√ Pengertian Perusahaan Jasa, Karakteristik, Ciri, Ruang Lingkup dan Contohnya

Pengertian Perusahaan Jasa, Karakteristik, Ciri, Ruang Lingkup dan Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan jasa. Yang meliputi pengertian perusahaan jasa, karakteristik jasa, ciri-ciri perusahaan jasa, ruang lingkup perusahaan jasa dan contoh perusahaan jasa dengan lengkap dan ringan.

Pengertian Perusahaan Jasa, Karakteristik, Ciri, Ruang Lingkup dan Contohnya

Agar lebih memahaminya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa yaitu suatu usaha yang aktivitasnya memproduksi produk yang tidak “berwujud” atau jasa yang memiliki tujuan memperoleh keuntungan atau laba. Perusahaan jasa dapat juga diartikan dengan sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diprosuksinya, yang mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan dari konsumen dan memperoleh keuntungan.

Namun perusahaan jasa membutuhkan produk fisik atau berwujud untuk melakukan akvitas usahanya. Misalnya seperti perusahaan transportasi umum yang memberikan jasa transportasi terhadap konsumen, maka utuk bisa melaksanakan aktivitas usahanya perusahaan tersebut membutuhkan alat transportasi seperti bus, pesawat atau kapal lauh dan juga alat transportasi tersebut adalah produk yang memiliki wujud.

Karakteristik Jasa

Karakteristik dari jasa antara lain sebagai berikut:

  • Tidak mempunyai wujud, yang artinya bersifat abstrak dan tidak dapat dilihat
  • Produk yang dihasilkan tidak berstandar atau bervariasi (heterogenitas)
  • Tidak bisa dipisahakan “produk dihasilkan dan dikonsumsi secara bersama-sama”
  • Tidak bisa disimpan karena tidak mempunyai wujud

Ciri-Ciri Perusahaan Jasa

Dengan melihat penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa perusahaan jasa adalah perusahaan yang mempunyai aktivitas memproduksi dan menyediakan beragam jenis pelayanan seperti keamanan, kemudahan dan lain sebagainya kepada konsumen yang memerlukannya, maka perusahan jasa mempunyai ciri-ciri adalah sebagai berikut:

  • Penghasilannya berasal dari penjualan jasa
  • Dalam proses memproduksi jasa bisa atau tidak membutuhkan bantuan dari produk fisik
  • Jasa yang ditawarkan tidak sama, jadi setiap konsumen bisa mendapatkan jenis pelayanan yang berbeda dengan konsumen lainnya
  • Tidak mempunyai persediaan produk dalam wujud fisik karena produk yang dijual adalah produk yang tidak memiliki wujud. “Jasa” Jadi produk yang dihasilkan tidak bisa dilihat akan tetapi dapat dirasakan manfaatnya.
  • Seringkali tingkatan harganya mempunyai sifat yang tidak mutlak sebab murah atau mahalnya harga yang ditentukan oleh perusahaan bergantng dari tingkat kebutuhan konsumen
  • Jasa yang didapatkan tidak dapat disimpan, jadi sekali dibeli maka pemakaiannya akan langsung habis.

Ruang Lingkup Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa yang merupakan perusahaan yang hanya menyediakan dan menjual produk jasa saja untuk konsumen. Perusahaan ini tidak mempunyai persediaan bahan baku dan juga tidak memproduksi barang. Dan juga jasa yang dihasilkan perusahaan itu hanya dapat dinikmat oleh konsumen pada saat jasa itu diberikan kepada konsumen.

Jadi ruang lingkup perusahaan jasa dimulai saat menyiapkan jasa hingaa pada saat menjualnya. Seperti contohnya adalah jasa dokter, ruang lingkupnya dimulai dari saat dokter memeriksa pasien dan memberikan resep obat kepada pasien.

Ruang lingkup dari perusahaan jasa tidak terlalu besar karena hanya seputar mempersiapkan jasa yang akan diberikan kepada pelanggan hingga pada saat produsen jasa menjual produk jasanya kepada konsumen tersebut.

Seperti misalnya juga pada perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi. Ruang lingkupnya hanyalah ketika konsumen membeli tiket atau menggunakan jasa transportasi untuk mencapai tempat tujuan dan membayar sejumlah uang dari jasa yang diberikan oleh perusahaan transportasi tersebut. Seperti naik bus, kereta, pesawat terbang, ojek dan lain sebagainya. Besarnya biaya yang dikeluarkan tidak tetap dan dapat lebih rendah atau lebih tinggi bergantung dari jaraknya.

Adapun ruang lingkup perusahaan jasa adalah sebagai berikut:

  1. Komunikasi: Perusahaan telepon, stasiun tv, radio
  2. Profesi: akuntan, klik bersalin
  3. Hiburan: bioskop, taman hiburan, kebun binatang
  4. Tempat tinggal: hotel, asrama, guest house
  5. Keahlian perorangan: salon kecantikan, penjahit, studio foto, pangkas rambut.

Pengertian Perusahaan Jasa, Karakteristik, Ciri-Ciri, Ruang Lingkup, Contoh

Contoh Perusahaan Jasa Di Indonesia

Adapun beberapa perusahaan jasa di Indonesia yang ada saat ini antara lain sebagai berikut:

  • Bergerak Dalam Bidang Transportasi, infrastruktur dan utilitas seperti: Indosat Tbk, Garuda Indonesi Tbk, Telekomunikasi Indonesi Tbk, Jasa Marga Tbk, dan lain sebagainya.
  • Bergerak di bidang keuangan misalnya Bank Indonesia, Bank Central Asia Tbk, Bank Mandiri Tbk, Bank Danamon Indonesia Tbk, Bank Rakyat Indonesia Tbk, dan lain sebagainya.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Perusahaan Jasa, Karakteristik, Ciri, Ruang Lingkup dan Contohnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi