√ Pengertian Arsitektur, Sejarah, Fungsi, Teori, Ruang Lingkup, Contoh

Pengertian Arsitektur, Sejarah, Fungsi, Teori, Ruang Lingkup, Contoh – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Arsitektur. Yang meliputi pengertian arsitektur, sejarah arsitektur, fungsi arsitektur, teori arsitektur, ruang lingkup arsitektur dan contoh arsitektur dengan pembahasan lengkap dan ringan. Agar kalian lebih memahaminya, silakan simak baik-baik pembahasan berikut ini.

Pengertian Arsitektur, Sejarah, Fungsi, Teori, Ruang Lingkup, Contoh

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Arsitektur

Arsitektur adalah seni yang dilakukan orang seseorang dalam berimajinasi menurut diri mereka dan ilmu dalam merangcang suatu bangunan. Secara luas arsitektur meliputi merancang dan membangun semua lingkungan yang ada dalam cakupannya, mulai dari level makro yakni perencanaan kota, perencanaan perkotaan, arsitektur lankap sampai pada level mikro yakni desain bangunan, desain perabot dan desain produk.

Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli

1. Marcus Pollio Vitrovius

Pengertian Arsitektur menurut Marcus Pollio Vitrovius adalah:

  • Arsitektur adalah suatu kekuatan/kekokohan (virmitas), keindahan/estetika (venustas) dan kegunaan/fungsi (utilitas)
  • Arsitektur adalah ilmu yang timbul dari ilmu -ilmu lainnya serta melengkapi dengan proses belajar.

2. Robert Gutman

Pengertian Arsitektur menurut adalah suatu lingkungan produksi yang tidak hanya menjembatani manusia dan lingkungan,t etapi juga sebagai wahana ekspresi kultural untuk mengatur kehidupan jasmanisah, psikologis.

3. Van Romondt

Pengertian Arsitektur menurut Von Romondt adalah ruang atau lokasi hidup yang tempat manusia dengan bahagian. Ruang sendiri yang terjadi dengan sendirinya atau alami, sepergi gua, pohon dan lain sebagainya.

4. Francis DK Ching

Pengertian Arsitektur menurut Francis DK Ching adalah hasil persepsi dan penghargaan manusia terhadap ruang dan bentuk.

Sejarah Arsitektur

Arsitektur terlahir dari dinamika antara kebutuhan atau kondisi lingkungan yang kondusif, keamanan dan sebagainya dan cara suatu bahan bangunan yang tersedia dan teknologi konstruksi. Arsitektur prasejarah dan primitif adalah tahapan permulaan dinamika. Selanjutnya manusia mengalami kemajuan dan pengetahui mulai terbentuk melalui tradisi lisan dan praktik, sehingga arsitektur menjadi keterampilan.

Kata Arsitektur berasal dari kara “Archi” yang artinya kepa dan “Techton” yang artinya merancang suatu bangunan yang dihasilkan dair ide dan imajinasi mereka. Didunia ada bapak arsitektur yakni Marcus Pollio Vitrovius yang terkenal dengan De Architectrure.

Fungsi Arsitektur

Fungsi dari arsitektur adalah sebagai berikut:

Artistik Form (Fungsi Bentuk Artistik)

Ini artinya arsitektur dianggap sebagai bentukan seni. Sehingga arsitektur sangat berfungsi, diartikan sebagai suatu bentukan yang artistik dan mempunyai nilai-nilai keindahan.

Container (Fungsi Perwadahan)

Ini mempunyai arti membentuk arsitektur yang fungsional, secara fisik merupakan suatu yang dapat mewadahi suatu aktivitas atau kegiatan tertentu, sehingga penikmat bisa merasakan kenyamanan dan keamanan.

Climatic Modifier (Fungsi Modifikasi/Kontrol Iklim)

Ini artinya mengarah bahwa bentukan arsitektur yang sangat berfungsi itu diartikan sebagai bangunan yang dapat mengantisipasi, mengontrol dan beradaptasi dengan lingkungan fisiknya, dalam artikan adalah aspek iklim yang berlaku disekitarnya.

