12 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

12 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Geografi merupakan salah satu mata pelajaran dari cabang Ilmu Pendidikan Sosial (IPS), dimana pelajaran geografi ini sangat mengasyikkan untuk dipelajari, tetapi ada sebagian siswa yang kurang suka karena sulit dimengerti dan banyak yang harus dihafalkan.

12 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Oke, sebelum kita bahas lebih lanjut, kali ini  saya akan membahas terlebih dahulu tentang apa itu geografi?. Yang saya ingat dulu ketika masih dibangku sekolah, geografi itu mempelajari tentang bumi. Nah, kita ulas kembali pengertian-pengertian geografi menurut para ahli atau pakar dibidangnya.

Pengertian Geografi

Kata geografi berasal dari bahasa Yunani yaitu geo yang berarti bumi dan graphein yang berarti tulisan. Jadi, secara harfiah yang dimaksud dengan geografi adalah tulisan tentang bumi. Oleh karenanya, geografi juga biasa disebut dengan ilmu tentang bumi atau ilmu yang mempelajari tentang bumi.

Tetapi dalam mempelajarinya tidak hanya mengenai permukaan bumi saja, melainkan apa-apa yang ada di dalam perut bumi, lapisan-lapisan bumi, luar bumi bahkan benda-benda luar angkasa yang menjadi objek kajian geografi.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Berikut ini ada beberapa pengertian geografi menurut para ahli atau pakar geografi.

1. Immanuel Kant

Geografi ialah ilmu yang sumber obyek studinya ialah berupa benda-benda, gejala atau hal-hal yang tersebar luas di muka bumi.

2. Yeates dan Hagget

Geografi merupakan sebuah ilmu pengetahuan mengenai perkembangan nasional dan pengujian terhadap teori-teori yang menjelaskan dan memperkirakan distribusi spasial dan lokasi berbagai karakteristik dari permukaan bumi.

3. Hart Shorne

Geografi merupakan disiplin ilmu yang berusaha untuk menginterpretasikan dan menguraikan karakter variabel dari satu tempat ke tempat lainnya di muka bumi sebagai wadah atau tempat manusia untuk hidup.

4. Claudius Ptolomaeus

Geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.

5. Alexander Von Humboldt

Geografi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam terhadap manusia.

6. Erasthothenes

Ia mengungkapkan Geografi bermula dari kata geographica yang artinya penggambaran atu penulisan mengenai bumi.

7. Preston E James

Menurut pengungkapan beliau, bahwasannya geografi merupakan induk dari semua ilmu pengetahuan yang ada. Hal itu disebabkan karena begitu banyak bidang ilmu pengetahuan yang sering dimulai dari keadaan permukaan bumi dan dilanjutkan pada studi masing-masing.

8. Bintaro

Beliau menjelaskan bahwa Geografi pada dasarnya ialah ilmu pengetahuan yang menerangkan, menjelaskan sifat-sifat bumi, menganalisa seluruh gejala alam dan penduduknya serta mempelajari corak-corak yang khas tentang sebuah kehidupan dari unsur-unsur bumi.

9. Elsworth Huntington

Geografi ialah studi mengenai fenomena pada permukaan bumi berikut penduduk yang menghuninya. Beliau pun menjelaskan bahwa adanya hubungan timbal balik antara sifat-sifat gejala  permukaan bumi dengan penduduknya.

12 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Lengkap

10. Prof. Bintarto

Menurut beliau geografi merupakan ilmu yang mempelajari suatu hubungan kausal gejala-gejala di bumi dan semua peristiwa yang terjadi di bumi baik yang bersifat fisikal maupun yang berhubungan dengan makhluk hidup beserta permasalahannya, melalui pendekatan keruangan, ekologikal dan regional , untuk kepentingan sebuah program, sebuah proses dan berhasilnya sebuah pembangunan.

11. Mustofa Bisri

Menyatakan bahwasannya geografi merupakan sebuah ilmu yang menjabarkan tentang permukaan bumi, iklim, cuaca, flora dan fauna, serta basil-basil yang diperoleh dari bumi itu sendiri.

12. UNESCO

Mendefinisikan Geografi sebagai: 1. one agent synthesis; 2. a nexus study outside; 3. science in the use of land.

Demikianlah sedikit ulasan tentang 12 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan pembaca. Jika ada kesalahan baik dalam penulisan maupun isi, mohon kritik dan sarannya. Terimakasih. 🙂

Daftar Isi