√ Pengertian Tanah Podsol, Karakteristik, Proses dan Morfologinya

Pengertian Tanah Podsol, Karakteristik, Proses dan Morfologinya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Tanah Podsol. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian tanah podsol, karakteristik, proses dan morfologinya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel tentang tenah podsol dibawah ini.

Pengertian Tanah Podsol, Karakteristik, Proses dan Morfologinya

Tanah podsol adalah jenis tanah yang mana kaya akan abu-abu dengan warna pucat. Dalam hal ini terbentuknya tanah podsol sebab adanya pengaruh curah hujan yang tinggi serta suhu udara yang rendah. Melihat dari kata Podsol yang mana berasal dari bahasa rusia yakni pucat dan zola yaitu abu-abu. Nama podsol diambil sebab pada jenis tahannya mengandung unsur A2 atau abu-abu yang berwarna pucat.

Karakteristik Tanah Podsol

Tanah podsol memiliki ciri khusus dibandingkan dengan tanah lainnya, sama seperti pada tanah lainnya terdapat ciri atau karakteristik khusus, antara lain yaitu:

  • Memiliki warna pucat yang disebabkan adanya kandungan A2 pada tiap butiran tanah tersebut.
  • Memiliki kandungan pasir kuarsa paling tinggi
  • Mempunyai tingkat keasaman yang tinggi, yaitu antara 3,5 – 5,5.
  • Rentan terhadap erosi, yang mana tanah ini memunyai daya penahan air yang relatif jelek.
  • Kondisi tanah kurang subur, sebab memiliki kandungan unsur hara rendah dimana bahan induk tanah ini yaitu tuff vulkan dengan asam. Secara fisika maupun kimia sifatnya menjadi jelek.
  • Tidak memiliki perkembangan profile.
  • Mempunyai tekstur lempung sampai berpasir, yang pada dasarnya memiliki sifat tekstur sedang sampai kasar.
  • Memiliki sefak yang mudah basah, sehingga bila terkena air tanah ini akan secara oromatis menjadi subur.
Baca Juga:  √ Pengertian Sistem Ekonomi Liberal, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan dan Penganutnya

Pengertian Tanah Podsol Karakteristik Proses dan Morfologinya

Proses Terbentuknya Tanah Podsol

Jenis tanah podsol termasuk jenis tanah yang mana dalam proses pembentukkannya paling dipengaruhi oleh curah hujan dan suhu udara. Proses tanah podsol yang terbentuk didaerah yang mempunyai suhu udara rendah dan suhu udara tinggi disebur proses podzolisasi. Dalam proses terjadinya ada beberapa yang disebabkan oleh faktor antara lain yaitu:

  • Kondisi curah hujan yang cenderung tinggi dan tetap
  • Adanya vegetasi, memungkinkan bentuknya humus asam karena memiliki kadar basa yang rendah
  • Adanya tanah pasir kuarsa dengan paling permeabel
  • Kurangnya akan basa.

Morfologi Tanah Podsol

Secara morfologi tanah podsol termasuk kedalam jenis tanaj yang memiliki sejumlah lapisan. Dalam tiap lapisan tanah ini memiliki warna yang berbeda-beda yang terdiri dari 5 lapisan. Lapisan tersebut diberi nama horizon yang terdiri dari :

  • Horizon O

Horizon O berada pada kedalaman hutan yang memiliki tanah humus yang mana tanah humus dibagi lagi menjadi tanah yang sudah terjadi dekomposisi dan humus yang terjadi di padang rumput mati.

  • Horizon A1

Pada Horizon A1 mempunyai bentuk tekstur yang lebih halus sampai seperti memiliki warna cokelat yang kelam sampai hitam dengan pengaruh dari adanya bahan organik.

  • Horizon A2

Pada Horizon A2 yang mana adalah suatu lapisan yang mempunyai karakteristik berbentuk abu dengan warna pucat yang memiliki struktur lempung dengan menepung kemudian lapisan tersebut mengandung minyak, apabila dipijat akan ada konkresi.

  • Horizon B

Untuk Horizon B itu dibagi dengan tegas secara horizon yang lain dengan terdapat di atasnya warna mencolok, yakni warnanya coklat kelam sampai coklat biasa. Jenis ini memiliki tekstur dengan lebih halus dan struktur tiang yang akibatnya akan saling koagulasi A1 serta Fe dengan bermuatan positif yang bahan bahannya organik ini bermuatan negatif. Horizon itu kerap kali mengandung padas.

  • Horizon BC dan horizon C

Pada lapisan tanah podsol ini semakin kebawah akan semakin mendekati dengan bahan induk dan memiliki tekstur yang  kasar. Kedalam horizon tersebut cukup dangkal yaitu 40 sampai 100 cm dan pada atasnya terdapat horizon A2 serta horizon B.

Baca Juga:  √ Pengertian Struktur Modal, Komponen, Teori & Faktornya (Lengkap)

Demikian penjelasan tentang Pengertian Tanah Podsol, Karakteristik, Proses dan Morfologinya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.