Environment Filter (Fungsi Filter Lingkungan)

Ini artinya bangunan atau arsitektur memiliki fungsi sebagai media filterasi lingkungan. Tidak hanyan lingkungan yang sifatnya fisik, tetapi juga yang dalam bentuk lingkungan sosial

Behaviour Medifier (Fungsi Pembentuk Perilaku)

Ini artinya masing-masing olahan dalam sebuah bentukan arsitektur pada gilirannya akan dapat memodifikasi, membentuk dan juga memanipulasi perilaku seseorang yang aktif melakukan interaksi berbentuk arsitektur tersebut

Capital Investment (Fungsi Investasi Modal)

Ini artinya arsitektur juga mempunyai suatu tujuan untuk mendapatkan menfaat atau nilai tambah tertentu atau keuntungan. Investasi yang dimaksud adalah sebagai sebuah usaha memanfaatkan sumber daya, baik modal uang, alat dan tenaga untuk memperoleh keuntungan tertentu. Jenis keuntungan tersebut ada dua, yakni Keuntungan Profif dan Keuntungan Benefit.

Teori Arsitektur

Teori tentang arsitektur antara lain sebagai berikut:

Theory In Architecture (What Architecture Is)
Teori arsitektur pada umumnya mengamati aspek formal, tektonik dan struktural, representasional dan prinsip estetika yang menjadi landasan gubahan arsitektur. Teori yang termasuk dalam kelompok ini cenderung memiliki sifat superficial, deskriftif dan persepektif.

Theory Of Architecture (How best to design!)
Teori ini berupaya menperjelas bagaimana para arsitek mengembangkan prinsip dan memanfaatkan pengetahuan, teknik dan gambar dalam proses desain dan produksi bangunan. Yang diartikan disini bukan prinsip umum yang menjadi pemamdu desain, teapi baagaimana dan mengama arsitek mendesain, memanfaatkan media dan juga mengapa pada arsitek bisa terjadi keanekaragaman historis ataupun budaya.

Theory About Architecture (the achivement of Architecture)
Teori ini mempunyai tujuan untuk menjelaskan arti dan pengaruh arsitek, memposisikan arsitek dalam konteks sosial budayanya, memberikan bagaimana arsitek bekerja sebagai produser budaya, atau memahami bagaimana arsitek dipakai dan diterima oleh masyarakat.

Ruang Lingkup Arsitektur

Dalam bukunya De Architecture (yang merupakan sumber tertulis paling tua yang masih sampai sekarang) Vitrivius menyatakan bangunan yang baik harus mempunyai keindahan/esteteika (Venustas), Kekuatan (Firmitas) dan Kegunaan/fungsi (Utilitas)

Arsitektur bisa dikatakans sebagai penyeimbnang dan pengoordinasi antara kegita unsur diatas dan tidak ada satu unsur yang melebihi unsur lainya. Dalam pengertian modern, arsitektur harus meliputi pertimbangan fungsi, estetika, psikologis. Tetapi bisa dikatakan juga bahwa unsur fungsi tersebut sendir di dalamnya sudah meliputi baik unsur estetika ataupun psikologis.

Arsitektur adalah holak, yang didalamnya termasuk matematika, sains, seni, teknologi, humaniora, politik, sejarah, filsafat dan lain sebagainya. Rasionalisme, empirisme, fenomenologi strukturalisme, post struktruralisme dan dekonstruktivisme merupapakan beberapa arah dari filasafat yang menadi pengaruh arsitektur.

Contoh Arsitektur di Indonesia

Ada beberapa bangunan yang merupakan arsitektur di Indonesia.

Candi Borobudur
Candi Borobudur

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Arsitektur, Sejarah, Fungsi, Teori, Ruang Lingkup, Contoh Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi