kebutuhan itulah yang menjadi dorongan dari lahinya sosiologi.

Para Penemu Sosiologi

Penemu sosiologi pada dasarnya tidak bermaksud mendirikan ilmu baru. mereka “hanya” memberikan penjelasan kondisi tentang masyarakat pada saat itu ketika masa itu berbeda dengan masa terdahulu. Cara baru yang menjelaskan bersifat empiris bukan spekulatif.

Cara tebaru dalam memperkenalkan sosiologi di prancis oleh auguste comte berdasarkan observasi sistematis dan klasifikasi tentang perilaku manusia. Herbet Spencer mempublikasikan sociology di inggris pada tahun 1883, Lester F. Ward ikut mempublikasikan Dynamic Sociology.

Pada awalnya, sosiologi dihadapkan untuk dapat menjawab persoalan-persoalan yang muncul dalam kehidupan masyarakat, yaitu (Calhoun,1997):

  1. Pada perubahan sosial dan faktor-faktor yang menjaga masyarakat untuk dapat merajut kebersamaan meskipun berada ditengah-tengah arus perubahan.
  2. Kenyataan keragaman serta dalam pertanyaan-pertanyaan megenai kesamaan dan perbedaan yang terjadi diantara warga masyarakat.
  3. Ketegangan yang ada di antara penjelasan ilmiah mengenai kehidpan sosial di satu sisi berhadapan dengan tradisi, serta akal sehat dan opini publik di sisi lain

Tokoh Perkembangan Ilmu Sosiologi

Tokoh yang diakui berpengaruh pada perkembangan awal ilmu sosiologi adalah :

  1. Claude Henri Saint- Simon, Emile Durkheim dan Aguste Comte (Prancis)
  2. Karl Marx, Georg Simmel dan Max Weber (Jerman)
  3. Herbert Spencer (Inggris)
  4. Vilvredo Pareto (India)
  5. William Graham Summer, Albion W. Small dan Charles Horton Cooley (Amerika)

berkat jasa yang mereka sebarkan maka kini sosiologi dapat memiliki posisi yang mantap dan pas sebagai ilmu dan sampai saat ini pemikiran mereka masih terus mempengaruhi terhadap pembangunan sosiologi (Macionis, 1997 ; Schaefer & Lam,1998)

Sejarah Lahirnya Ilmu Sosiologi Serta Para Penemunya Lengkap

Di Indonesia, sosiologi terbilang merupakan ilmu yang relatif baru. Sosiologi di indonesia mulai berkembang pada tahun 1950-an, oleh beberapa intelektual Indonesia yang telah mendalami sosiologi ketika mereka kembali dari studi mereka di Amerika, Belanda, dan Inggris. Setelah kembali mereka selanjutnya mempublikasikan karya di bidang sosiologi, yaitu adalah:

  1. Sosiologi untuk Masyarakat Indonesia (Hassan shadily),
  2. Sosiologi, suatu Pengantar Ringkas (Mayor Polak ),
  3. Social Changes in Jogjakarta danSetangkai Bunga Sosiologi (Selo Soermrdjan).

Melalui jasa yang telah mereka berikan, sosiologi kini menjadi ilmu yang semakin dikenal di Indonesia. Dan karena kegigihannya dalam mengembangkan ilmu Sosiologi, Selo Soemardjan sering dijuluki sebagai Bapak Sosiologi Indonesia.

Sekianlah penjelasan mengenai Sejarah Lahirnya Ilmu Sosiologi dan Para Penemunya (Lengkap) yang telah seputarpengetahuan berikan. Ilmu sosiologi sangat berguna bagi kehidupan kita bermasyarakat dan bernegara. Semoga bermanfaat 🙂

Baca juga:

Daftar Isi