√ Pengertian Vendor, Tugas, Fungsi, Beserta Jenisnya

Pengertian Vendor, Tugas, Fungsi, Beserta Jenisnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Vendor. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian vendor, tugas, fungsi, tanggung jawab beserta jenisnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pengertian vendor berikut ini.

Pengertian Vendor, Tugas, Fungsi, Beserta Jenisnya

Pengertian vendor yaitu pihak atau lembaga atau perorangan yang menjual/ menyediakan bahan baku, jasa, bahan penolong atau produk yang di olah atau untuk dijual kembali oleh perusahaan lain agar bisa menunjang perusahan tersebut.

Ada juga pengertian vendor lainnya yakni perusahaan atau perorangan yang menjual suatu produk baik jasa atau barang kepada pihak lain guna menunjang kinerja perusahaan lain atau bahan baku agar bisa menghasilkan produk yang akan di jual pada konsumen akhir.

Vendor tidak hanya menjual bahan baku dapat pula berupa produk setengah jadi atau komponen penting untuk membuat produk jadi. Disamping itu menjual barang tersebut vendor bisa menjual keahlian/ jasa tertentu yang dimiliki perusahan lain.

Fungsi Vendor

Bila melihat dari pengertian diatas fungsi daripada vendor yaitu sebagai pihak yang memastikan tersedianya jasa atau barang yang dibutuhkan pada sebuah perusahaan untuk aktifitas atau kegiatan operasionalnya.

Dalam hal ini bahwa sebuah perusahaan membutuhkan vendor pada saat bahan baku atau pekerjaan tertentu tidak bisa disediakan sendiri yang membutuhkan pada pihak lain untuk menyediakannya. Adapun produk yang dibeli dari vendor dapat beripa seperti bahan penolong, bahan baku, jasa atau barang setengah jadi agar bisa melakukan pekerjaan tertentu.

Baca Juga:  √ Ilmu Ekonomi : Pengertian beserta Pembagiannya (Lengkap)

Vendor mempunyai peranan penting demi kelancaran operasional pada suatu bisnis, sebab itu kenapa tiap perusahaan selalu memperhatikan dan mengawasi kualitas kerja vendor yang menjadi rekannya.

Pada tiap permasalahan yang terjadi pada venr akan berdampak pada perusahaan rekannya, seperti contoh pada masalah distribusi yang akan berdampak pada ketepatan waktu pengiriman, berdampak pada kualitas produk yang dihasilkan, kualitas bahan dan lain sebagainya.

Tugas dan Tanggung Jawab Vendor

Pada umumnya tugas vendor yaitu memastikan bahwa kebutuhan jasa atau barang pada suatu perusahaan bisa tersedia dengan baik. Seperti yang sudah dijelaskan diatas tugas vendor diantaranya yaitu:

  • Memberikan pelayanan terbaik dengan harga yang bersaing kepada konsumennya
  • Memastikan pengiriman barang juga jasa sesuai dengan tenggat waktu yang sudah ditentukan.
  • Memastikan tiap-tiap produk (barang atau jasa) yang dijual kepada konsumennya ialah produk yang berkualitas
  • Memenuhi tiap-tiap permintaan dari perusahaan yang menjadi rekanannya sesuai dengan kesepakatan.

Pengertian Vendor Tugas Fungsi Beserta Jenisnya

Jenis Vendor

Terdapat beberapa jenis vendor yang dibedakan berdasarkan jenis produk baik jasa atau barang. Vendor secara khusus dapat menjual produk berbentuk barang setengah jadi, bahan baku dan bahan pendukung serta ada pula vendor yang khusu menjual produk berbentuk jasa.

  1. Vendor Penyedia Barang

Vendor penyedia barang ialah sebuah lembaga atau perorangan yang menjual produk berupa barang kepada sebuah perusahaan guna mendukung operasional perusahaan tersebut.

Contohnya seperti Sebuah pabrik elektronik membutuhkan mesin-mesin yang bisa menghasilkan handphone. Maka pabrik elektronik tersebut akan mencari vendor yang menjual mesin penghasil handphone.

  1. Vendor Penyedia Jasa

Vendor penyedia jasa ialah sebuah lembaga atau perorangan yang menjual jasa didalam bentuk keahlian tertentu kepada perusahaan lain.

Contohnya seperti Perusahaan benang membutuhkan jasa ekspedisi untuk dapat mengirimkan elektronik hasil produksinya ke perusahaan ritel. Maka perusahaan elektronik tersebut akan bekerjasama dengan vendor yang memiliki spesialisasi didalam pengiriman barang.

Baca Juga:  √ Pengertian Sumber Daya Ekonomi, Klasifikasi Jenis & Perannya

Demikian penjelasan tentang Pengertian Vendor, Tugas, Fungsi, Beserta Jenisnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.