√ 23 Pengertian Tanah Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

23 Pengertian Tanah Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian tanah menurut para ahli. Yang mana pengertian berikut adalah sudah berdasarkan yang dikemukakan oleh para ahli yang diambil dari berbagai sumber terpercaya. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

23 Pengertian Tanah Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas tentang tanah dengan seksama.

Pengertian Tanah Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari tanah yang dibahas oleh sang ahli.

1. Bremmer (1958)

Pengertian Tanah menurut Bremmer adalah bagian permukaan kulit bumi yang dijadikan oleh pelapukan kimia dan fisik serta kegiatan berbagai tumbuhan dan hewan.

2. James (1995)

Pengertian Tanah menurut James adalah salah satu sistem bumi, yang bersama dengan sistem bumi lainnya, yaitu air alami dan atmosfer menjadi inti fungsi, perubahan dan kemantapan ekosistem.

3. M. Isa Darmawijaya

Pengertian Tanah menurut M. Isa Darmawijaya adalah akumulasi alam bebas yang menduduki sebagian planet bumi yang mampu menumbuhkan tumbuhan dan memiliki sifat sebagai akibat pengaruh iklim dan jasad yang hidrup yang bertindak terhadap bahan induknya dalam keadaan reliet tertentu selama jangka waktu tertentu.

4. E. Saifudin Sarief (1986)

Pengertian Tanah menurut E. Saifudin Sarief adalah benda alami yang terdapat di permukaan bumi yang tersusun dari bahan-bahan mineral sebagai hasil pelapukan batuan dan bahan organik “pelapukan sisa tumbuhan dan hewan” yang merupakan medium pertumbuhan tanaan dengan sifat-sifat tertentu yang terjadi akibat gabungan dari faktor-faktor alami, iklim, bahan induk, jasad hidup, bentuk wilayah dan lamanya waktu pembentukan.

5. Thornbury (1957)

Pengertian Tanah menurut Thornbury adalah bagian dari permukaan bumi yang ditandai oleh lapisan yang sejajar dengan permukaan sebagai hasil modifikasi oleh proses-proses fisik, khemis maupun biologis yang bekerja dibawah kondisi yang bermacam-macam dan bekerja selama periode tertentu.

6. Jacob S. Joffe (1949)

Pengertian Tanah menurut Jacob S. Joffe adalah benda alam yang tersusun atas horison-horison yang terdiri dari bahan-bahan kimia mineral dan bahan organisk biasayanya tidak padu dan mempunyai tebal yang dapat dibedakan dalam hal morfologi fisik, kimia dan biologinya.

7. Alfred Mistscherlich (1920)

Pengertian Tanah menurut Alfred Mistscherlich adalah campuran bahan padat yagn berupa pertikel-pertikel kecil air dan udara yang mengandung hara dan dapat menumbuhkan tumbuh-tumbuhan.

8. Werner (1918)

Pengertian Tanah menurut Werner adalah hitam tipis yang menutupi bahan padat kering, terdiri atas partikel-partikel kecil yang remah dan sisa-sisa vegetasi dan hewan. Tanah adalah medium bagi tanaman.

9. Ramman (Jermana, 1917)

Pengertian Tanah menurut Ramman adalah bahan batuan yang sudah dirombak menjadi partikel-partikel kecil yang telah berubah secara kimiawi bersama-sama dengan sisa-sisa tumbuhan dan hewan yang hidup di dalam dan diatasnya.

10. C.F. Marbut (Rusia, 1914)

Pengertian Tanah menurut C.F.Marbut adalah lapisan paling luar kulit bumi yang biasanya bersifat tak padu dan mempunyai sifat tebal mulai dari selaput tipis sampai lebih dari 3 meter yang berbeda dari bahan dibawahnya dalam hal; warna, sifat fisik, sifat kimia dan sifat biologinya.

11. Humphry Davy (Inggris, 1913)

Pengertian Tanah menurut Humphry Davy adalah sebagai laboratorium alam yang menyediakan unsur hara bagi tanaman.

12. A.S. Thaer (1909)

Pengertian Tanah menurut A.S. Thaer adalah permukaan planet terdiri atas bahan remah dan lepas yang disebut tanah, yang merupakan akumulasi dan campuran berbagai bahan, seperti unsur-unsur; Si, Al, Ca, Mg, Fe dan lain-lain

13. Dokuchaiev (Rusia, 1877)

Pengertian Tanah menurut Dokuchaiev adalah tanah harus dihubungkan dengan iklim dan dapat digambarkan sebagai zone-zone geografi yang luas, yang dalam skala peta dunia tidak hanya dihubungkan dengan iklim, tetapi juga dengan lingkungan tumbuhan.

14. Friedrich Fallou (1855)

Pengertian Tanah menurut Friedrich Fallou adalah sebagai hasil pelapukan oleh waktu yang menggerogoti batuan keras dan lambat lalun mengadakan dekomposisi.

15. Justus Von Liebig (Jerman, 1840)

Pengertian Tanah menurut Justus Von Liebig adalah mengajukan teori kesetimbangan hara tanaman “Theory balanchesheet of plan naturation” yang menganggap tanah sebagai reaksi dimana dapat diketahui jumlah dan jenis hara tanamannya.

16. J.J. Berzelius (Swedia, 1803)

Pengertian Tanah menurut J.J.Berzelius adalah sebagai laboratorium kimia tempat proses dekomposisi dan reaksi kimia yang berlangsung secara tersembunyi.

17. Hilgard

Pengertian Tanah menurut Hilgard adalah material lepas-lepas dan agak kering yang dipakai untuk tempat akar tanaman dalam mencari makanan dan sarana pertumbuhan tanaman.

18. Kamus Umum

Pengertian Tanah menurut Kamus Umum adalah lapisan permukaan tanah yang gembur, seperti halnya lahan, debu dengan bumi.

Pengertian Tanah Menurut Para Ahli

19. Jafee

Pengertian Tanah menurut Jafee adalah benda alam yang berlapis-lapis yang disusun dari mineral dan bahan organik, biasanya dalam keadaan lepas-lepas pada kedalam yang macam-macam, morfologinya berbeda dengan material induknya yang terletak di bawahnya, berbeda-beda dengan sifat dan susunannya, sifat kimia, komposisi, dan sifat biologisnya.

20. Ensiklopedia Indonesia

Pengertian Tanah menurut Ensiklopedia Indonesia adalah campuran bagian-bagian batuan dengan material serta bahan organik yagn merupakan sisa kehidupan yang timbul pada permukaan bumi akibat erosi dan pelapukan karena proses waktu.

21. Jhon Salindeho (1993:23)

Pengertian Tanah menurut Jhon Salindeho adalah suatu benda bernilai ekonomis menurut pandangan bangsa Indonesia, ia pula yang sering memberi getaran di dalam kedamaian dan sering pula menimbulkan guncangan dalam masyarakat, lalu ia jua yang sering menimbulkan sendatan dalam pelaksanaan pembangunan.

22. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Departemen Perndidikan Kebudayaan, 1994

Pengertian Tanah menurut KBBI adalah

  • Permukaan bumi atau laipsan bumi yang di atas sekali
  • Keadaan bumi di suatu tempat
  • Permukaan bumi yang diberi batas
  • Bahan-bahan dari bumi, bumi sebagai bahan sesuatu (pasir, batu cadas dan sebagainya)

23. Wikipedia

Pengertian tanah menurut Wikipedia adalah bagian kerak bumu yang tersusun dari mineral dan bahan organik

Demikianlah telah dijelaskan tentang 23 Pengertian Tanah Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi