25 Pengertian Industri Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

25 Pengertian Industri Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Industri identik dengan sebuah perusahaan. Memang benar, tapi setiap perusahaan tidak mesti besar dan harus menggunakan mesin. Menurut Dra. Sri Milaningsih kata Industri berasal dari bahasa latin, yakni industria yang artinya buruh atau tenaga kerja.

25 Pengertian Industri Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Industri disini dapat diartikan sebagai semua bentuk kegiatan dari manusia pada bidang ekonomi yang sifatnya sendiri produktif untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia serta memperoleh keuntungan dari barang produksi yang dihasilkan. Terdapat pula pengertian industri yang telah dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  • Industri primer, merupakan salah satu jenis industri yang langsung didpatkan dari alam tanpa adanya  proses pengolahan, misalnya seperti perkebunan, pertanian dan juga pertambangan.
  • Industri sekunder, merupakan jenis industri yang mana hal ini mengolah bahan mentah atau bahan baku menjadi barang yang setengah jadi maupun menjadi barang yang sudah jadi. Industri jenis ini disebut juga dengan industri manufaktur atau pada umumnya disebut juga dengan pabrik.

Pengertian Industri Menurut Para Ahli

Pengertian industri lainnya sangat beragam dan banyak dikemukakan oleh para ahli dibidangnya, diantaranya yaitu:

1. UU No. 5 Tahun 1984 tentang Perindustrian

Industri merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang mana hal ini mengolah bahan mentah, bahan baku, serta barang yang masih setengah jadi, maupun barang jadi menjadi barang yang mempunyai nilai tinggi bagi penggunaannya, dan termasuk dalam kegiatan rancang bangun serta perekayasaan industri.

2. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Dikutip dari KBBI bahwa Industri merupakan suatu kegiatan memproses maupun mengolah barang dengan menggunakan sarana serta peralatan seperti menggunakan mesin.

3. Badan Perencanaan Pembangunan Sumatera Utara

Industri yaitu salah saru kegiatan dalam mengubah bahan baku menjadi barang yang setengah jadi maupun barang jadi yang tujuannya disini untuk dijual kembali.

4. Badan Pusat Statistik

Mnurut pendapat dari Badan Pusat Statistika menjelaskan bahwa Industri yaitu sebuah kesatuan unit usaha yang mana hal ini menjalankan sebuah aktivitas ekonomi yang tujuannya agar dapat menghasilkan barang atau jasa yang berdomisili untuk suatu tempat maupun lokasi tertentu serta mempumyai catatan administrasi masing-masing.

Baca Juga:  √ Pengertian Meteor, Ciri Ciri, Jenis Beserta Penjelasannya

5. Tim Grasindo

Pengertian Industri menurut Tim Grasindo Yaitu segala macam pekerjaan yang mana dapat menghasilkan uang.

6. Ensiklopedia Indonesia

Dilansir dari Ensiklopedia Indonesia bahwa Industri yaitu bagian dari sebuah proses produksi yang mana bahan-bahannya ini tidak diambil langsung dari alam, akan tetapi diolah terlebih dulu sehingga pada akhirnya menjadi barang yang mempunyai nilai dalam masyarakat.

7. Ensiklopedia Amerika

Dilansir dari Ensiklopedia Amerika Industri yaitu suatu aktivitas yang mana hal ini mengusahakan berbagai benda ekonomi serta pengguna nya.

8. Teguh S. Pamudi

Beliau menayatakan pendapatnya bahwa Industri yakni sekelompok perusahaan yang menghasilkan suatu produk yang dapat menggantikan satu sama lain.

9. I Made Sandi

Menurut pendapat dari I Made Sandi ia menjelaskan bahwa Industri yaitu termasuk dalam suatu bentuk usaha guna memproduksi suatu barang jadi yang melalui proses produksi penggarapan dalam jumlah yang besar sampai barang produksi itu bisa didapatkan dengan harga yang rendah tetpi dengan mutu yang setinggi-tingginya.

10. Anto Pracoyo & Tri Kurnawangsih

Mereka berpendapat bahwa Industri merupakanyaitu kumpulan dari beberapa perusahaan firma yang mana menghasilkan suatu barang atau jasa sejenis yang terdapat didalam pasar maupun market.

11. Sukimo

Menurut pendapat dari sukimo yang menjelaskan bahwa Industri yaitu suatu perusahaan yang menjalankan aktivitas ekonomi yang tergolong dalam sektor sekunder.

