√ Pengertian Lingkungan, Jenis, Unsur Serta Konsepnya

Pengertian Lingkungan, Jenis, Unsur Serta Konsepnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Lingkungan. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian lingkungan, lingkungan menurut pada ahli, jenis, unsur serta konsepnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel tentang pengertian lingkungan berikut ini.

Pengertian Lingkungan, Jenis, Unsur Serta Konsepnya

Pengertian lingkungan adalah keseluruhan keadaan fisik pada suatu kawasan yang mencangkup pada keadaan sumber daya alam (air, energi surya, flora, fauna, mineral, tanah). Hal ini temasuk mengenai kelembagaan yang mencangkup hasil ciptaan manusia contohnya keputusan bagaimana mengelola lingkungan fisik tersebut.

Definisi lain dari lingkungan yaitu segala sesuatu yang terdapat disekitar manusia dan berhubungan saling timbal balik serta saling mempengaruhi satu dengan lainnya.

Dalam hal ini lingkungan hidup terdiri dari beberapa komponen makhluk hidup (biotik) dan benda mati yang ada di bumi (abiotik). Adapun komponen biotik dapat berupa hewan, manusia, tumbuhan, dan mikroorganisme. Sedangkan untuk abiotik seperti air, tanah, cahaya, udara, kelembapan, iklim dan lainnya.

Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

Agar dapat memahamilebih mendalam berikut ini beberapa pengertian lingkungan menurut para ahli, antara lain yaitu:

  1. Menurut S.J. Mcnaughton dan Larry L. Wolf

Menurutnya, Pengertian lingkungan ialah seluruh faktor eksternal yang sifatnya biologis dan fisika yang mana faktor tersebut akan langsung mempengaruhi kehidupan, perkembangan, pertumbuhan, dan aktivitas reproduksi organisme.

  1. Menurut Munajat Danusaputra

Menurutnya, Pengertian lingkungan ialah seluruh benda serta kondisi termasuk di dalamnya manusia dan aktifitasnya. Terdapat dalam ruang yang mana manusia berada serta mempengaruhi kelangsungan hidup dan kesejahteraan hidup serta jasad renik lainnya.

  1. Menurut Otto Soemarwoto

Menurutnya, Pengertian lingkungan ialah seluruh benda dan kondisi yang terdapat di dalam ruang yang ditempati oleh manusia sehingga mempengaruhi kehidupan manusia.

  1. Menurut Michael AllabyMichael Allaby

Menurutnya, Pengertian lingkungan yaitu suatu lingkungan fisik, kimiawi dan biotis yang mengelilingi kehidupan organisme.

  1. Menurut Emil Salim

Menurutnya, Pengertian lingkungan merupakan seluruh benda, keadaan, kondisi dan pengaruh yang terdapat di dalam ruangan yang saat ini ditempati dan mempengaruhi kehidupan, baik itu manusia, hewan, serta tumbuhan.

Macam Jenis Lingkungan

Lingkungan secara umum dibagi menjadi 2 jenis, yaitu

  1. Lingkungan Alami

Lingkungan alami yaitu suatu lingkungan yang terbentuk dari proses alam yang mana dalam perkembangannya belum mengalami pembaruan oleh manusia. Proses alam itu mencakup ekosistem dan seluruh komponen yang terdapat di dalamnya, baik itu fisik atau biologi.

Dalam hal ini, lingkungan alami tersebut muncul dengan secara dinamis tanpa campur tangan manusia itu dengan secara sengaja. contohnya; lembah, hutan, gunung, bukit, rawa, laut, dan lainnya.

  1. Lingkungan Buatan

Lingkungan buatan ialah suatu lingkungan yang terbentuk disebabkan terdapat campur tangan manusia dengan secara sengaja. Pada umumnya lingkungan buatan ada karena diciptakan manusia dengan menggunakan pengetahuan dan bantuan teknologi modern.

Tujuan dari dibuatnya lingkungan yaitu agar ditempati oleh organisme, baik itu oleh manusia, hewan, atau tumbuhan. Contohnya sekolah, perkampungan, taman bermain, pasar, taman, waduk, dan lainnya.

Pengertian Lingkungan Jenis Unsur Serta Konsepnya

Unsur Penyusun Lingkungan Hidup

Menurut UU Nomor. 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, bahwa pengertian dari lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, termasuk manusia, serta perilakunya, yang memengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Sesuai dengan hal tersebut tentang unsur penyusun lingkungan yang telah diatur dalam Undang-Undang (UU) nomor. 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, antara lain:

  • Unsur Lingkungan Biotik

Lingkungan biotik ini merupakan komponen lingkungan hidup yang terdiri dari berbagai jenis organisme atau juga mahluk bernyawa yang terdapat di muka bumi (hewan, manusia, mikroorganisme dan tumbuhan).

  • Unsur Lingkungan Abiotik

Lingkungan abiotik ini merupakan semua benda mati di permukaan bumi yang memberikan manfaat serta juga mempengaruhi kehidupan organisme (udara, tanah, iklim, air, cahaya, kelembaban matahari dan lainnya).

  • Unsur

    Lingkungan Sosial Budaya

Unsur lingkungan yang terbentuk dari seluruh aktivitas sosial serta kebudayaan yang dilakukan oleh manusia yang tersusun dan membentuk suatu sistem (nilai, gagasan, norma dan lainnya).

Penyebab Kerusakan Lingkungan

Pada perkembangannya, lingkungan tersebut dapat mengalami kerusakan, baik yang terjadi dengan secara alami atau juga akibat ulah manusia. Semua kerusakan serta pencemaran lingkungan itu tentunya mengakibatkan masalah terhadap kesehatan mahluk hidup, termasuk juga manusia, hewan, serta tumbuhan.

Kerusakan dan Pencemaran lingkungan bisa terjadi sebab adanya faktor buatan dan faktor alam, antara lain yaitu:

  1. Faktor Alam

Dalam hal ini ada beberapa penyebab kerusakan lingkungan yang disebabkan karna adanya bencana alam, contohnya letusan gunung berapi, tsunami, kemarau panjang, gempa bumi, badai dan lainnya. Walaupun begitu sekarang sudah bisa diprediksi akan adanya peristiwa alam tersebut agar dapat tercegah dari fenomena alam.

  1. Faktor Buatan

Kerusakan buatan tentu terjadi adanya campur tangan dari manusia, baik pencemaran, kerusakan, atau faktor buatan lainnya. Eksploitasi sumber daya alam dapat menceari lingkungan hidup dan tentu akan menggangi keseimbangan ekosistem.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Lingkungan, Jenis, Unsur Serta Konsepnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Daftar Isi