12. Hinsa Sahaan

Beliau menyatakan pendapatnya bahwa Industri yaitu suatu bagian dari proses yang mengelola dari bahan mentah menjadi bahan baku, maupun dari bahan baku menjadi barang jadi sampai menjadi sebuah barang yang memiliki nilai untuk masyarakat luas.

13. Hasibuan

Menurut pendapat dari Hasibuan, pengertian dari industri sangat luas, disini beliau membaginya menjadi dua pengertian yakni:

  • Mikro industri: merupakan kumpulan dari berbagai perusahaan yang mana dalam hal ini menghasilkan suatu barang homogen atau sejenis, atau barang yang sifatnya saling mengganti
  • Makro industri: yakni dari segi pembentukan pendapatan industri merupakan suatu kegiatan ekonomi yang menciptakan nilai tambah atau bisa menambah pendapatan.

14. Bambang Utoyo

Beliau mendefinisikan industri secara sempit dan juga secara luas.

Secara sempit, industri yaitu seluruh kegiatan ekonomi yang mana hal ini dilaksanakan oleh manusia guna mengelola suatu bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau juga mengolah barang setengah jadi menjadi barang jadi sehingga mempunyai kegunaan tersendiri untuk kebutuhan manusia.

Secara luas, bahwa industri yaitu seluruh aktivitas manusia yang bergerak pada bidang ekonomi serta sifatnya produktif dan juga komersial guna memenuhi kebutuhan manusia.

Baca Juga:  √ Pengertian Reklamasi, Tujuan, Manfaat, Dampak, Proses & Contohnya

15. Moh. Hatta

Beliau berpendapay bahwa Industri mrupakan sebuah dalam mengubah struktur pertanian ke dalam struktur industri.

16. Sudut pandang Geografi

Yang menyatakan bahwa Industri yaitu sesuatu yang mana perpaduan dari subsistem fisik serta subsistem manusia.

17. George T. Renner

ia berpendapat bahwa Industri yaitu segala kegiatan manusia pada bidang ekonomi produktif atau memproduksi barang dan uang.

18. Kartasapoetra

Industri yaitu suatu kegiatan ekonomi yang mengolah bahan baku, barang setengah jadi maupun barang jadi sehingga menjadi suata barang yang bernilai nilai lebih tinggi, termasuk dalam kegiatan desain industri dan teknik industri.

19. Dra. Sri Milaningsih

Beliau berpendapat bahwa kata Industri bermula dari bahasa Latin, yang berarti bahwa tenaga kerja maupun tenaga kerja Perindustrian.

20. Wirastuti

Disini Wirastuti berpendapat bahwa Industri yaitu proses pengolahan bahan baku maupun barang setengah jadi sampai menjadi barang jadi yang mana barang tersebut membawa sebuah keuntungan.

21. Dini Natalia

Menurut pendapat dari Dini Natalia bahwa Industri yaitu suatu pengolahan pada bahan baku menjadi barang yang membawa keuntungan.

22. Wikipedia

Dikutip dari Wikipedia yang menjelaskan bahwa Industri yaitu suatu bidang yang memakai ketrampilan, serta ketekunan kerja (bahasa Inggris: industrious) dan juga penggunaan alat-alat pada bidang pengolahan hasil-hasil bumi, serta distribusinya sebagai dasarnya.

14 Pengertian Industri Menurut Para Ahli Terlengkap

23. Martin “Dalam Kartasapoetra, 2000”

Menurut pendapat dari martin bahwa Indsutri yaitu kumpulan dari berbagai perusahaan “firm” yang mana dalam hal ini memproduksi “a” bahan mentah yang sama “b” proses produksi yang sama dan “c” hasil yang sama.

24. Abdurachmat dan Maryani

Menurut pendapat mereka, Industri yaitu termasuk dalam kegiatan ekonomi manusia yang penting. Yang mana ia mengasilkan berbagai kebutuhan hidup untuk manusia mulai dari makanan, minuman, pakaian, serta perlengkapan rumah tangga bahkan hingga perumahan serta kebutuhan hidup lainnya.

25.  Kurniasih

Ia berpendapat bahwa pengertian dari Industri yaitusalah satu usaha dalam memproduksi barang jadi, yang mana berasal dari bahan mentah yang melalui sebuah proses penggarapan dengan jumlah yang sangat besar, sehingga barang-barang tersebut bisa didapatkan denga harga satuan yang rendah akan tetapi memiliki mutu yang sangat tinggi.

Demikian pembahasan singkat mengenai 25 Pengertian Industri Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga bermanfaat bagi yang membaca. Sekian terimakasih 🙂

Leave a Reply